LAPORAN PRAKTIKUM ARSITEKTUR DAN SITEM OPERASI KOMPUTER

1. Istilah Komputer (computer) diambil dari bahasa latin computure yang berati menghitung (to compute atau to reckon). Definisi Komputer menurut Donald H. Sanders : “Sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang kesimpan di memori(stored program)”

image

Secara umum, komputer terdiri atas 11 komponen hardware utama untuk bisa dikatakan mendukung Multimedia, antara lain :

1. Processor

2. Mainboard

3. Hardisk

4. VGA

5. Memory RAM

6. CD/DVD/RW

7. Casing ATX

8. Monitor

9. Speaker

10. Soundcard

11. Keyboard – Mouse

Orang-orang sering salah kaprah dalam menyebut arti dari CPU. Kebanyakan menyangka, CPU adalah box casing. Padahal CPU itu adalah processor itu sendiri. Gambaran dari processor adalah bagaikan otak manusia. Semua perintah-perintah dan proses-proses dalam komputer di handel oleh processor ini. Banak jenis merek dari processor, antara lain 3 yang paling terkenal adalah Intel, AMD, dan Apple G4. Memory dalam processor disebut Cache Memory, sampai saat ini ada 3 jenis, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache.

imageimage

1. Mainboard

Mainboard atau yang biasa disebut mother board adalah board utama di dalam casing CPU box. Berfungsi untuk mengorganisasikan semua resource hardware komputer agar terjalin sempurna, dan mampu bekerja dengan baik. Smeua perangkat keras komputer bisa dipastikan akan terhubung ke mainboard. Secara umum, seperti ini gambaran dari main board :

image

Bagian-bagian dari Mainboard adalah :

a. Chipset

a. Chipset

Ada 2 jenis Chipset, yaitu North Brodge dan South Brodge.

North Bridge adalah chip yang mengontrol aliran / proses yang berkecepatan tinggi. Termasuk yang dikontrol oleh chip ini adalah Processor, VGA, dan Memory. Chipset ini biasanya diletakkan di dekat socket processor, kadang juga dilengkapi dengan heat sink, karena biasanya chipset ini mudah panas, karena yang ditangani adalah proses-proses kecepatan tinggi

South Bridge adalah kebalikan dari North Bridge. Chip ini mengontrol aliran / proses yang berkecepatan rendah. Termasuk yang dikontrol oleh chip ini adalah IDE, SATA, DMA, PCI, dan port-port lainnya, semacam serial port dan paralel port. Chipset ini biasanya terletak di posisi agak bawah dalam papan board. Baisanya tidak disertai dengan heat sink, dan biasanya tertulis merk chipset diatasnya, misalnya VIA, Intel, AMD, nVidia.

Agar dapat berfungsi dengan baik, maka ketika dalam lingkungan sistem operasi, driver dari chipset ini harus terinstall terlebih dahulu.

b. ZIP Socket

ZIP Socket adalah kotak tempat processor diinstal dan kemudian dipasangi dengan heatsink diatasnya.

c. Heatsink

Heat Sink adalah fan atau kipas untuk mendinginkan processor. Setelah processor terpasang, baru heatsink diinstal diatasnya

d. Memory Slot

Berfungsi untuk tempat pemaangan memory module. Ada 2 jenis dari memory slot in, yaitu SIMM dan DIMM. Pada mainboardtertentu yang khusus, kadang tersedia pula fasilitas Dual Channel untuk mempercepatakses memory, dengan membaginya dalam 2 proses pada 2 memory module identik secara simultan. Slot untuk masing-masing jenis memory berbeda, SD RAM tidak bisa dipasang pada slot EDO RAM, dan yang lainpun juga sama, masing-masing jenis memory modul mempunyai bentuk slot-nya sendiri-sendiri.

e. PCI Slot

PCI Slot adalah slot ekspensi, berfungsi untuk proses penambahan hardware dalam komputer. Dalam komputer Laptop, PCI ini disamakan fungsinya dengan PCMCIA (PC Card). Biasanya slot PCI ini dipasangi hardware : Sound Card, LAN Card, Modem WiFi, VGA Model lama, dll

f. AGP Slot

AGP Slot adalah slot untuk pemasangan VGA, berfungsi untuk menghubungkan VGA dengan monitor, agar display bisa ditampilkan dengan baik. Pada mode mainboard terbaru, AGP ini telah digantikan dengan slotbaru, yaitu PCI Express. Penggantian ini dilakukan karena pada slot AGP, kebutuhan akan listrik-nya terlalu berlebihan, sehingga tidak hemat power.

