Lowongan Kerja Pustakawan (Updated Februari 2024)

Berikut ini saya bagikan informasi mengenai lowongan pekerjaan sebagai Pustakawan di berbagai jenis perpustakaan. Lowongan kerja perpustakaan tidak terbatas perguruan tinggi, namun juga perpustakaan sekolah, khusus, dsb. 

Informasi lowongan didapatkan dari berbagai sumber termasuk berasal dari grup wa kampus, organisasi profesi/keilmuan, jejaring Linkedin, dan grup facebook lowongan kerja pustakawan. Informasi yang dihimpun pada Februari 2024 dengan batas waktu pendaftaran sesuai tenggat waktu. 

Lowongan Kerja Pustakawan

Februari 24

Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Library Services Officer

Job Description

  • Manage electronic resources, including journals and e-books, to satisfy reference needs for study and or research
  • Teach guests how to navigate and utilize the online resources at the library
  • Coordinate the requirements for research references with the lecturers in the study program.
  • Select and provide data on fresh research findings and research subjects that are pertinent to each study program's field of study

Job Requirements

  • Minimum S1/ S2 Library
  • Work experience in a college library preferred
  • Have experience in research and publication of journal articles
  • Have the ability to search for information effectively and present it well
  • Have information literacy skills
  • Have ability to work both individually and in a team
  • Familiarity with websites and applications that support research, such as Scopus, Google Scholar, Publish or Perish, Vos Viewer, Research Rabbit, Reference Manager

Send your CV to: recruitment(3)umn.ac.id with Subject: Position that you apply

Unikom

Persyaratan :

  • Pria/ wanita
  • Sarjana llmu Perpustakaan (tersertifikasi sebagai nilai tambah)
  • Memahami pengolahan bahan pustaka
  • Memahami bidang humas perpustakaan
  • Mahir beberapa aplikasi perpustakaan
  • Mahir aplikasi desain
  • Berkomunikasi baik (menguasai Bahasa Inggris sebagai nilai tambah)
  • Berbadan sehat
  • Berkelakuan baik
  • Siap bekerja mandiri dan kerjasama
  • Maksimal usia 35 tahun

gina@email.unikom.ac.id

Dengan subjek : staff perpustakaan

Paling lambat Selasa, 20 Februari 2024 Pukul 10.00


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG

PUSTAKAWAN

Persyaratan

  • Fotocopy ijazah SI Bidang llmu Perpustakaan
  • Transkrip nilai 
  • Daftar riwayat hidup Sertifikat/piagam 
  • KTP

E-mail Pendaftaran birosdmh@um-sorong.ac.id

lnformasi Lebih Lanjut 081340989016

Deadline 20 Feb 2024

Perpustakaan Kantor Pusat Bank Indonesia

PENGUMUMAN LOKER

Perpustakaan Kantor Pusat Bank Indonesia memberi kesempatan untuk bergabung sebagai:

Pustakawan (Pegawai Non-Organik)

  • Lingkup Tugas dan Tanggung Jawab:
  • Membantu pelaksanaan pengembangan koleksi (cetak & e-book), meliputi usulan koleksi, pemilihan koleksi, pengadaan koleksi, penyiangan koleksi, sertaevaluasi pemanfaatan koleksi;
  • Membantu kegiatan inventarisasi, meliputi pencatatan bahan pustaka milik perpustakaan;
  • Membantu proses katalogisasi, klasifikasi, hingga shelving koleksi;
  • Membantu kegiatan inovasi dan promosi perpustakaan melatui berbagai media;
  • Melakukan kegiatan penelitian terkait dengan perpustakaan;
  • Membantu pelaksanaan koordinasi dengan Perpustakaan mitra (dalam dan luar negeri).

Kualifikasi:

  • Lulus S-l llmu Perpustakaan & Informasi;
  • Berpenampilan menarik, sikap yang baik, proaktif, akurat, cepat belajar, bermotivasi tinggi dan kerja samatim yang baik;
  • Memiliki NPWP dan tidak cacat hukum;
  • Diutamakan memiliki pengalaman kerja 1-2 tahun di Perpustakaan atau Layanan Informasi & Penelitian. Bagi fresh graduate juga diperkenankan mendaftar;
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia, baik tertulis maupun lisan. Kemampuan bahasa Inggris yang baik menjadi nilai tambah;
  • Kemampuan menggunakan Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint) yang unggul;
  • Diutamakan memiliki kemampuan di bidang digital;
  • Mampu memberikan layanan penelitian yang baik dan kemampuan dalam membuat penelitian dan tulisan/artikel.
  • Mampu menjalin koordinasi dan hubungan yang baik dengan lembaga eksternal.

