Awal mula saya ngeblog - jadi blogger

Kemarin ada yang direct message (dm) Instagram @ganipramudyo kak bisa ceritakan awal mula jadi blogger? Oleh karenanya pos ini saya buat agar menjawab pertanyaan tersebut secara jelas dan detail, serta jika ada pertanyaan serupa dapat terjawab. Selain itu, diharapkan adanya artikel ini, mampu mendorong minat pembaca untuk mulai tertarik nge blog dan menjadi partime/fulltime blogger.

Awal mula saya ngeblog dan menjadi blogger

Lingkungan mendukung untuk ngeblog

Saya mulai ngeblog itu waktu SMP dikenalkan oleh bapak-yang merupakan seorang penjaga rental pengetikan/warnet. Blog pertama saya buat dengan platform blogger-berisi satu laman mengenai hobi. 

Seiring berjalannya waktu, saya kembali menekuni dunia blog ketika SMA dengan mengikuti berbagai lomba di lingkup lokal dan kota. Dilingkup lokal, saya 2 kali meraih prestasi yaitu juara 1 lomba web tingkat lokal (SMA), dan Pemenang sayembara web Majalah Ekspresi SMALA tingkat lokal. 

Beberapa lomba di tingkat kota seperti School Contest pernah saya ikuti, namun belum mencapai hasil maksimal. Beberapa karya yang saya hasilkan, sebagai berikut. 

https://sman5kediri.wordpress.com/
https://sman5kediri.wordpress.com/

Mengarsipkan materi dan tugas kuliah

Ketika kuliah, saya membuat blog pribadi di platform Blogger dengan akhiran domain blogspot.com. Lalu saya beli domain web.id dan melakukan redirect domain ke https://www.ganipramudyo.web.id/, yang sampai saat ini saya pakai. 

Saya memakai platform Blogger karena tidak berbayar, dan Domain Web.id karena sesuai untuk kebutuhan personal blog dan murah (65k/tahun). Nama blog ganipramudyo, saya gunakan sebagai branding, tidak terlalu panjang dan mudah diingat.

Postingan pertama saya terkait resensi buku, materi dan tugas-tugas saya kuliah. Baik ketika dijenjang sarjana hingga pascasarjana.

Postingan artikel kuliah
Postingan artikel kuliah

Berbagi pengetahuan

Ketika melamar beasiswa lpdp, seorang interviewer lpdp melakukan pencarian kata kunci di Google, menggunakan nama lengkap saya. Ia mendapati temuan blog saya, dan memberikan apresiasi karena web nya sangat inspiratif. 

Ini juga meningkatkan motivasi saya untuk menulis. Beberapa postingan saya selanjutnya berbagai pengalaman kuliah, meraih beasiswa S1 dan S2. Ini juga direspon positif oleh para pembaca, termasuk saya buat kan post khusus untuk tanya jawab beasiswa.

Narasumber beasiswa
Narasumber beasiswa

Branding dan Penghasilan tambahan

Blog ini kemudian saya daftarkan Google Adsense, mengikuti affilite marketing dan fokus untuk branding. 

Beberapa pembaca memiliki ketertarikan terkait konten web, menawarkan saya pekerjaan sebagai pustakawan di salah satu perpustakaan yang berada di Bogor.

Mengundang saya di berbagai kegiatan seminar beasiswa, webinar dan kegiatan terkait dengan keilmuan yang saya miliki (Ilmu Perpustakaan dan Informasi). 

Semakin banyaknya artikel dan pengunjung harian, sehingga saya memutuskan untuk mendaftarkannya Ke Google Adsense. Sehingga, ada penghasilan tambahan yang bisa saya dapatkan, meskipun tidak seberapa. 

Penghasilan Google Adsense 2023
Penghasilan Google Adsense

Demikianlah penjabaran saya mengenai awal mula saya ngeblog dan menjadi seorang blogger. Jika ada pertanyaan lanjutan mengenai mulai darimana ngeblog? Silakan baca laman tips blogger.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Awal mula saya ngeblog - jadi blogger"