+4 Profesor Ilmu Perpustakaan

Sesuai Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Guru Besar atau Profesor adalah jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi.

Terdapat banyak sekali profesor sesuai bidang ilmu/keahlian masing-masing, termasuk di bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Berikut profesor Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia! 

+4 Profesor Ilmu Perpustakaan

1. Prof. Dr. Sulistyo Basuki, M.A., M.SLS., Ph.D.

Prof Sulis lahir di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, 11 September 1941. Ia menjadi putra Indonesia pertama yang meraih gelar doktor dalam bidang Information and Library Science dan juga gelar profesor bidang Ilmu Perpustakaan (sejak tahun 1995). Gelar doktor diraihnya akhir Juni 1984 di Case Western Reserve University Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Ia mempertahankan disertasi yang berjudul: A Citation Analysis of Agricultural and Medical Journal Published in Less Developed Countries, With Special Reference to the Regions of Africa Sub-Sahara, Latin America, and Southeast Asia.

Selengkapnya: https://digilib.undip.ac.id/2012/06/19/sulistyo-basuki/

Prof. Dr. Sulistyo Basuki, M.A., M.SLS., Ph.D.
Prof. Dr. Sulistyo Basuki, M.A., M.SLS., Ph.D.

2. Prof. Dr. Jonner Hasugian, M.Si

Prof Jonner Hasugian merupakan guru besar bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Ia adalah salah satu Dosen di Jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Sumatera Utara. Ia dikukuhkan dan memperoleh gelar Profesornya di Universitas Sumatera Utara pada 10 Februari 2022. Ia meyampaikan orasi ilmiah dengan judul, “Dampak Kebijakan Pemerintah Terhadap Produktivitas Publikasi Ilmiah Indonesia di Dunia Internasional : Analisis Bibliometrik Deskriptif Memanfaatkan Basis Data Schimago Journal dan Country Rank”.

Selengkapnya: https://www.gosumut.com/berita/baca/2022/02/10/rektor-kukuhkan-4-guru-besar-usu

Prof. Dr. Jonner Hasugian, M.Si
Prof. Dr. Jonner Hasugian, M.Si

3. Prof. Dr. Nurdin, S.Ag., S.S., M.A

Prof. Nurdin yang berkelahiran di Tellang, 1 Juni 1971 ini resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Perpustakaan ketiga di Indonesia, setelah Prof. Sulistyo-Basuki, Ph.D., dan Prof. Dr. Jonner Hasugian, M.Si dari Universitas Sumatera Utara. Pada pidato pengukuhannya, Prof. Nurdin menyapaikan refleksi ilmiah yang berjudul: Kontekstualitas Perpustakaan dalam Peradaban. Ia dikukuhkan pada kamis, 28 Juli 2022.

Selengkapnya: https://ip.uin-suka.ac.id/id/berita/detail/5649/page-faq.html

Prof. Dr. Nurdin, S.Ag., S.S., M.A
Prof. Dr. Nurdin, S.Ag., S.S., M.A

4. Prof. Dr. Rahma Sugihartati, Dra., M.Si.

Prof. Dr. Rahma Sugihartati, Dra., M.Si. merupakan guru besar di bidang Ilmu Sains Informasi dan mengajar di departemen Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNAIR. Ia dikukuhkan sebagai guru besar pada Rabu, 10 Agustus 2022. Ia hasil penelitiannya yang berjudul “Paradoks Perkembangan Masyarakat Informasi: Antara Literasi dan Kesenjangan Digital”.

Selengkapnya: https://dip.fisip.unair.ac.id/prof-dr-rahma-sugihartati-dra-m-si-dikukuhkan-sebagai-guru-besar-universitas-airlangga/

Prof. Dr. Rahma Sugihartati, Dra., M.Si
Prof. Dr. Rahma Sugihartati, Dra., M.Si.

5. Prof. Dr. Hj. Ninis Agustini D., M.Lib. 

Prof. Dr. Hj. Ninis Agustini D., M.Lib. merupakan guru besar di bidang ilmu komunikasi. Ia adalah dosen prodi perpustakaan dan sains informasi, fakultas ilmu komunikasi, Universitas Padjajaran. Ia membacakan orasi ilmiahnya yang berjudul “Literasi Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal". Ia dikukuhkan pada Rabu, 8 Maret 2023. 

Selengkapya: https://www.unpad.ac.id/2023/03/orasi-ilmiah-guru-besar-fikom-unpad-sampaikan-peran-komunikasi-dan-literasi/.

Prof. Dr. Hj. Ninis Agustini D., M.Lib.
Prof. Dr. Hj. Ninis Agustini D., M.Lib.

Itulah tadi beberapa guru besar bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang ada di beberapa universitas di Indonesia. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "+4 Profesor Ilmu Perpustakaan"