Kirimkan lamaran lengkap Anda (surat lamaran, CV & sertifikat pendukung) paling lambat 13 Februari 2024 melalui form berikut: https://bit.ly/Pustakawan-PerpusBI

Hanya kandidat terpilih yang akan diinformasikan untuk menjalani proses selanjutnya

Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Pustakawan (Kode: F)

  • Laki - laki/Perempuan berusia maksimal 25 tahun.
  • Pendidikan minimal D3 Perpustakaan/Teknologi Informasi.
  • Mahir dalam bidang Teknologi Informasi (Tl).
  • Memahami Bahasa Pemrograman, Web Design, serta Desain Gratis.
  • Menguasai sistem, Scrib, dan Maintenance aplikasi SUMS
  • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik, serta komunikatif.
  • Disiplin, bertanggung jawab dan mampu bekerja full time secara individu maupun tim.

Segera daftarkan diri anda di link berikut: https://bit.ly/RekrutmenUTP-Januari2024 Kirimkan berkas lamaran berupa:

  • Pas poto terbaru ukuran 4x6 berwarna maks 500 Kb
  • Surat lamaran
  • E-KTP (Surat Keterangan Domisili)
  • Curriculum vitae
  • Ijazah dan transkip (scan asli)
  • lampiran pendukung (jika ada)

Semua berkas lamaran diupload ke link diatas dalam 1 file format .pdf dengan nama file KODE_NAMA PELAMAR maksimal 5 Mb paling lambat 14 Februari 2024

Januari 24

UNIVERSITAS KATOUK MUSI CHARITAS

PENERIMAAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Staff Administrasi 2 Staff Perpustakaan

SYARAT UMUM (1 & 2)

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Tidak pernah terlibat dalam gerakan yang menentang Pancasila, UUD 1945 atau kegiatan yang membahayakan keutuhan bangsa dan negara
  4. usia Maksimal SI = 35 Tahun. D3 =30 Tahun
  5. Bersedia dan sanggup menghormati ciri khas sebagai lembaga pendidikan katolik
  6. Pria atau wanita
  7. Berpendidikan Minimal D3, diutamakan berasal dari Perguruan Tinggi Bereputasi 
  8. IPK Minimal 3
  9. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari suatu instansi
  10. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan
  11. Berkelakuan baik dan jujur
  12. Sehat Jasmani dan rohani

SYARAT KHUSUS

  1. Program Studi/jurusan semua jurusan (l) (2)
  2. Prodi Perpustakaan lebih diutamakan (2)
  3. Diutamakan sudah memiliki pengalaman kerja (l) (2)

SYARAT ADMINISTRASI (i & 2)

  1. Surat lamaran ditujukan kepada Rektor UKMC paling lambat tanggal 15 Januari 2024
  2. Fotokopi KTP
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Fotokopi ijasah dan Transkrip Nilai yang sudah dilegalisir
  5. Pas poto 4x6 sebanyak 3 lembar
  6. Surat Pengalaman Kerja
  7. Keterangan lain otau sertifikat yang mendukung


Universitas Paramadina

LOWONGAN Staf Perpustakaan

KUALIFIKASI:

  1. Pendidikan minimal SI Ilmu Perpustakaan.
  2. Usia maksimal 28 tahun.
  3. Memiliki pengalaman kerja pada bidang terkait minimal 1 tahun.
  4. Memiliki pengetahuan tentang proses bisnis di perpustakaan perguruan tinggi.
  5. Memiliki kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik dengan pengguna perpustakaan.
  6. Memiliki pengetahuan tentang PHP dan MySQL untuk Sistem Informasi Perpustakaan.
  7. Memiliki pemahaman mengenai pengelolaan media sosial.
  8. Dapat bekerjasama secara tim.
  9. Memiliki kedisiplinan dan konsistensi.
  10. Bersedia bekerja secara shift di hari Sabtu dan malam hari.
  11. Bersedia bertugas di Kampus Gatot Subroto, Kampus Cipayung dan Kampus Cikarang

Kirimkan CV melalui link berikut: https://bit.ly/STAF_PERPUSTAKAAN

Perpustakaan Universitas Raharja

Rekrutmen Pustakawan, silakan dikirimkan ke Universitas Raharja, up Mukti Budiarto Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 40, Modern, Cikokol, Tangerang 15117.

 Isi berkas kiranya minimal memuat: 

  1. Surat Lamaran Kerja
  2. Data Diri (CV)
  3. Copy Izasah Sarjana dan/atau Magister Ilmu Perpustakaan
  4. Copy Transkrip Nilai
  5. Copy KTP
  6. Copy Sertifikat/Piagam Penghargaan/Bukti Pelatihan (jika ada)

Atau di email ke: mukti@raharja.info "

CIFOR ICRAF library 

CIFOR ICRAF library in Bogor is looking for a consultant for library weeding.

Responsibilities: 

  1. Under the supervision of CIFOR-ICRAF librarian, you will assess each item/book against the established weeding criteria. 
  2. Mark the book to be removed. 
  3. Consult with the Librarian on a pre-determined list of items that you have marked for removal. 
  4. Take each book off the shelves once the list is approved. 
  5. Keep the removed items in the intended boxes and place them in temporary storage. 
  6. Provide a list of items kept in each box.
  7. Update the catalog records. 

