Akses dan Penelusuran Sumber Informasi pada E-Journal Directory of Open Access Journal (DOAJ)

Akses dan Penelusuran Sumber Informasi pada E-Journal Directory of Open Access Journal (DOAJ)

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Perkembangan Open Access Journal (OAJ) saat ini cukup pesat, hal ini didorong oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan penting dalam menyebarluaskan informasi. Open Access Journal (OAJ) didefinisikan sebagai jurnal dengan teks penuh (full texts) yang tersedia dan dapat diakses gratis di web/internet. Dengan OAJ maka terdapat ketersediaan jurnal ilmiah secara bebas di internet sehingga pembaca dapat dengan bebas membaca jurnal yang tersedia, mengunduh bahkan mencetak jurnal tersebut. Lukman,dkk. (2012)

Beberapa contoh open access journal seperti DOAJ, Elsevier OAJ, E-Resources Perpusnas RI, IEEE Open Access,OMICS Group Open Access, Open Access Science Direct dan Oxford Open Acces dapat diakses secara terbuka atau gratis. Namun, beberapa permasalahan muncul seperti petunjuk akses dan penelusuran open access jurnal terutama DOAJ yang belum tersedia secara lengkap yang berisi tentang gambaran umum,disiplin ilmu yang terkandung didalamnya, fitur-fitur serta petunjuk akses dan Penelusuran secara komperehensif. Petunjuk akses dan penelusuran DOAJ digunakan sebagai acuan dalam melakukan akses dan penulusuran sekaligus untuk mempermudah proses temu kembali informasi dalam jurnal tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti memilih judul “Petunjuk akses dan penelusuran informasi pada Ejournal DOAJ (Directory of Open Access Journals)”.

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan Latar Belakang yang telah diuraikan sebelumnya, peneliti merumuskan permasalahan, yaitu Sumber informasi apa saja yang tersedia di DOAJ dan fitur-fitur apa saja yang tersedia di DOAJ serta bagaimana tatacara akses dan penelusuran informasi Ejournal DOAJ ?

1.3. Tujuan

Tujuan makalah ini adalah untuk memberikan arahan jelas tentang sumber informasi apa saja yang tersedia di DOAJ, Fitur fitur DOAJ serta cara akses dan penelusuran sumber informasi DOAJ.

BAB II PEMBAHASAN

2.1 GAMBARAN UMUM DOAJ

DOAJ merupakan Direktori Jurnal Akses Terbuka diluncurkan pada tahun 2003 di Universitas Lund, Swedia, dengan 300 jurnal akses terbuka dan hari ini berisi ca. 9000 jurnal akses terbuka yang mencakup semua bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial dan humaniora, DOAJ (2017). Jurnal akses terbuka yang berarti semua konten tersedia secara gratis tanpa biaya kepada pengguna atau institusi mereka. Pengguna diizinkan untuk membaca, mendownload, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel, atau menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya, tanpa meminta izin dari penerbit atau penulis sebelumnya.Olijhoek, Tom (2016).

DOAJ adalah daftar jurnal akses terbuka yang dikhususkan untuk komunitas dan bertujuan menjadi titik awal untuk semua pencarian informasi yang berkualitas, peer review open access material dan untuk membantu perpustakaan dan pengindeksan agar tetap up-to-date. DOAJ ditunjukkan untuk seluruh pengguna tanpa terkecuali seperti Ilmuwan/ilmuwan yang tidak berafiliasi dengan institusi, Siswa di sekolah tinggi, dokter, pekerja kesehatan / praktisi, kelompok pasien, dan masih banyak lagi.

A. Keunggulan dan kelemahan DOAJ

Keunggulan :

1. Open Access Journal (Jurnal akses terbuka / gratis)

2. Multidiscipline Science (mencakup semua bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial dan humaniora)

3. Many Languange (terdapat banyak bahasa)

4. easy-to-use user interface (tampilan yang mudah digunakan)

5. sharing of metadata to facilitate other searches of content (mudah dalam berbagi metadata dalam pencarian)

Kelemahan :

1. Inability to export metadata (tidak mendukung ekspor metadata)

2. No OR (boolean Operator), nor is there an ability to use AND to combine subjects and key words (tidak mendukung penggunaan OR dalam pencarian serta tidak dapat menggabungkan subjek dan katakunci dalam pencarian).

3. Tidak Mendukung : Wildcard searches, Regular expression searches, Fuzzy Searches, Proximity Searches

B. Tampilan DOAJ

Berikut tampilan DOAJ mulai dari header, menu, sidebar dan footer

Header DOAJ berisi : Logo DOAJ (Directory of Open Access Journals)

image
Gambar 1. Tampilan Awal

Menu DOAJ Berisi :

  1. Home : Menu Utama DOAJ berisi berita terbaru DOAJ dan dukungan
  2. Search : Menu pencarian berfungsi untuk melakukan penelusuran
  3. Browse Subject : berisi pencarian menggunakan subject
  4. Apply : berisi form aplikasi jurnal
  5. News : Berisi halaman berita terbaru
  6. About : berisi laman mengenai sejarah, visi, misi dan tujuan DOAJ
  7. For Publisher : berisi halaman informasi tentang penerbit
  8. API : berisi halaman penjelasan mengenai dokumentasi DOAJ API
  9. Login : berisi halaman login DOAJ
image
Gambar 2. Tampilan Menu

