Pengalaman Volunteer di Fadel Muhammad Resource Center (Ruangbaca FIA UB)

Salah satu cara untuk mengembangkan dan menerapkan keilmuan yang diperoleh selama perkuliahan adalah dengan mengaplikasikan dan mempraktikan ilmu yang diperoleh dilapangan. Untuk menerapkan dan mempraktikan ilmu yang diperoleh adalah salah satunya dengan ikut menjadi Volunteer/relawan di instansi atau lembaga yang berkaitan dengan keilmuan. Disini penulis akan membagikan pengalaman selama menjadi volunteer di Fadel Muhammad Resource Center pada tanggal 10 Agustus 2016 – 31 Januari2017.

clip_image002 clip_image004                Gambar 1 : FMRC FIA UB

Fadel Muhammad Resource Center atau lebih dikenal Ruangbaca FIA UB berfungsi sebagai perpustakaan dan pusat sumber belajar bagi civitas akademika FIA UB. FMRC FIA UB menyediakan berbagai jenis koleksi tercetak dan elektronik terkait dan disesuaikan dengan kebutuhan seluruh program studi di bawah naungan FIA UB seperti buku teks, buku ajar, buku referensi, jurnal ilmiah, majalah ilmiah dan populer, laporan magang/KKN, tesis, disertasi, surat kabar dan jenis koleksi ilmiah lainnya. Layanan yang disediakan seperti referensi, penelusuran informasi, keanggotaan, usulan koleksi, bimbingan pengguna dan fotokopi. Sementara untuk jam layanan yaitu senin – jumat pukul 08.00 WIB- 16.00 WIB Sabtu pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB dan Minggu pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB.FMRC FIA UB dikelola oleh Ketua: Drs. Stefanus Pani Rengu, M. AP, Sekretaris:Muhammad Rosyihan Hendrawan, SIP., M.Hum, dan satu Staf yaitu : Emy Sulistiorini.

Selama penulis menjadi volunteer di FMRC banyak hal yang penulis peroleh baik dalam mengaplikasikan keilmuan yang didapatkan dan pengembangan softskill di bidang perpustakan. Beberapa hal yang penulis dapatkan selama menjadi volunteer FMRC yaitu :

1. Kemas ulang informasi

Mengemas sebuah informasi agar informasi tersebut mudah diterima dan lebih cepat dipahami oleh pemustaka merupakan salah satu tujuan dari kegiatan kemas ulang informasi. Salah satu contohnya adalah infografis. Salah satu satu keahlian penulis adalah membuat desain infografis, di awal sebelum penulis masuk menjadi volunteer, penulis membuat desain infografis berupa X-banner tentang pertunjuk akses dan penelusuran OPAC, pertunjuk akses dan penelusuran emerald, pertunjuk akses dan penelusuran science direct, pertunjuk akses dan penelusuran proquest dan masih banyak lagi infografis yang penulis buat. Di tengah-tengah, rekan penulis sesama volunteer di kegiatan kemas ulang informasi yaitu Afib Rifan Nasruddin (desain), Aldi Rahman Untoro (resensi), Bashor Sujatmiko(resensi). Sampai saat ini beberapa produk kemas ulang informasi yang penulis buat total ada sekitar 36 infografis dan 2 video selama menjadi volunteer FMRC.

clip_image006clip_image008                             Gambar 2 : infografis

2. Klasifikasi dan Katalogisasi

Kegiatan klasifikasi dan katalogisasi merupakan kegiatan yang tidak lepas dari perpustakaan. Sebagai pustakawan, sudah barang tentu harus dapat untuk mendeskripsikan sumber/klasifikasi dan katalogisasi. Di awal, penulis lebih sering melakukan kegiatan klasifikasi dan katalogisasi thesis dan disertasi. Tak seperti klasifikasi buku teks, untuk klasifikasi thesis dan disertasi ini perlu memperhatikan ketelitian dengan memperhatikan subject, judul dan isi thesis dan disertasi. Kala itu dengan bimbingan langsung dari Pak Hendra, dan juga Mahasiswa Magang tentunya. Beberapa rekan penulis sesama volunteer di bagian ini yaitu Hardian Yoga (volunteer senior), Volunteer batch I (Baiq Azizah Nurwivandari, Lisa Nadya Irawan, Bella Citra Dewi, dan Arumi Setyarini, Junita Devi), Volunteer Batch 2( Dellavia Azzahra, Dwi Eliana, Indriyani , Farizal Alwan) dan Mahasiswa Magang (Tanfidzan Rbbika Murti, Joza Perdana Putra).

