Trend dan isu global e-resource di era digital

Trend dan isu global e-resource di era digital

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Internet dan khususnya World Wide Web telah merevolusi kegiatan perpustakaan, sehingga terjadi perubahan dalam fungsi Perpustakaan di dunia digital. Kecenderungan sumber daya perpustakaan saat ini meliputi e-book, e-resources, perpustakaan digital, dan e-services (Asif & K. Singh, 2020). 

E- resources memudahkan penggunanya karena dapat diakses jarak jauh, dimanapun, dan kapanpun dengan terkoneksi internet. Electronic resources (sumber daya elektronik) yang selanjutnya disingkat e-resources, adalah komponen yang semakin penting dalam kegiatan manajemen koleksi perpustakaan. Menurut Johnson et al. (2012) e-resources mengacu pada materi yang memerlukan akses komputer, mainframe, atau perangkat seluler. E-resources dapat diakses dari jarak jauh melalui internet atau secara lokal. Beberapa jenis e-resources yang paling sering ditemui adalah: 

  1. E-journals 
  2. E-books
  3. Full-text (aggregated) databases
  4. Indexing and abstracting databases 
  5. Reference databases (biographies, dictionaries, directories, encyclopaedias, etc.) 
  6. Numeric and statistical databases 
  7. E-images 
  8. E-audio/visual resources (Johnson et al., 2012) 
  9. Selected Websites 
  10. Online Public Access Catalogues (OPAC) 
  11. E-mail and Discussion Forums 
  12. Newsgroups 
  13. Web Conferencing 
  14. Internet relay chat 
  15. Internet Telephone 
  16. Internet Radio(Mutula & Ojedokun, 2008 dalam (Shidi & Uganneya, 2014)

Patra (2017) menyebutkan beberapa tahun terakhir, perpustakaan telah memeroleh lebih banyak e-resources karena manfaat yang dirasakan, seperti kemudahan akses informasi dan kelengkapan. Karena masuknya e-resources di perpustakaan, koleksi, akuisisi, dan pemeliharaan dari e- resources ini telah menjadi masalah yang rumit. Ini memaksa perpustakaan untuk menyusun strategi untuk mengelola dan mengirimkan e-resources dengan nyaman. 

Oleh karena itu, manajemen e-resources telah menjadi tantangan nyata di kalangan pustakawan yang perlu ditangani melalui riset dan praktik terbaik (best practice). Untuk memenuhi tantangan ini, pustakawan dan penyedia konten memutuskan untuk mengembangkan sistem manajemen e-resources (Electronic Resource Management/ERM) untuk pengelolaan e-resources dengan cara yang lebih sistematis.

Deskripsi Buku

Judul Buku: Manajemen E-Resource

  • Judul Bab Buku: BAB IX Trend dan isu global e-resource di era digital
  • Penulis : Gani Nur Pramudyo
  • Publisher : Mafy Media Literasi Indonesia, 2023 
  • ISBN: 6238343435, 9786238343430

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Trend dan isu global e-resource di era digital"