Evaluasi Perangkat Lunak Electronic Record Management System (ERMS) ARTERI Menggunakan ISO 16175-2:2011

Evaluasi Perangkat Lunak Electronic Record Management System (ERMS) ARTERI Menggunakan ISO 16175-2:2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perangkat lunak ERMS ARTERI menggunakan functional requirement ISO 16175-2: 2011 aspek pencarian, temu kembali dan render (disseminate). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengkaji literatur secara mendalam. Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Temuan menunjukan bahwa ARTERI hanya memenuhi 10 dari 49 functional requirement (nomor 199-248) yang ditetapkan. 

10 functional requirement yang terpenuhi diantaranya ARTERI: 1) menyediakan berbagai fungsi untuk mencari, mengakses, dan menemukan kembali arsip (records) dan atau metadata, 2) memungkinkan arsip (records) pada setiap tingkatan untuk dapat dicari, 3) memungkinkan pengguna mengatur pencarian, 4) mampu mengatur hak akses pengguna dalam pencarian, 5) memiliki fasilitas pencarian terintegrasi, 6) memungkinkan pengguna untuk menggunakan kembali kueri pencarian, 7) memungkinkan pengguna untuk melihat deskripsi arsip (records), 8) memungkinkan pengguna untuk mencari metadata arsip (records), 9) memungkinkan administrator untuk mengambil salinan arsip (records), dan melakukan penyuntingan, dan 10) memungkinkan penyimpanan metadata setiap perubahan. 

Upaya perbaikan perlu dilakukan untuk mengembangkan ARTERI salah satunya penambahan fitur pencarian konten arsip (records), batasan pencarian otomatis, boolean operator, dan perbaikan tampilan grafis pencarian. Selain itu perlu juga perbaikan fitur rendering, pengunduhan, dan pencetakan. Akhirnya, kajian ini masih terbatas pada satu aspek functional requirement, standar dan aplikasi tertentu, penelitian masa depan perlu mempertimbangkan aspek yang belum dibahas ataupun komparasi dengan standar atau aplikasi tertentu.

Kata kunci: ARTERI, Disseminate, ERMS, ISO 16175-2:2011

Unduh: https://journal.ugm.ac.id/khazanah/article/view/82287/pdf

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Evaluasi Perangkat Lunak Electronic Record Management System (ERMS) ARTERI Menggunakan ISO 16175-2:2011"