Beasiswa LPDP #10: Tips lolos seleksi akademik dan kebangsaan

Seleksi Substansi Akademik Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP 2021 - Pembukaan pendaftaraan Beasiswa LPDP selalu dibuka tiap tahun. Beasiswa LPDP menjadi salah satu beasiswa paling diminati dan bergengsi di Indonesia dan Asia Tenggara. Seluruh biaya pendidikan dan hidup semua ditanggung LPDP. Mulai dari SPP, uang hidup, buku, penelitian dan seminar dan asuransi. 

Tahapan seleksi Beasiswa LPDP 2021 mulai dari seleksi administrasi, Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan Beasiswa,  hingga Seleksi Wawancara harus dilewati oleh calon awardee LPDP. 

Tahun ini LPDP kembali membuka pendaftaran gelombang 2 (dua): 1 Agustus 2021 - 8 September 2021. Mempersiapkan apabila nanti telah lolos seleksi administrasi, maka pembaca akan menghadapi seleksi subtansi akademik. 

Apabila ada waktu lebih, gunakan untuk mempelajari materi dan soal-soal TPA, LPDP selalu meningkatkan ambang batas nilai hasil TPA, dari tahun ke tahun.

Kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips dan pengalaman saya ketika menghadapi seleksi berbasis komputer beasiswa LPDP. 

Pahami skema materi 

Seleksi Berbasis Komputer (Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan Beasiswa) terdiri dari 2 materi yaitu Tes Potensi Akademik atau Tes Intelejensi Umum dan Soft Comptency atau Tes Karakter Kepribadian. 

Adapun kriteria kelulusan dinilai berdasarkan hasil Tes Potensi Akademik. Setelah Lolos kamu akan mengikuti Wawancara.

Pembaca perlu belajar materi dan berlatih soal-soal TPA. Materi dan Soal TPA bisa kamu cari dengan kata kunci "TPA oto Bappenas filetype:pdf"atau membeli buku TPA secara langsung. 

Latihan soal dengan TPA Oto Bappenas 

Modul terlengkap TPA oto bappenas karya Aristo Chandra, bisa menjadi pilihan skamu untuk menghadapi Seleksi Beasiswa LPDP. 

Buku ini memiliki materi yang cukup lengkap dan contoh soal-soal yang diperlukan untuk mempersiakan seleksi tersebut. Tersedia juga ebook dari buku ini. 

Modul TPA Oto Bappenas untuk lolos seleksi beasiswa LPDP

Latihan Soal-soal USM STAN

Soal-soal TPA Stan bisa kamu pelajari, hal ini berdasarkan pengalaman rekan saya sesama Awardee LPDP yang lolos seleksi. Soal-soal TPA LPDP mirip dengan model soal TPA Stan, sehingga kamu bisa latihan soal ini. Cari dengan kata kunci "Latihan soal-soal USM STAN" atau "Latihan soal-soal USM STAN filetype:pdf"

Terdapat tiga nomor soal yang muncul di TPA LPDP yang berasal dari TPA STAN.

Tips lolos subtansi akademik

Jangan patah arang, perjalanan kamu untuk meraih Beasiswa LPDP 2021 masih panjang. 

Jangan lupa untuk terus berusa, berdoa dan menangkap peluang yang ada. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.