clip_image010clip_image012                 Gambar 3 : kegiatan klasifikasi dan katalogisasi

3. Kehumasan

Untuk kehumasan, penulis banyak melakukan dokumentasi dan publikasi kegiatan yang ada FMRC seperti dokumentasi pengunjung, dokumentasi kegiatan layanan FMRC, publikasi media sosial seperti facebook dan instagram, publikasi video youtube dan publikasi website. puluhan dokumentasi berupa foto banyak penulis dokumentasikan dan publikasikan di media sosial FMRC. Tidak hanya dokumentasi dan publikasi, penulis sempat menjadi pengarah atau guide bersama rekan penulis sesama volunteer yaitu Dona Puspita Biantari dan Arumi Setyarini ketika ada kunjungan dari STISIP BALI dan Universitas Mulawarman.

clip_image014clip_image016                  Gambar 4 : kegiatan kehumasan

4. Layanan referensi

Untuk kegiatan layanan referensi ini penulis terlibat layanan penelusuran jurnal yang diminta oleh pemustaka, penulis pernah mencarikan jurnal untuk kebutuhan pemustaka kebetulan dosen yaitu Pak Muluk dan Pak Mawardi (Dosen FIA UB). Penelusuran jurnal penulis lakukan di ditabase yang dilanggan Perpustakaan Universitas Brawijaya seperti proquest, science direct, emerald, dll secara individu dan bersama rekan penulis sesama volunteer yaitu Dona Puspita Biantari, Zendy Titis Dwi Andini dan Ulfy Najmina Ulwana.

clip_image018clip_image020                 Gambar 5 : layanan referensi

5. Otomasi Perpustakaan

Otomasi perpustakaan, di awal FMRC FIA UB ini menggunakan perangkat lunak otomasi perpustakaan SLIMS 7 Cendana kemudian upgrade ke SLIMS 8 Akasia. Dalam kegiatan tersebut, penulis belajar bagaimana untuk maintanance, mengembangkan dan memperkuat sistem keamanan slims tersebut sedikit demi sedikit, langsung dari senior penulis di FMRC sesama volunteer yaitu Erlangga Setya Budi. Saat ini di FMRC, sedang melaksanakan pengembangan Institusional Repository.

clip_image022clip_image024                                   Gambar 6 : OPAC FMRC FIA UB

Tidak hanya itu, penulis juga berkesempatan untuk mengembangkan keilmuan penulis seperti asisten praktikum, penelitian dan pengabdian masyarakat. Selama menjadi volunteer FMRC FIA UB , banyak hal yang diperoleh penulis terutama untuk pengembangan softskill perpustakaan. Hal yang berkesan bagi penulis adalah ketika penulis ikut terlibat Akreditasi AUNQA-FMRC sebagai salah satu tempat yang dikunjungi oleh Assesor untuk dinilai, lalu bagaimana penulis untuk bisa membagi waktu antara kuliah dan volunteer, ketika saat Ujian Tengah Semester, Libur di hari tenang dan Liburan Setelah Ujian Akhir Semester ganjil.

clip_image026clip_image028                  Gambar 7 : Tim Magang FMRC FIA UB angkatan 1

Beberapa karya kemas ulang informasi infografis dan dokumentasi penulis selama menjadi volunteer di FMRC (10 Agustus 2016 – 31 Januari 2017) dapat dilihat di : facebook , Instagram, dan Website  FMRC.

COOMING SOON!! PENGALAMAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Tentang Penulis: Gani Nur Pramudyo merupakan Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB 2014.Penulis aktif menjadi student employee PJ layanan pengguna di Fadel Muhammad Resource Center FIA UB

Share this

Related Posts