Pengalaman Student Employment Perpustakaan Universitas Brawijaya

Student employ Perpustakaan UB

Sebagai mahasiswa tentu harus aktif dan siap dalam menghadapi perkembangan dan tantangan teknologi informasi, pandai memanfaatkan waktu yang ada untuk bekarya, pengabdian masyarakat dan bekerja. Sedikit mahasiswa yang memanfaatkan waktu luangnya untuk bekerja dan mencari pengalaman. 

Disini saya akan membagikan pengalaman dan manfaat kerja Student Employment (SE) di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya (Perpustakaan UB).

Apa itu Student Employment?

Student Employment (magang kerja/SE) merupakan suatu program Perpustakaan UB memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa terutama di bidang perpustakaan. Program ini juga memberikan honorarium dengan sistem kontrak. 

Program ditunjukkan kepada mahasiswa UB terutama mahasiswa ilmu perpustakaan UB. Penempatan SE di Perpustakaan UB yaitu di bagian layanan teknis-pengolahan.

Secara teknis berdasarkan surat tugas dari Perpustakaan UB, untuk SE seminggu adalah memenuhi 20 (dua puluh) jam per minggu, untuk hari kerja berdasarkan bagian layanan teknis atau jam 08.00 – 16.00. 

Saya SE pada 1 Februari 2016 – 31 Maret 2016, lalu diperpanjang 1 bulan 1 – 30 April 2016.

Saya biasanya SE pas tidak ada perkuliahan dan di jam tertentu, dan tidak menetap. Contohnya jam 08.00 – 12.00, terkadang jam 12.00-16.00 (memenuhi jumlah jam SE). 

Suasana di Ruang teknis Perpustakaan UB
Suasana di Ruang teknis Perpustakaan UB

SE Layanan Teknis

Selama saya SE di bagian layanan teknis Perpustakaan UB banyak pengalaman dan manfaat yang saya dapatkan. Terutama dalam pengolahan bahan pustaka seperti inventarisasi, pemberian nomor klasifikasi, katalogisasi elektronik, pemasangan label dan barcode, pemasangan RFID, proses input RFID, dan proses penyampulan buku. 

Selain itu, honorarium ini juga cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam perkuliahan.

kegiatan labeling buku perpustakaan
Kegiatan Labeling Koleksi

Untuk mengembangkan keilmuan tentu banyak hal yang dilakukan, salah satunya adalah bekerja. Bekerja sesuai dengan keilmuan yang kita pelajari akan sangat mengembirakan, kita akan dapat mengimplementasikan materi yang didapatkan selama perkuliahan di dalam bekerja atau magang. 

Keahlian dan kemampuan yang kita miliki menentukan gaji atau upah yang akan kita peroleh. Jika anda menginginkan gaji yang tinggi ketika bekerja maka anda harus memiliki kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan gaji tersebut.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Student Employment Perpustakaan Universitas Brawijaya"