Requirements: 

  1. Possession of a designated level of technical skill or knowledge in cataloging. 
  2. Meticulous, thorough, and perceptive skill is required. 
  3. Able to work independently and self-motivated. 
  4. Strong organizational skills and attention to detail 
  5. Advanced Excel proficiency will be an advantage. 
  6. Able to meet deadlines. 

Duration

The consultancy duration is 3 months start on 15 January to 15 April 2024 (40 hours/week). 

Send your CV to cifor-library@cifor-icraf.org at the latest 5 January 2024

Sdit Assalaam Sanden

DEADLINE 15 Januari 2024

LOWONGANTENAGA PERPUSTAKAAN

KUALIFIKASI:

  • Beragama dan berkepribadian Islam
  • Sehat jasmani rohani
  • Beribadah dengan tertib
  • Dapat membaca Al Qur'an
  • Bisa bekerjasama dalam tim
  • Bersedia mengikuti kegiatan sekolah
  • Bagi laki-laki tidak merokok
  • Usia maksimal 30 tahun

persyaratan :

  • Scan Surat Lamaran
  • Scan CV (Daftar Riwayat Hidup)
  • Scan KK, AKTA, KTP
  • Scan Ijazah Terakhir
  • Foto

Kirim CV melalui email ke:sditassalaamsanden@gmail.com

Sekolah Ciputra

GENERAL REQUIREMENTS

Applicants must:

  • Graduated from a reputable university with a minimum Bachelor Degree or related fields
  • At least 1 year of teaching experience in related fields (preferably have experience in IB Curriculum)
  • Be proficient in English, both written and spoken, with an IELTS score equal to or above 5.5
  • Be computer literate
  • Have a demonstrated ability to work with children or young people
  • Have the ability to work closely with others in a positive and collaborative environment
  • Be willing to grow, to be challenged and to change
  • Be Indonesian citizens.

Please send your application with a recent photograph to hrd-sc@sekolahciputra.sch.id

Perpustakaan Universitas Kristen Maranatha Bandung

Rekrutmen pegawai Perpustakaan 

Tanggung Jawab Utama:

Pelayanan Pelanggan:

  • Memberikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada pengunjung perpustakaan.
  • Membantu pengunjung dalam menemukan sumber informasi yang dibutuhkan.
  • Memberikan panduan penggunaan fasilitas perpustakaan dan sistem katalog.

Reference Manager:

  • Bertanggung jawab atas koleksi referensi dan bahan pustaka.
  • Melakukan seleksi, akuisisi, dan pemeliharaan koleksi perpustakaan.
  • Memberikan panduan kepada pengguna dalam pemanfaatan sumber referensi yang tersedia.

Pengelolaan Sosial Media:

  • Mengelola akun media sosial perpustakaan untuk meningkatkan visibilitas dan interaksi.
  • Membuat konten yang informatif, menarik, dan relevan terkait dengan koleksi perpustakaan dan kegiatan terkini.
  • Memantau respons dan berinteraksi dengan pengguna melalui platform media sosial.

 Persyaratan:

  1. Pendidikan minimal S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan
  2. Fresh graduate diperbolehkan
  3. Kemampuan komunikasi yang baik dan ramah dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung
  4. Pemahaman tentang manajemen referensi dan pemeliharaan koleksi perpustakaan.
  5. Pemahaman yang baik dalam penggunaan media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dll.).
  6. Kreatif, inovatif, dan mampu menciptakan hal-hal baru dalam pelaksanaan tugas dan pengembangan perpustakaan
  7. Memiliki kemampuan bahasa inggris merupakan nilai lebih
  8. Diutamakan beragama Kristen/Katolik

Periodik Pembukaan 

Periodik 1 : 04 Januari 2024 sd 14 Januari 2024

https://bit.ly/lokerperpusmarnat2024

CIFOR ICRAF library in Bogor 

Looking for a consultant for library weeding.

Responsibilities:

  • 1. Under the supervision of CIFOR-ICRAF librarian, you will assess each item/book against the established weeding criteria.
  • 2. Mark the book to be removed.
  • 3. Consult with the Librarian on a pre-determined list of items that you have marked for removal.
  • 4. Take each book off the shelves once the list is approved.
  • 5. Keep the removed items in the intended boxes and place them in temporary storage.
  • 6. Provide a list of items kept in each box.
  • 7. Update the catalog records.

Requirements:

  • 1. Possession of a designated level of technical skill or knowledge in cataloging.
  • 2. Meticulous, thorough, and perceptive skill is required.
  • 3. Able to work independently and self-motivated.
  • 4. Strong organizational skills and attention to detail
  • 5. Advanced Excel proficiency will be an advantage.
  • 6. Able to meet deadlines.

Duration

The consultancy duration is 3 months from 15 January to 15 April 2024 (40 hours/week).

Send your CV to cifor-library@cifor-icraf.org at the latest 5 January 2024

Unduh loker pustakawan bulan Mei 2022 - Desember 2023

Catatan

Postingan loker pustakawan terakhir diperbarui pada tanggal 29 Februari 2024

Sumber:

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Lowongan Kerja Pustakawan (Updated Februari 2024)"