Apa manfaat fieldnotes (catatan lapangan) dalam riset kualitatif?

Fieldnotes adalah penulisan catatan lapangan (saat melakukan observasi / wawancara) secara detail dari penelitian kualitatif. Adapun manfaat fieldnotes yaitu memudahkan menulis catatan hasil observasi partisipatif,  menulis hasil wawancara secara cepat, dapat digunakan untuk analisis selama pengambilan data guna kepentingan pengambilan data selanjutnya ataupun analisis secara keseluruhan (Herdiyanto & Tobing, 2016). 

Fieldnotes berisi catatan tentang kegiatan, bagaimana orang berperilaku dan bereaksi, apa yang dikatakan dalam percakapan, dimana orang memposisikan diri dengan orang lain, kedatangan dan kepergian mereka, gestur fisik, respon subjektif untuk apa yang diobservasi, dan semua detail dan observasi penting untuk membuat laporan observasi informan secara menyeluruh (Mack, 2005). 

Catatan (belum diolah) berisi coretan seperlunya, dipersingkat, berisi kata kunci, frasa, pokok pembicaraan/pengamatan, gambar, sketsa, diagram, sosiogram, dll. Catatan lapangan (hasil olahan) diubah ke dalam bentuk lengkap oleh peneliti setiap kali selesai mengadakan pengamatan / wawancara (Moleong, 2019). 

Bentuk catatan lapangan

Bagian catatan lapangan terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berisi judul, waktu (tanggal dan jam), tempat, nama pengamat dan subjek yang diamati. Bagian kedua berisi deskriptif dan reflektif. 

Deskriptif berisi semua peristiwa dan pengalaman yang dirasakan dan dicatat selengkap dan seobjektif mungkin untuk subjek yang diteliti. Reflektif mengambarkan apa yang dirasakan oleh pengamat itu sendiri (Moleong, 2019). 

Contoh Fieldnotes

Berikut contoh format catatan lapangan (Moleong, 2019) yang dapat diadaptasi saat menjalankan penelitian kualitatif:

Catatan lapangan : .....................................
Pengamatan/Wawancara:............................
Waktu :........................................................
Disusun pukul:.............................................
Tempat :........................................................
Subjek penelitian :........................................
Bagian deskriptif:
........................................................
........................................................
Bagian reflektif
........................................................
........................................................

Catatan lapangan Fieldnotes di atas dapat diunduh dalam format .Docx (Klik disini)

Penutup

Fieldnotes adalah data/bukti empiris yang dapat digunakan sebagai sumber data primer penelitian. Fieldnoted dapat dimasukan di depositori seperti RIN LIPI, atau publisher jurnal, repositori lain saat menerbitkan karya. 

Beberapa penerbit atau lembaga tersebut telah menyediakan dan mewajibkan para peneliti untuk menyimpan data mentah riset (raw data) termasuk field noted. Apabila field note ini dibuka (terbatas) dapat dimanfaatkan oleh penelitian selanjutnya. 

Referensi:

  • Herdiyanto, Y.K. & Tobing, D.H. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bali: Universitas Udayana.
  • Mack, N. 2005. Qualitative research methods: A data collector’s field guide. USA: Family Health International.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Post a Comment for "Apa manfaat fieldnotes (catatan lapangan) dalam riset kualitatif?"