Tips lolos Seleksi Bakat Skolastik Beasiswa LPDP 2023

Beasiswa LPDP - Pembukaan pendaftaraan Beasiswa LPDP selalu dibuka tiap tahun. Beasiswa LPDP menjadi salah satu beasiswa paling diminati dan bergengsi di Indonesia dan Asia Tenggara. Seluruh biaya pendidikan dan hidup semua ditanggung LPDP. Mulai dari SPP, uang hidup, buku, penelitian dan seminar dan asuransi.

Tahapan seleksi Beasiswa LPDP 2023 mulai dari seleksi administrasi, Seleksi Bakat Skolastik,  hingga Seleksi Wawancara harus dilewati oleh calon awardee LPDP. 

Tahun ini LPDP kembali membuka pendaftaran gelombang 1 (satu): 25 Januari - 25 Februari 2023. Mempersiapkan apabila nanti telah lolos seleksi administrasi, maka pembaca akan menghadapi seleksi subtansi akademik. 

Apabila ada waktu lebih, gunakan untuk mempelajari materi dan soal-soal TPA, LPDP selalu meningkatkan ambang batas nilai hasil TPA, dari tahun ke tahun.
Seleksi Substansi Akademik Beasiswa LPDP

Kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips dan pengalaman saya ketika menghadapi seleksi berbasis komputer beasiswa LPDP. 

Pahami skema materi 

Seleksi Bakat Skolastik adalah seperangkat alat tes guna mengukur kemampuan kognitif dan intelegensi sekaligus memahami minat dan bakat peserta

Adapun kriteria kelulusan dinilai berdasarkan hasil Seleksi Bakat Skolastik. Setelah Lolos kamu akan mengikuti Wawancara.

Pembaca perlu belajar materi dan berlatih soal-soal 1. Penalaran Verbal 2. Penalaran Numerik 3. Pemecahan Masalah. Soal ini serupa dengan soal-soal yang ada di TPA 

Latihan soal dengan TPA Oto Bappenas 

Modul terlengkap TPA oto bappenas karya Aristo Chandra, bisa menjadi pilihan skamu untuk menghadapi Seleksi Beasiswa LPDP. 

Buku ini memiliki materi yang cukup lengkap dan contoh soal-soal yang diperlukan untuk mempersiakan seleksi tersebut. Tersedia juga ebook dari buku ini. 

Modul TPA Oto Bappenas untuk lolos seleksi beasiswa LPDP

Latihan Soal-soal USM STAN

Soal-soal TPA Stan bisa kamu pelajari, hal ini berdasarkan pengalaman rekan saya sesama Awardee LPDP yang lolos seleksi. Soal-soal TPA LPDP mirip dengan model soal TPA Stan, sehingga kamu bisa latihan soal ini. Cari dengan kata kunci "Latihan soal-soal USM STAN" atau "Latihan soal-soal USM STAN filetype:pdf"

Terdapat tiga nomor soal yang muncul di TPA LPDP yang berasal dari TPA STAN.

Tips lolos subtansi akademik

Jangan patah arang, perjalanan kamu untuk meraih Beasiswa LPDP 2023 masih panjang. 

Jangan lupa untuk terus berusa, berdoa dan menangkap peluang yang ada. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Tips lolos Seleksi Bakat Skolastik Beasiswa LPDP 2023"