Jurusan S2 Ilmu Perpustakaan di Perguruan Tinggi Indonesia - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Kamis, 27 Desember 2018

Jurusan S2 Ilmu Perpustakaan di Perguruan Tinggi Indonesia

Menjadi mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi (Library and Information Science) bukan perkara gampang dan sulit, melainkan menjadi sebuah identitas dan tantangan tersendiri bagi calon mahasiswa yang akan menempuh studi ini. Identitas berarti kita akan belajar bagaimana studi ini diharapkan mampu melahirkan Konsultan Informasi/ Pengetahuan, Analisis Informasi/ Pengetahuan, Information spesialist, Spesialis Pustakawan (sekolah, publik, akademik,Khusus); Spesialis Arsiparis (pemerintah, organisasi,bisnis), Spesialis Rekod (sektor publik dan privat). Tantangan, berarti kita akan mengadapi sebuah dilema ketika pertama masuk studi ini, anggapan besar "penjaga perpus/buku" masih melekat pada sebutan masyarakat. Kesadaran dan kesengajaan masih meremehkan studi ini nantinya akan sering dilontarkan, namun berbesar hatilah ketika anda benar-benar masuk studi ini, identitas anda akan terlihat ketika memasuki dunia kerja, peran anda akan sangat dihargai dan dibutuhkan, seperti yang disampaikan di atas.
Igan di Kampus UI, via dokumentasi pribadi
Bagi anda yang menginginkan untuk memperdalam studi ini, anda dapat memilih beberapa program studi magister yang dapat ditawarkan Universitas berikut berdasarkan hasil pengumpulan data yang dilakukan penulis sebagai berikut :

1. Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Indonesia

Studi magister ilmu perpustakaan dan informasi di UI berada pada naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Studi ini memiliki ciri khas tersendiri, selain itu terdapat peminatan tersendiri antara peminatan perpustakaan dan peminatan arsip. Beberapa mata kuliah yang ditempuh seperti Masyarakat Informasi, Program Automasi Lembaga Informasi, Manajemen dan Preservasi Pengetahuan, Filsafat Ilmu Pengetahuan, Layanan Sumber Daya Informasi, Metode Penelitian Informasi, Teori Kebudayaan, organisasi informasi, manajemen arsip*, seminar tesis, manajemen sumber daya informasi, manajemen dan budaya perpustakaan, audit dan kebijakan informasi dan tesis. Minat kearsipan pada dilaksanakan semester 3 seperti Manajemen dan Preservasi Arsip Elektronik*, Manajemen Retensi Arsip*, Pengorganisasian dan Pengawasan Dokumen.
Pendaftaran Mahasiwa Baru : http://penerimaan.ui.ac.id/
Awal perkuliahan : dimulai bulan September

2. Magister Kajian Media dan Budaya Universitas Gadjah Mada

Minat Manajemen Informasi dan Perpustakaan berada dibawah Program Studi Kajian Budaya dan Media sebagai induknya.  Adapun beberapa matakuliah yang diajarkan sebagai berikut : Pengantar Cultural Studies, Teori-teori Media , Metodologi Ilmu-Ilmu Sosial, Teori-teori Kritis, Semiotika Media, Informetrika, Isu-isu Kontemporer Informasi, Information Behaviour  2, Scholarly Communication, Human Information Interaction, Pemberdayaan Masyarakat Informasi ,Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, Manajemen Jejaring Komunikasi Informasi, Pengembangan dan Pemeliharaan Database, Hubungan Masyarakat dan Promosi Perpustakaan, Perpustakaan Digital ,Manajemen dan Desain Perpustakaan, Manajemen Rekaman dan Arsip, Seminar Proposal, Thesis
Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) UGM : http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?d=depan
Awal perkuliahan : dimulai pada bulan Agustus/September

3. Magister Interdisciplinary Islamic Studies (IIS) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI) berada pada Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies UIN SUKA. Adapun beberapa mata kuliah yang diterima yaitu : MATA KULIAH LINTAS DISIPLIN :Studi al-Quran dan Hadis: Teori dan Metodologi, Pendekatan dalam Pengkajian Islam, Filsafat Ilmu, Agama dan Teori-teori Sosial. MATA KULIAH KONSENTRASI: Manajemen Arsip dan Dokumen, Desain Sistem Informasi Perpustakaan, Keterampilan Sosial dalam Layanan Informasi, Kajian Struktur dan Temu Kembali Informasi, Manajemen Organisasi dan Koleksi Perpustakaan, Perpustakaan dan Informasi dalam Masyarakat Global, Praktikum, Metodologi Penelitian.MATA KULIAH PILIHAN :Kajian Internet dan Masyarakat Virtual, Perpustakaan Digital dan Portal Informasi, Perpustakaan dan Masyarakat, Kepemimpinan dalam Profesi Informasi, Topik Khusus Agama dan Masyarakat.KOMPONEN TUGAS AKHIR :Seminar Proposal Tesis, Artikel Jurnal, Tesis.
Pendaftaran Mahasiswa Baru : https://admisi.uin-suka.ac.id/ 
Awal perkuliahan : -
lulusan Prodi IIS telah dapat menyandang gelar M.A

Namun, dari beberapa magister tersebut, hanya program studi Magister Ilmu Perpustakaan UI dan MTIP IPB yang direkomendasikan oleh Pengelola Beasiswa LPDP 2018. Perlu diketahui juga untuk memastikan masing-masing program studi masih membuka PMB bisa langsung dicek pada official site masing-masing universitas (FYI).

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done