g. PCI-E Slot

PCI-E adalah PCI Express, fungsinya adalah menggantikan slot AGP seperti telah dijelaskan diatas. Berbeda dengan PCI, slot ini hanya khusus untuk VGA saja. Port ini juga mendukung kemampuan SLI untuk grafis, yaitu menggabungkan kemmapuan 2 VGA card (yang identik) sekaligus, sehingga kemampuan grafisnya meningkat 2 x lipat.

h. IDE Port

Port ini untuk menghubungkan perangka yang berinterface IDE ke dalam komputer, antara lain : Hardisk IDE, dan CD.DVD ROM. Kabel yang terhubungn ke port ini adalah jenis kabel IDE

i. SATA Port

Hampir sama dengan port IDE, port ini untuk menghubungkan perangkan yang berinterface SATA ke dalam komputer antara lain : Hardisk SATA, dan CD/DVD ROM SATA. Kabel yang terhubung ke port ini adalah jenis kabel SATA

j. Floppy Port

Meskipun saat ini floopy disk sudah mulai ditinggalkan karena telah tergantikan oleh USB, port ini pkadang masih disertakan dalam interface mainboard. Berfungsi untuk menghubungkan floopy disk dengan mainboard.

k. Terminal I/O

Terminal IQ letaknya pada sebelah pinggir atas bawah sebuah mainboard. Pada umumnya terdapat berbagai port, antara lain untuk mouse, keyboard, USB, Sound Card On Board, VGA On Board, LAN On Board, LPT printer, Game port, port com, kadang ada juga port firewire, dan SPDIF.

l. Port Power

Port Power berfungsi untuk mengalirtkan power listrtik dari power supply ke mainboard, sehingga semua komponen dapat berjalan dengan baik. Pemilihan power supply yang baik akan mempengaruhi umum mainboard

1. Harddisk

Harddisk adalah media penyimpanan dalam komputer (storage device) semua file-file yang kita buat dan kita olah akan disimpan dalam harddisk. Smeua aplikasi yang kita pasang (install) akan disimpan juga dalam harddisk

image 

2. VGA

VGA adalah kependekan dari Virtual Graphic Accelerator. Hardware inilah yang menghandel tampilan display dalam komputer. Tanpa adanya hardware ini, maka monitor tidak akan mampu menampilkan gambar. Ada 2 jenis dari VGA yaitu External (Card) dan Internal (On Board). Konektornya juga terdiri dari 3 jenis, yaitu mode VGA, mode DVI, dan mode TV-Out. Jenis Slot pada mainboardnya juga ada 4 yaitu ISA, AGP, dan PCI-E.

image

3. Memory RAM

Memory RAM disebut juga sebagai memory utama. Fungsi dari hardware ini adalah untuk mempercepat proses kerja dalam komputer. Semakin besar memorinya, maka semakin cepat pula kecepatan proses kerjanya. Hingga saat ini ada 3 jenis memori, yaitu EDO RAM, SD RAM, RD RAM, DDR RAM (DDR 1, DDR 2, dan DDR 3)

image

4. CD/DVD/RW

Hardware ini adalah termasuk jenis optical device. Jenis yang lama, termasuk dalam model ROM (Read Only Memori). Namun Sekarang, sudah ada yang mampu untuk write data, yaitu yang support RW (Read-Write). Media penulisan file pada device ini menggunakan sinar laser yang ditembakkan pada permukaan disc. Ada 2 jenis internal dan external.

image

5. Casing ATX

Casing adalah box untuk menempatkan hardware-hardware di dalamnya, sehingga tampak terlihat rapi dari luar. Biasanya dalam casing ini sudah disertakan power supply didalamnya. Pemilihan casing yang sembarangan dapat merusak komputer secara keselurhan, oleh karena itu harus cermat ketika membeli sebuah casing.

image

Ada 3 model, AT, ATX, BTX. Dan 2 bentuk fisik casing, yaitu dekstop (posisi tidur) dan tower (posisi berdiri).

