Akses dan Penelusuran Sumber Informasi pada E-Journal EBSCO Universitas Brawijaya

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Di lingkungan Sivitas akademika Universitas Brawijaya, Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya telah melanggan berbagai database ebook dan ejournal. Database ebook seperti Wiley, springer, igpublishing dan ebrary, sementara untuk database jurnal seperti Osiris, emerald, science direct, proquest, jstor, scopus, IEEE, infotrac, ASME, CNKI dan Ebscohost. Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya juga telah menyediakan tatacara akses dan penelusuran database science direct, proquest, IEEE, infotrac, ASCE dan ASME. Namun, untuk database jurnal Ebscohost belum disediakan tatacara akses dan penelusuran secara khusus untuk pemustaka.

Di dalam makalah ini dijelaskan tata cara akses dan penelusuran E-Journal EBSCO yang dilanggan Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Tatacara akses dan penelusuran tersebut meliputi penggunaan katakunci(query), penggunaan operator boolean, penelusuran tingkat lanjut dan mengunduh jurnal untuk E-Journal EBSCO. Selain itu, juga diberikan petunjuk untuk tatacara unduh jurnal tersebut.

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan Latar Belakang yang telah diuraikan di atas maka dapat disimpulkan yang menjadi rumusan masalah pada makalah ini adalah dan bagaimana teknik penelusuran sa

1.2.1. Sumber informasi apa saja yang tersedia di database ebscohost yang dilanggan Perpustakaan Universitas Brawijaya ?

1.2.2. Bagaimana tatacara akses dan penelusuran informasi database jurnal ebsco ?

1.3. Tujuan

Tujuan makalah ini adalah untuk mengetahui Sumber informasi apa saja yang tersedia di database ebscohost yang dilanggan Perpustakaan Universitas Brawijaya dan untuk mengetahui cara akses dan penelusuran sumber informasi database ebscohost yang dilanggan Perpustakaan Universitas Brawijaya.

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Database Ebscohost

Surachman, Arif (2006) EBSCOhost merupakan sebuah sistem referensi dan informasi ilmiah yang dapat diakses secara online melalui internet. Ebsco ini menyediakan akses ke berbagai database yang menyediakan informasi ilmiah dalam bentuk fulltext maupun sekedar informasi bibliografis dalam berbagai bidang ilmu. Saat ini Ebsco cukup banyak digunakan (dilanggan) oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya

Di lingkungan sivitas akademika Universitas Brawijaya, database Ebscohost dapat diakses di ruang multimedia Perpustakaan Universitas Brawijaya dan di dalam jaringan Wifi Universitas Brawijaya. Untuk akses melalui jaringan Wifi Universitas Brawijaya, pemustaka dapat cukup mengetikan search.ebscohost.com secara otomatis pemustaka dapat mengakses dan menelusur sumber informasi yang dibutuhkan.

2.2 Tata Cara Akses dan Penelusuran Ebsco

1. Ketikkan url search.ebscohost.com pada web browser

clip_image003

Gambar 1. Url search.ebscohost.com

2. Ada tiga pilihan layanan yang disediakan ebsco, untuk mencari jurnal penelitian klik “EBSCOhost Research Databases”

clip_image006

Gambar 2. Layanan Ebscohost

3. Pilih database yang tersedia, kemudian klik “Continue”

clip_image008

Gambar 3. Database yang Tersedia Di Ebscohost

4. Masukkan kata kunci sesuai e-journal yang dibutuhkan

clip_image010

Gambar 4. Laman pencarian Di Ebscohost

5. Ada beberapa item yang perlu diperhatikan dalam menelusur menggunakan EBSCO:

a. Kolom isian kiri dan sisi kanan

b. Centang “Full Text”

c. Pilih tanggal atau periode

d. Tipe Publikasi yang dapat dipilih antara lain:

1. Academic Journal

2. Book

3. Periodical

4. Review

5. Trade Publication

e. Centang “Download Available”

6. Masukkan kata kunci pada kolom pencarian, gunakan metode pencarian Bolean Operator jika diperlukan. Bolean operator adalah metode pencarian untuk digunakan mencari journal secara spesifik dengan menggunakan perintah OR, AND dan NOT.

a. AND

Logika AND digunakan ketika mencari artikel yang mempunyai korelasi. Minsalnya kita menjadikan Library AND Digital sebagai kata kunci, itu berarti program diperintahkan untuk mencari informasi yang terdapat kata kunci library dan digital dalam satu dokumen. Sehingga jika hanya terdapat kata library atau digital saja maka dokumen tersebut dianggap tidak relevan dengan kriteria pencarian.

b. OR

Logika OR digunakan untuk mencari halaman yang setidaknya mengandung salah satu kata kunci yang dicari. Contoh, menjadikan kata kunci Library OR Digital. Maka jika salah satu kata kunci ditemukan maka dokumen tersebut akan ditampilkan.

c. NOT

Operator NOT digunakan untuk membatasi pencarian kata yang disebut setelah NOT. Misalnya Library NOT Digital maka dokumen yang mengandung kata digital tidak ditampilkan dalam hasil pencarian.

7. Klik icon “PDF full text “untuk melihat dokumen

clip_image013

Gambar 5. Laman hasil penelusuran di Ebscohost

8. Klik icon “Unduh” untuk mengunduh dokumen

clip_image016

Gambar 6. Pratampil dokumen di Ebscohost

9. Setting Alert Setup

Kegunaan Alert adalah untuk mendapatkan artikel baru via email serta dapat mengirim artikel baru ke teman kita. Artikel akan dikirimkan ke email kita secara otomatis tanpa membuka EBSCO terlebih dahulu.

