Pengalaman Student Employment Perpustakaan Universitas Brawijaya

clip_image004

Berbagi Pengalaman – Sebagai mahasiswa tentu harus aktif dan siap dalam menghadapi perkembangan dan tantangan teknologi informasi, pandai memanfaatkan waktu yang ada untuk bekarya, pengabdian masyarakat dan bekerja. Sedikit mahasiswa yang memanfaatkan waktu luangnya untuk bekerja dan mencari pengalaman. Disini penulis akan membagikan pengalaman dan manfaat kerja Student employment di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya:

Student Employment/magang kerja merupakan suatu program Perpustakaan Universitas Brawijaya memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa terutama di bidang perpustakaan, program ini juga memberikan honorarium dengan sistem kontrak. Program ini ditunjukkan kepada mahasiswa universitas brawijaya terutama mahasiswa ilmu perpustakaan universitas brawijaya. Penempatan student employment (SE) di perpustakaan Universitas brawijaya yaitu di bagian layanan teknis-pengolahan bahan pustaka(biasanya pada awal tahun) dan shelving.

Secara teknis berdasarkan surat tugas dari Perpustakaan UB, untuk SE seminggu adalah memenuhi 20 (dua puluh) jam per minggu, untuk hari kerja berdasarkan bagian layanan teknis atau jam 08.00 – 16.00. Penulis magang pada 1 Februari 2016 – 31 Maret 2016, lalu diperpanjang 1 bulan 1 – 30 April 2016.

clip_image006

Penulis biasanya magang pas tidak ada perkuliahan di jam tertentu, dan tidak menetap seperti jam 08.00 – 12.00, terkadang jam 12.00-16.00 (memenuhi jumlah jam magang). Selama penulis, magang di bagian layanan teknis perpustakaan UB banyak pengalaman dan manfaat yang didapat penulis terutama dalam pengolahan bahan pustaka seperti inventarisasi, pemberian nomor klasifikasi, katalogisasi elektronik, pemasangan label dan barcode, pemasangan RFID, proses input RFID, dan proses penyampulan bahan pustaka. Selain itu honorarium ini juga cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam perkuliahan.

Untuk mengembangkan keilmuan tentu banyak hal yang dilakukan , salah satunya adalah bekerja. Bekerja sesuai dengan keilmuan yang kita pelajari akan sangat mengembirakan, kita akan dapat mengimplementasikan materi yang didapatkan selama perkuliahan di dalam bekerja atau magang. Keahlian dan kemampuan yang kita miliki menentukan gaji atau upah yang akan kita peroleh. Jika anda menginginkan gaji yang tinggi ketika bekerja maka anda harus memiliki kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan gaji tersebut.

Cooming Soon,

Berbagi Pengalaman-Pengalaman Penulis Volunteer di Fadel Muhammad Resource Center(Ruang Baca Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)  periode10 Agustus 2016 – 31 Januari 2017.

Tentang Penulis: Gani Nur Pramudyo merupakan Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB 2014.Penulis aktif menjadi student employee PJ layanan pengguna di Fadel Muhammad Resource Center FIA UB

Share this

Related Posts