Membuat review kritis (Critical Review) jurnal

Critical review biasanya terdiri dari 1-4 halaman yang terstruktur (UNSW, 2022). Membuat Critical review berarti kamu meringkas dan mengevaluasi teks seperti buku, bab, atau artikel jurnal (Wheeler, 2018).

Critical review berarti kamu mempertanyakan teks, menyajikan penilaian dan evaluasi secara wajar. Critical review memiliki kriteria evaluasi berbeda sesuai disiplin ilmu dan mereka biasanya memiliki struktur serupa. 

Berikut ini contoh format critical review yang dapat kamu gunakan:

  1. Bibliographic data (MLA, APA, Chicago, Harvard, Vancouver) 
  2. Author maneuvers: Why is this research subject or topic so important? What people have done for the problem or issue?  What are you going to do? (aim or objectives) 
  3. Summary of results and findings 
  4. Keywords 
  5. Own maneuvers: Why is this research subject or topic so important? What people have done for the problem or issue? What are you going to do? (aim or objectives)
Urutan membuat critical review jurnal

Urutan membuat critical review jurnal

1. Bibliographic data

Data bibliografis (daftar pustaka) artikel yang diriview. Kamu bisa copy dari Google Scholar, lalu pilih style referensi seperti APA, Harvard, Vancouver, dll. 

Contoh: 

Kamau, C. (2011). Strategising impression management in corporations: cultural knowledge as capital. In Global Business: Concepts, Methodologies, Tools and Applications (pp. 1707-1731). IGI Global.

2. Author maneuvers

Why is this research subject or topic so important? 

Mengapa subjek/topik penelitian ini begitu penting? Jelaskan urgensi mengapa penelitian ini dilakukan, ide, kekurangan riset terdahulu.

What people have done for the problem or issue? 

Apa yang telah dilakukan peneliti untuk masalah atau isu tersebut? Apa solusi yang diberikan untuk memecahkan permasalah riset peneliti tulis di dalam artikel. 

What are you going to do? (aim or objectives) 

Apa yang akan kamu lakukan? (tujuan atau sasaran). Pelajaran apa yang dapat kamu ambil dari teks tersebut, baik untuk masyarakat, organisasi, dan keilmuan.

3. Summary of results and findings

Ringkasan hasil dan temuan riset. Sampaikan poin-poin penting mengenai hasil riset. 

4. Keywords

Berikan kata kunci sesuai jurnal, atau buku yang terdiri dari 3-5 kata kunci. 

Contoh:

Impression Management, Cultural Knowledge, Audit Knowledge

5. Own maneuvers 

Why is this research subject or topic so important? 

Berikan penjelasan mengenai pentingnya riset dari sisi kita sebagai pembuat critical review. 

What people have done for the problem or issue?

Tulis bentuk permasalah yang ada di instansi tempat kamu bekerja /mengabdimu, dan solusi yang kamu dapat berhubungan dengan teks yang kamu review.

What are you going to do? (aim or objectives)

Tujuan setelah kamu mengetahui permasalahan dan solusi, lalu kamu terapkan di tempat kerjamu. 

Sumber asli: 

Mediapustaka (2022). "Panduan Menulis Critical Review: Jurnal, Book Chapter, dan Buku" dalam https://www.mediapustaka.id/2022/04/panduan-menulis-critical-review-jurnal-book-chapter-dan-buku.html diakses pada 11 Agustus 2022 pukul 15.40 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Membuat review kritis (Critical Review) jurnal"