Pengalaman Pengabdian Masyarakat di Perpustakaan Yayasan Al-UMM

Pengalaman Pengabdian Masyarakat di Perpustakaan Yayasan Al-UMM

Berikut ini saya bagikan pengalaman saya pengabdian masyarakat dengan mengikuti dan berkontribusi dalam Pelatihan Dasar Pengelolaan Perpustakaan: Pustakawan dan Staf TU Divisi Pendidikan Yayasan Al-UMM. Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 29 - 31 Maret 2019.

Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan manajamen koleksi, pengelolaan arsip hingga sistem otomasi perpustakaan di MI, MTS dan MA di Al-UMM. Pelatihan berlangsung selama 3 hari diikuti oleh semua staf tu dan petugas perpustakaan yang ada di Al-UMM. Pelatihan ini dipimpin oleh bapak Farli sebagai narasumber utama, didampingi oleh pak hendra serta 3 mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB yaitu saya, Afib dan Erlangga. 

Pelatihan diharapkan dapat membantu dan memberikan dampak bagi perpustakaan, selain itu diharapkan adanya pelatihan ini menjadikan sinergi yang terus berkelanjutan bagi kedua belah pihak. \

Adapun materi yang diberikan salah satunya yaitu pengenalan sistem otomasi perpustakaan (Slims). Pengenalan mulai dari penjelasan user interface slims, tahapan instalasi, katalogisasi buku dan klasifikasi. 

Saya dalam kesempatan ini juga memberikan contoh katalog online (OPAC) yang dijadikan rujukan atau contoh seperti katalog FMRC berisi koleksi umum dan Katalog UIN Maliki yang sebagian berisi koleksi khusus berbahasa arab. 

Pelatihan Dasar Pengelolaan Perpustakaan di Yayasan Al-UMM
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Pengabdian Masyarakat di Perpustakaan Yayasan Al-UMM"