Sidebar DOAJ : berisi mengenai jumlah jurnal, link FAQs, member serta media sosial
imageimageimage
image
Gambar 3. Tampilan sidebar DOAJ

Footer DOAJ : berisi hakcipta dan link kontak DOAJ

image
Gambar 4. Tampilan footer

2.2 Tata Cara Akses dan Penelusuran DOAJ

A. Akses DOAJ

DOAJ merupakan Jurnal Akses Terbuka yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, pengguna cukup mengunjungi situs https://doaj.org/ untuk mendapatkan jurnal gratis yang dibutuhkan.

image
Gambar 5. Beranda

B. Penelusuran DOAJ

Terdapat dua pilihan pencarian ketika melakukan penelusuran jurnal di DOAJ yaitu basic search dan advanced search.

1. Basic Search

Penulusuran menggunakan query atau kata kunci secara langsung dalam kotak penulusuran DOAJ. Berikut langkah pencarian Basic Search DOAJ :

1) Masukkan kata kunci yang diinginkan pada kotak pencarian yang disediakan, lalu klik search. Misalnya “ Digital Asset Management”

image
Gambar 6. Kotak pencarian 

2) Bila ingin menggunakan pembatasan atau perluasan pencarian, klik centang pada pilihan journal dan article.

3) Berikut tampilan hasil pencarian journal/article dengan kata kunci “Digital Asset Management”. Terdapat 32 hasil temuan berupa article

image
Gambar 7. Hasil temuan pencarian 

4) Pilih jurnal atau artikel yang dibutuhkan, klik Judul Artikel atau jurnal yang diinginkan untuk melihat detail jurnal tersebut berupa abstrak dan metadata jurnal.

image
Gambar 8. Deskripsi Bibliografi Konten 

5) Klik Full Text untuk mengunduh, link akan mengarah langsung pada database jurnal yang terindeks di DOAJ. Klik Pdf dan simpan jurnal

image
Gambar 9. Baris konten 
image
Gambar 10. Download Jurnal 

6) Hasil Unduhan
image
Gambar 11. Hasil Unduhan
2. Advanced Search

Melalui Advanced Search, pengguna dapat melakukan pencarian dengan pembatasan beberapa field seperti :

a. Subyek
b. Seal DOAJ
c. Lisensi jurnal
d. Penerbit
e. Negara penerbit
f. Bahasa teks lengkap
Berikut langkah penelusuran Advanced Search DOAJ :

1) Masukkan kata kunci yang diinginkan pada kotak pencarian yang disediakan, pilih field untuk membatasi pencarian seperti : search by keyword, subject:social science,lalu tekan enter. Misalnya “civil society organizations”

image
Gambar 12. Tampilan advanced search 

2) Berikut tampilan hasil pencarian journal dan article dengan kata kunci “civil society organizations”. Terdapat 12 hasil temuan berupa article

image
Gambar 13. Hasil Penelusuran 

3) Pilih jurnal atau artikel yang dibutuhkan, klik Full Text untuk mengunduh

image
Gambar 14. Tampilan baris Konten 

4) Ketika mengunduh fulltext, link akan mengarah langsung pada database jurnal yang terindeks di DOAJ. Klik unduh dan simpan pdf

image
Gambar 15. Hasil unduhan jurnal 

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dari pembahasan Akses dan Penelusuran Sumber Informasi pada E-Journal DOAJ ini dapat disimpulkkan hal-hal berikut :

1. Database DOAJ memuat sumber informasi berupa jurnal dari berbagai disiplin ilmu (semua bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial dan humaniora) yang dapat diakses secara gratis (fulltext).

2. Dalam melakukan penelusuran sumber informasi jurnal DOAJ, perlu memerhatikan katakunci, pembatasan field dan penggunaan operator boolean untuk mempersempit dan memperluas hasil penelusuran.

3.2 Saran

Dari pembahasan Akses dan Penelusuran Sumber Informasi pada E-Journal DOAJ ini dapat disarankan hal-hal berikut :

1. Pemustaka perlu lebih seksama dalam menggunakan boolean operator dalam mempersempit dan memperluas hasil pencarian di DOAJ

2. Lembaga informasi sebaiknya memberikan pengarahan tentang pentingnya DOAJ kepada pengguna

DAFTAR PUSTAKA

DOAJ.2017. “About DOAJ“ Dalam https://doaj.org/about diakses pada 15 Juni 2017 pukul 18.30 WIB

Lukman,dkk. 2002. “Perkembangan Open Access Jurnal Ilmiah Indonesia” Dalam https://www.researchgate.net/profile/Slamet_Riyanto2/publication/263008807_Perkembangan_Open_Access_Jurnal_Ilmiah_Indonesia/links/0f31753987542468df000000/Perkembangan-Open-Access-Jurnal-Ilmiah-Indonesia.pdf diakses pada 15 Juni 2017 pukul 19.30 WIB

Morrison, H., 2017. directory of Open access Journals (DOAJ). The Charleston Advisor, 9(3), pp.25-28.

Olijhoek, Tom dan Smith, Ina.2016. “Introduction to the Directory of Open Access Journals (DOAJ)” dalam https://www.slideshare.net/doaj/introduction-to-the-directory-of-open-access-journals-64995963 diakses pada 15 Juni 2017 pukul 19.00 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.