Dalam casing terdapat Power Supply yang fungsinya adalah untuk sumber power listrik bagi komputer. Ada berbagai model kabel dalam warna yang bermacam-macam.

Warna Kuning : 12 volt

Warna Merah : 5 volt

Warna Hitam : 0 volt (ground)

Warna Putih : -5 volt

Warna Biru : -12 volt

Warna Orange : power good

6. Monitor

Monitor merupakan peralatan pengeluaran yang berfungsi untuk menampilkan data ionstruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.

image

Monitor dikelompokkan berdasarkan teknologinya yaitu :

  1. Monitor CRT (Cathoda Ray Tuble)
  2. Monitor Flat Panel Display monitor ini menggunakan teknologi LCD
  3. Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

Berdasarkan tampilan komputer terbagi atas 3 jenis yaitu :

  1. Monocrom (satu warna dengan latar belakang hitam)
  2. Grayscale (bayangan abu-abu latar belakang putih)
  3. Color (warna secara penuh dari 15 – 16 juta warna yang berbeda)

7. Speaker

Speaker merupakan salah satu jenis peralatan output. Pengeras suara atau loud speker atau speaker saja, adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponen yang berbentuk selaput / membran. Untuk interkoneksinya dengan PC, dibutuhkan media penghubungn yang bernama Sound Card.

image

10. Soundcard

Kartu suara (sound card) adalah suatu peragkat keras komputer yang di gunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya,soundcard hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang,Sound Card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya,sonud cars di bagi 3 :

· Sound Card Onboard,yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.

· Sound Card Offboard,yaitu Sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata,sekarang sudagh menggunakan PCI

· Sound Card External, adalah soundcard yang penggunaannya di sambungkan ke kompuer melalui port external,seperti USB atau vireWire


image

11. Keyboard – Mouse

Papan ketik (bahasa Inggris : Keyboard) atau kibor adalah piranti untuk mengetik atau memasukkan huruf,angka,atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem perasi yang dijalankan oleh komputer.

Papan ketik terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak denga huruf,angka,atau simbol yang tercetak diatasnya. Dalam beberapa sistem operasi,apabila dua tombol di tekan secara bersamaan,maka akan muncul fungsi khusus atau pintasan yang telah diaur senelumnya.

image

1. KONFIGURASI LOCAL AREA NETWORK

1. Klik control panel

image

2. Pilih network and internet

image

3. Klik network and sharing center

image

4. Pilih local area connection

image

5. Klik properties

 image

6. Pilih internet protocol version 4 (TCP/ipv4)

image

7. Masukkan IP address, klik ok

image

8. Tekan start + R di keyboard dan ketik cmd lalu ok

image

9. Akan muncul tampilan command prompt, ketik ipconfig untuk mengetahui lan apakah sudah terhubung .

image

SETUP BIOS PADA SISTEM KOMPETER

BIOS (Basic Input Output System) merupakan suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard. Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.

Langkah – langkah Setup Bios pada sitem computer

1. Klik F12 / Delete pada PC/laptop maka akan tampil setup bios seperti gambar berikut

image

Gambar di atas merupaka menu MAIN berisi informasi jenis bios, prosessor, dan pengaturan tanggal. Untuk mengatur tanggal maka pilih pada bagian tanggal lalu atur

2. Kemudia pada tab menu advanced menampilkan beberapa pengaturan seperti speaker, sata, power dan lain

image

3. Pada tab menu berikutnya terdapat menu boot, untuk menentukaan booting awal melalui hardisk terlebih dahulu atau flasdisk…

image

4. Pada tab menu security berisi pilihan menu untuk memberikan password keamanan, untuk membuat pilih menu administrator password, enter ketik password

image

5. Pada tabe save and exit berisi pengaturan untuk menampilkan pilihan keluar / menyimpan pengaturan tadi.

image

3. Perkembangan Sitem Operasi Windows

Microsoft Windows atau lebih familiar dengan nama Windows adalah salah satu keluarga daeri sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation.

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS.

1. Windows 1.0

Microsoft Windows 1.0 merupakan versi pertama sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface(GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Versi ini sebenarnya diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 November 1983, tapi tidak pernah keluar ke pasar publik sebelum bulan November 1985.

