Cara membuat daftar isi otomatis di word

Apakah kamu merasa kesulitan untuk mengedit layout dan daftar isi skripsi/ tesis/disertasi / laporan. Jika Ya maka tutorial membuat daftar isi otomatis ini dapat kamu praktikan. Tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman saya dengan membuat template daftar isi otomatis. Template ini lebih mudah digunakan karena kita tidak perlu lagi mengatur heading dan formating konten otomatis. Hanya dengan copy paste konten ke template, maka tampilan layout skripsi tesis mu akan rapi dalam hitungan menit. 

Adapun cara membuat daftar isi di microsoft word dijelaskan sebagai berikut:

  1. Mengunduh template layout daftar isi otomatis
  2. Copy paste konten ke template layout
  3. Save dan publish

Mempermudah penjabaran artikel, perhatikan infografis cara membuat daftar isi otomatis berikut:

Infografis cara cepat membuat daftar isi otomatis di word:

1. Unduh template layout.docx

Template daftar isi otomatis angka/numeric 1.1, 1.2.1 untuk skripsi-tesis29 November 2021
Template daftar isi otomatis hurud A. 1. a. 1) untuk skripsi-tesis29 November 2021
Template daftar isi otomatis hurud A. 1. a. 1) untuk laporan (Font: Arial 12)29 November 2021

Template layout .docx sudah dilengkapi dengan heading, daftar isi, tabel, gambar otomatis yang sudah diatur dan siap pakai. Template disajikan beberapa pilihan untuk kebutuhan skripsi, tesis, dan laporan. 

Adapun fitur template layout sebagai berikut: 

Pilihan heading otomatis

Heading telah dicocokan dan disesuaikan sesuai kebutuhan skripsi dan tesis dengan sistem penomoran angka atau numeric untuk tiap Heading 2-5, sebagai berikut:

DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Kontribusi Penelitian
1.5 Sistematika Penulisan

Setiap heading di atas, tidak perlu diatur kamu cukup copy paste naskahmu ke dalam template layout. Selain itu, penomoran halaman juga sudah di atur yaitu page break, nomor halaman awal bab terletak ditengan dan setelahnya terletak kanan atas dengan jarak footer dan header 1,5 cm. 

template layout daftar isi otomatis versi angka dan huruf

Formating konten otomatis

Tiap heading 2 sudah diatur menjadi 1.1, 2.1, 3.1, 4.1, 5.1 dst. Heading 3 diatur free rules bisa digunakan untuk 1.1.1dst. Tiap konten dari heading 2-5 sudah diatur paragrafnya sehingga tidak perlu geset atau tab karena sudah format konten untuk paragraf utama dengan firsline (1,2cm/6-7 ketukan). Paragraf di bawahnya otomatis untuk heading 1, 2, 3, 4 dst. Terdapat performatan caption tabel, sumber dan kutipan dengan format 1 spasi.

pilihan format konten dan paragraf

Caption tabel, gambar dan lampiran

Insert caption Tabel 1.1 - 4.1 otomatis, Gambar 1.1 - 4.1 otomatis, Lampiran 1-dst otomatis yang sudah diatur. Tersedia insert daftar tabel, gambar dan lampiran secara otomatis di heading yang sesuai. Caranya klik tab menu reference, pilih insert caption (1), cari tabel/gambar/lampiran sesuai urutan (2), klik OK (3). 

insert caption tabel otomatis

Klik Insert table of figure (4) pada halaman heading daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran. Maka akan secara otomatis create daftar isi otomatis untuk setiap caption. 

Contoh daftar pustaka (APA style 6th edition)

Tersedia format dan contoh daftar pustaka manual mulai dari buku, bab buku, jurnal, prosiding, skripsi, website, undang-undang menggunakan APA style. Kamu juga bisa pakai platform Mendeley untuk mengatur daftar pustaka secara otomatis.

Format template .docx / .doc 

Template layout skripsi-tesis (.docx) ini dapat digunakan untuk membuat daftar isi otomatis di word 2010 / 2007 /2016 / 2013 / 365 / 2019. Template layout dapat pula digunakan di Google dokumen (Google docs), dapat digunakan juga membuat daftar isi otomatis di word macbook, dengan langkah dan cara sama sesuai word.

Update berkala dan dukungan perbaikan 

Template layout akan diperbarui secara berkala melalui tautan yang sudah disediakan. Deskripsi pembaruan akan diberikan di akhir laman template daftar isi otomatis. Berikut beberapa perbaikan yang sudah disediakan:

Change log: 29 November 2021 - Penambahan format konten untuk kutipan wawancara secara otomatis (1 spasi), 7 ketukan. 

Bonus page number landscape (copy-paste)

Page number landscape disediakan secara otomatis terpisah di luar word. Apabila ada dokumen landscape dan membutuhkan nomor halaman potrait kamu tinggal copy paste template landscape  ini. 

2. Edit daftar isi sesuai template layout

Setelah download template daftar isi otomatis word skripsi tesis, maka kamu dapat copy paste secara otomatis. 

Cara copy paste 

Siapkan naskah kamu, lalu masukan dengan cara copy dan paste sesuai Bab yang sudah disiapkan di template layout. Berikut proses edit daftar isi otomatis dengan template layout

  1. Copas cover skripsi tesis
  2. Copas konten isi
  3. Format paragraf sesuai heading, format kutipan, dan tabel
  4. Setup caption tabel, gambar, lampiran, dan format gambar dan tabel (wrap text dengan inline with text sesuai contoh). 
  5. Update daftar isi, tabel, gambar, dan lampiran. 

Cara insert text

Buka tab menu insert, pilih object lalu klik text from file. Pilih dokumen skripsi/tesis mu lalu klik insert. Secara otomatis seluruh konten yang di word akan masuk ke dalam template layout (lihat gambar).

copas dengan text from file

3. Save dan publish PDF

Pastikan skripsi tesis mu sudah dalam keadaan rapi sesuai keinginan. Lalu simpan dan publish. Maka hasilnya daftar isi otomatis kamu akan cepat selesai kurang dari 30 menit. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Cara membuat daftar isi otomatis di word"