Persyaratan Daftar CPNS Dosen 2023

Apa kamu sedang mencari persyaratan untuk melamar formasi dosen cpns 2023? Jika ya artikel ini akan memberikan gambaran mengenai persyaratan formasi cpns dosen khususnya untuk jalur umum. 

Persyaratan CPNS Dosen di artikel ini akan dijelaskan sesuai persyaratan formasi di lingkungan Kemdikbub. Selain itu, akan disertakan pula dokumen format surat pernyataan, surat lamaran dan dokumen pendukung sebagai referensi. 

Persyaratan Daftar CPNS Dosen 2023

Persyaratan Daftar CPNS Dosen 2023

Persyaratan Umum 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) 
  2. Kriteria usia untuk Pelamar lulusan S-2/Spesialis: min.18 tahun dan max 35 tahun ; b)  Pelamar lulusan S-3/Subspesialis: min. 18 tahun dan max. 40 tahun. 
  3. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar. 
  4. Tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya. 
  5. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih. 
  6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. 
  7. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. 
  8. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis. 
  9. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan. 
  10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Persyaratan Khusus 

Berikut persyaratan khusus bagi pelamar kebutuhan umum. 

  1. Memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi
  2. Untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi. 
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00

Dokumen CPNS Dosen

Berikut list dokumen yang kamu perlukan untuk mendaftar cpns dosen dan digunakan sebagai file upload di web sscasn. Pelamar wajib mengunggah hasil scan dokumen persyaratan asli meliputi:

  • Pas foto terbaru menggunakan pakaian formal dengan latar belakang warna merah; 
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Surat lamaran (Format surat lamaran dapat diunduh pada laman https://casn.kemdikbud.go.id)
  • ijazah dan dokumen persyaratan lain terkait kualifikasi pendidikan
  • transkrip nilai
  • Surat pernyataan data diri pelamar (Format surat pernyataan data diri pelamar dapat diunduh pada laman https://casn.kemdikbud.go.id) 

Pelamar mengakhiri proses pendaftaran dan mencetak Kartu Pendaftaran untuk digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran (pelamar sudah tidak dapat mengubah data kembali).

Unduh dokumen

Formasi CPNS Dosen di Lingkungan Kemdikbud 2023

Surat pernyataan data diri CPNS 2023.docx

Format surat lamaran CPNS 2023

Demikianlah informasi mengenai persyaratan formasi dosen 2023, silakan bagikan jika bermanfaat. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Persyaratan Daftar CPNS Dosen 2023"