Windows 1.x juga mendukung multitasking antar banyak program. Hal ini tentu saja merupakan peningkatan yang sangat penting jika dibandingkan dengan DOS, yang hanya dapat menjalankan satu program saja (single-tasking) pada satu waktu. Karena Windows 1.0 merupakan masih berbasiskan DOS, hanya satu aplikasi saja yang boleh berjalan di muka (foreground application), sedangkan aplikasi yang berjalan di latar belakang (background application) diberhentikan secara sementara hingga pengguna mengaktifkannya kembali. Metode ini disebut juga dengan cooperative multitasking.

image

2. Windows 2.0

Microsoft Windows 2.0 merupakan versi kedua dari sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) buatan Microsoft Corporation, yang dirilis pada 9 Desember 1987 akibat kurang suksesnya Windows versi 1.0. Sebab Windows 1.0 kurang sukses adalah karena kurangnya aplikasi yang mendukung Windows 1.x. Windows 2.x mendukung penggunaan kartu grafis dengan spesifikasi VGA (Video Graphics Array), sehingga dapat menampilkan resolusi hingga 640x480 pada kedalaman warna 4-bit (16 warna). Selain itu, Windows 2.x juga mendukung penggunaan prosesor Intel 80286, prosesor pertama dengan kemampuan untuk memproteksi area memori atau dikenal dengan protected mode meski tidak dapat melakukan switching kembali ke dalam real mode tanpa harus melakukan restart komputer. Pengguna dapat menjalankan program loader Windows yaitu berkas WIN.COM dengan tambahan switch /S untuk mode standar, dan /2 untuk mode 286.

image

3. Windows 3.0

Windows 3.0 merupakan versi ketiga dari sistem operasi berbasisgraphical user interface yang dibuat oleh Microsoft yang dirilis pada tanggal 22 Mei 1990.

Windows 3.00 memiliki semua kelebihan dari Windows 2.xx, seperti dukungan untuk kartu grafis VGA (bahkan untuk kartu SVGA atau XGA), icon yang lebih kaya, dan GUI yang sedikit lebih manis dibandingkan dengan Windows 2.xx

Windows 3.xx dapat menjalankan banyak MS-DOS Prompt dan aplikasinya secara multitasking, karena lingkungan DOS Virtual Machine dalam Windows 3.xx sedikit dirombak oleh Microsoft. Windows 3.xx dapat menggunakan memori di atas 640 KB (dalam DOS, range alamat memori dari 0 Byte hingga 640 kilobytes disebut dengan conventional memory, di mana semua aplikasi berjalan) sehingga para pengembang pun dapat mengembangkan aplikasi yang lebih kuat karena memiliki memori yang jauh lebih tinggi dibandingkan 640 kilobytes batasan DOS.

image

4. Windows NT 3.

Windows NT 3.1 memiliki superioritas dalam model abstraksi perangkat kerasnya. Windows NT dianggap sebagai sistem yang boros sumber daya. Hal ini mengakibatkan munculnya opini publik bahwa Windows NT hanya cocok untuk mesin-mesin yang besar dan juga jauh lebih mahal (seperti halnya workstation dengan DEC Alpha atau Intel Pentium yang kala itu memang masih baru). Windows NT juga tidak dapat bekerja untuk pengguna pribadi karena kebutuhan sumber dayanya yang tinggi. Selain itu, GUI yang digunakannya hanyalah salinan dari GUI Windows 3.1, yang masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Workplace Shell milik OS/2 .

Salah satu peningkatan terbesar dari Windows NT adalah Application Programming Interface (API) 32-bit yang baru, yang dibuat untuk menggantikan Windows API 16-bit yang sudah lama. Windows NT merupakan sistem operasi Windows pertama yang dibuat dengan menggunakan kernel hibrida,setelah pada versi-versi sebelumnya hanya menggunakan kernel monolithic saja.

image

5. Windows 95

Windows 95 adalah sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi oleh Microsoft. Windows 95 diperkenalkan ke publik pada tanggal 14 Agustus 1995, menyusul kampanye iklan yang agresif dari Microsoft. Windows 95 diperkenalkan dengan menggunakan rancangan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (penggantiProgram Manager), selain itu juga diperkenalkan Windows Explorersebagai pengganti File Manager, dukungan plug-and-play, dukungan program aplikasi MS-DOS dan Windows 16-bit dan Windows 32-bit, dan dukungan bagi nama-nama berkas (file) yang panjang, yang mendukung penamaan hingga 256 karakter, danbrowser opsional Microsoft Internet Explorer.