1. Klik “Create Alert” untuk membuat alert

clip_image019

Gambar 7. Fitur alert yang tersedia di Ebscohost

2. Masukkan email anda, atur juga frekuensi email, jangka waktu artikel terakhir dipublikasi dan format dokumen.

clip_image024

Gambar 8. Form fitur alert di Ebscohost

3. Kemudian klik Save Alert.

 

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dari pembahasan Akses dan Penelusuran Sumber Informasi pada E-Journal EBSCO Universitas Brawijaya ini dapat disimpulkkan hal-hal berikut :

1. Database Ebscohost memuat sumber informasi berupa jurnal dari berbagai disiplin ilmu yang dapat diakses secara daring melalui media internet. Database Ebscohost ini telah dilanggan Perpustakaan Universitas Brawijaya untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. Untuk penggunaannya, yaitu dilingkungan sivitas akademika Universitas brawijaya yang dapat diakses di Perpustakaan Universitas Brawijaya dan secara daring melalui Wifi Universitas Brawijaya.

2. Dalam melakukan penelusuran sumber informasi jurnal Ebscohost, perlu memerhatikan katakunci dan penggunaan operator boolean untuk mempersempit dan memperluas hasil penelusuran. Penggunaan kata kunci yang sesuai akan memudahkan pemustaka dalam menemukan kebutuhan sumber informasi yang dibutuhkan.

3.2 Saran

Dari pembahasan Akses dan Penelusuran Sumber Informasi pada E-Journal EBSCO Universitas Brawijaya ini dapat disarankan hal-hal berikut :

1. Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya perlu membuat petunjuk untuk Akses dan Penelusuran Sumber Informasi pada E-Journal EBSCO dalam bentuk ebook/video tutorial.

2. Pemustaka perlu memerhatikan katakunci yang digunakan dalam penelusuran sumber informasi dan penggunaan operator boolean untuk mempersempit dan memperluas penelusuran sumber informasi.


DAFTAR PUSTAKA

Perpustakaan Fakultas Geografi UGMLIB.2012. “Modul Kursus Singkat Metode Penelusuran Informasi Ilmiah Jurnal EBSCO” http://lib.geo.ugm.ac.id/main2/wp-content/uploads/2013/03/Panduan-akses-e-jurnal-ebsco.pdf diakses pada 31 Maret 2017 pukul 19.00 WIB

Purwono.2008. “Strategi Penelusuran Informasi Melalui Internet” dalam http://eprints.rclis.org/12193/1/Strategi_Penelusuran_melalui_Internet.pdf diakses pada 1 April 2017 pukul 18.30 WIB

Surachman, Arif. 2006 . “Penelusuran Jurnal Elektronik menggunakan EBSCOhost Research Databases” dalam http://arifs.staff.ugm.ac.id/mypaper/SimpleEBSCO.doc diakses pada 1 April 2017 pukul 18.00 WIB

Suryadi. 2012. “Mengenal Penelusuran Informasi Online Melalui Search Engine dan Perpustakaan” dalam http://pusbangkol.perpusnas.go.id/files/Mengenal%20Penelusuran %20(Suryadi)%20PDF.pdf diakses pada 1 April 2017 pukul 18.45 WIB

 

Sumber dan Jasa Informasi

Akses dan Penelusuran Sumber Informasi pada E-Journal EBSCO Universitas Brawijaya

Makalah

Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah: Sumber dan Jasa Informasi

Dosen Pengampu: Agung Suprapto,S.Sos., M.Si.

Oleh

Kelompok 5

1. Gani Nur Pramudyo 145030700111006

2. Afib Rif`An Nashruddin 145030700111020

3. Holidatul Mawarisa 145030701111009

clip_image002[3]

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

JURUSAN ADMINISTRASI PUBLIK

PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN

APRIL 2017

 

KATA PENGATAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Akses dan Penelusuran Sumber Informasi pada E-Journal EBSCO Universitas Brawijaya ini dengan baik.

Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada yang terhormat :

1. Bapak Agung Suprapto,S.Sos.,MA. Dosen Pengampu Matakuliah Sumber dan Jasa Informasi

2. Kedua Orang Tua Kami, yang memberikan dukungan baik secara moril maupun materil demi keberlangsungan kegiatan observasi ini.

3. Serta teman-teman seperjuangan di Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Adminisrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2014.

Demi kesempurnaan makalah ini, saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan. Semoga karya makalah ini bermanfaat dan dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi pihak yang membutuhkan.

 

Malang, 01 April 2017

Penyusun

KELOMPOK 5

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...... i

DAFTAR ISI....................................................................................................................... ii

DAFTAR GAMBAR............................................................................................................. iii

BAB I PENDAHULUAN....................................................................................................... 1

1.1 Latar Belakang.............................................................................................................. 1

1.2 Rumusan Masalah ....................................................................................................... 2

1.3 Tujuan .......................................................................................................................... 2

BAB II .............................................................................................................................. 2

2.1. Database Ebscohost ...................................................................................................... 2

2.2. Tata Cara Akses dan Penelusuran Ebsco..................................................................... 2

BAB III  PENUTUP............................................................................................................ 6

3.1.Kesimpulan................................................................................................................... 6

3.2.Saran............................................................................................................................ 6

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................ 7

Tentang Penulis: Gani Nur Pramudyo merupakan Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB 2014.Penulis aktif menjadi student employee PJ layanan pengguna di Fadel Muhammad Resource Center FIA UB

Share this

Related Posts