image

6. Windows 98

Windows 98 adalah sistem operasi Windows yang dikeluarkan Microsoft pada 25 Juni 1998. Windows 98 merupakan pengembangan dari Windows 95, dan kemudian diteruskan oleh Windows Me. Masa dukungan penuhnya berakhir tanggal 11 Juli 2006. Windows 98 First Edition Windows 98 adalah penerus dari Windows 95, dengan tambahan dukungan AGP, USB, Plug and Play yang lebih baik, sistem berkas FAT32 dan Internet Explorer versi 4.0. Windows 98 adalah upgrade dari Windows 95. Seperti yang dideskripsikan sebagai sistem operasi, “Works Better, Plays Better,” Windows 98 adalah versi windows pertama yang di desain secara spesifik untuk konsumen. Windows 98SE Windows 98SE menambahkan dukungan pada Internet Explorer 5, NAT untuk berbagi koneksi Internet, Digital Versatile Disk (DVD), Windows Driver Model (WDM) yang menggantikan model Virtual Device Driver (VxD) serta Windows NetMeeting 3. Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan kernel 16-bit/32-bit, dan masuk pada famili Windows 9x.

image

7. Windows ME (Milenium Edition)

Windows Me, Windows ME, atau Windows Millennium Editionadalah sebuah versi Windows yang didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan ditujukan untuk menggantikan pasar sistem operasi sebelumnya, Windows 98. Windows ini dapat berjalan tanpa bantuan MS-DOS. Windows sendiri adalah sistem operasi buatan Microsoft Corporation. Seperti versi Windowssebelumnya, Windows Me merupakan sistem operasi transisi antara 16-bit ke 32-bit, sehingga semua program 16-bit dan 32-bit dapat didukung dengan baik. Oleh Microsoft, Windows ME ini diluncurkan pada tanggal 14 September 2000.

image

8. Windows XP

Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Profesional dan Windows Me. Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP kali pertama dirilis pada 25 Oktober 2001. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis pada 8 November 2006.

image

9. Windows Server 2003

Pada tanggal 24 April 2003, Microsoft meluncurkan Windows Server 2003 Di dalam Windows Server 2003, beberapa layanan yang tidak terlalu dibutuhkan di dalam lingkungan server dinonaktifkan secara default, terutama "Windows Audio" dan "Themes" demi alasan kestabilan. Agar dapat menggunakan suara dan tampilan yang sama dengan Windows XP, pengguna harus mengaktifkannya secara manual, melalui snap-in Microsoft Management Console Services.msc Selain itu, akselerasi perangkat keras untuk kartu grafis juga dimatikan Pada bulan Desember 2005, Microsoft merilis Windows Server 2003 R2, yang merupakan Windows Server 2003 Service Pack 1 ditambah dengan beberapa paket tambahan.

image

10. Windows Vista

Microsoft Windows Vista adalah sistem operasi terbaik saat ini. Dengan Microsoft Windows Vista, maka Anda akan dapat memutar lagu dan film, merekam suara, mengisi CD-R(RW) dan DVD-R(RW), memotong audio dan video, melihat nilai hardware (Subscore dan Base score), menggunakan Internet dan lain-lain.

Windows Vista adalah versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.

Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).

Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001.

image

11. Windows 7

Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista. Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista.Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulangtaskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7, kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.

image

10. Windows 8

Windows 8 adalah nama kode untuk versi mendatang dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dankeyboard.

Microsoft belum mengumukan tanggal distribusi Windows 8, meski sejumlah kantor berita menduga sistem operasi ini akan tersedia pada akhir 2012.

image

Tampilan windows 8

image

Tampilan windows 10

11. Windows 10

Windows 10 merupakan rilis mendatang dari sistem operasi Microsoft Windows. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, akan dirilis pada akhir tahun 2015.

DAFTAR REFERENSI

Gunawan.2011. Panduan Praktis Teknisi Komputer.Kediri:LKP Decca Computer.

Rakata.2011. http://blograkata.blogspot.com/2011/10/sejarah-perkembangan-windows.html

Tentang Penulis: Gani Nur Pramudyo merupakan Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB 2014.Penulis aktif menjadi student employee PJ layanan pengguna di Fadel Muhammad Resource Center FIA UB

Share this

Related Posts