Contoh desain Sayembara Maskot

Berikut penulis bagikan contoh desain maskot yang diajukan untuk SAYEMBARA MASKOT UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2015. Penulis turut berpartisipasi, dan hasilnya maskot penulis tidak masuk dalam finalis. Penulis juga bagikan maskot pemenang dari sayembara maskot UB. 

Pembaca dapat menilai kekukurangan dan kelebihan maskot yang penulis buat dan maskot pemenang sayembara. Penulis dalam membuat maskot ditemani oleh tim Apollo Creative yaitu Rizka Fauizah sebagai Desainer dan Ilustrator, Yuli Trisnawati sebagai penulis, dan Gani Nur Pramudyo atau saya sediri sebagai ideator. 

Berikut desain maskot yang kami buat :

Contoh desain Sayembara Maskot
Maskot Rockie

Pemilihan Ayam Golden Pheasant sebagai maskot Universitas Brawijaya dengan alasan bahwa dari sekian binatang yang dibudidayakan di Universitas Brawijaya. Ayam Golden Peasant merupakan yang paling unik versi tim Apollo C. 

Ayam yang berasal dari Tibet, Cina ini didatangkan dari Solo sekitar beberapa minggu yang lalu. Daya tarik ayam Golden Pheasant ini ada pada keunikan bulunya yang beraneka warna yang jarang dimiliki ayam jenis lain. Penangkaran ayam ini ada di sebelah gedung Widyaloka, dengan satu sangkar dihuni oleh 4 ayam. 

Pemilihan warna yang digunakan pada maskot diambil dari setiap warna dari logo Universitas Brawijaya, dengan tujuan semakain memperkuat identitas Universitas Brawijaya.

DESKRIPSI MASKOT 

1. AYAM

Ayam mempunyai filosofi tentang kepemimpinan, dimana ayam selalu menjadi pionir yang membangunkan manusia ketika matahari terbit. Mempunyai makna bahwa Universitas Brawijaya akan terus mencetak pionir-pionir generasi bangsa yang mempunyai daya saing di tingkat dunia.

2. ATRIBUT

Tongkat sebagai pegangan yang membantu dalam melangkah, dengan 3 buah obor di atasnya mempunyai makna bahwa Universitas Brawijaya sebagai sarana menimba ilmu selalu berpedoman terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Mayarakat. Dengan api yang membara melambangkan kobaran semangat dari seluruh civitas akademika Universitas Brawijaya yang selalu mengedapankan prestasi dan siap bersaing.

Dresscode yang digunakan maskot berupa kemeja, dasi, dan setelan jas mempunyai makna elegan, rapi, gentlement, mempunyai jiwa enterpreneur sehingga layak menjadi world class. Universitas Brawijaya bukan hanya mencetak lulusan yang berprestasi, juga mencetak lulusan yang mempunyai etika tinggi baik dari segi perilaku maupun dari tata krama berpaikan. Warna hitam pada pakaian melambangkan kekuatan, formalitas, dan perlindungan dan dimiliki Universitas Brawijaya.

Jubah yang dipakai maskot mempunyai motif batik dengan corak dedaunan, yang menyimbolkan tanaman sebagai sumber kehidupan dan paru-paru dunia. Universitas Brawijaya selalu menggencarkan semangat Go Green pada lingkungan kampus dan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang mengutamakan Go Green. Sedangkan Batik sebagai salah satu identitas bangsa dalam keaneka ragaman budaya. Warna jubah sendiri juga diambil dari warna pada logo Universitas Brawijaya, yaitu biru yang mempunyai makna kepandaian, kreatifitas, loyalitas, kedamaian.

Scraft yang dikenakan ayam di leher, mencerminkan sosok Bre Wijaya sebagai raja di Kerajaan Majapahit, yang nama beliau adalah asal-usul dari Universitas Brawijaya. Dengan memakai scarf yang mempunyai makna bahwa mahasiswa Universitas Brawijaya diharapkan mampu menjadi seorang pemimpin seperti raja setelah menempuh pendidikan. Pemimpin yang diharapkan adalah pemimpin yang mempunyai jiwa sosial tinggi, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur dan berjiwa ksatria. Mewujudkan slogan Universitas Brawijaya, yaitu “Join UB, Be The Best”. Warna kuning yang dipakai pada scraft melambangkan energi sosial, kerja sama, kebahagiaan, kehangatan, kebijaksanaan.

3. POSE

Dengan pose dan tatapan mata yang sedemikian mencerminkan sikap yang gagah berani dalam menghadapi segala tantangan, serta optimis dan bertanggung jawab.

MAKNA MASKOT

Maskot Ayam yang diberi nama Rockie merupakan akronim dari go gReen, wOrld Class, Kompetitif, Inovatif, dan Enterpreneur, kesemuanya merupakan ciri khas dari Univesitas Brawijaya. Maskot tersebut mempunyai makna bahwa Universitas Brawijaya bagaikan seorang pemimpin yang mampu melindungi, mencetak lulusan yang berprestasi dan beretika tinggi, yang mempunyai daya saing dan siap menghadapi tantangan zaman. Kesemuanya dilaksanakan berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan penuh rasa semangat membara bagaikan api, dan bertanggung jawab.

By : APOLLO C

Sedangkan berikut ini maskot pemenang sayembara maskot UB, dengan nama “Brone” Brawijaya Number One :
Maskot Universitas Brawijaya
Maskot Universitas Brawijaya

Maskot UB bernama BRONE, yang merupakan singkatan dari “Brawijaya Number One”. BRONE memiliki konsep sebagai robot pendamping yang menjadi pemandu informasi. Dia mampu belajar dan terus berkembang. Makna maskot UB adalah sebagai berikut: 

Bentuk Robot, bermakna inovasi, juga mewakili wujud yang kuat dan kooh, sehingga mampu mewakili konsep kekuatan daya saing. 

Dominasi warna biru, kuning, silver, dan hitam, masing-masing mewakili makna kepercayaan, kebahagiaan, modernisasi, dan elegan  (dikutip dari: https://ub.ac.id/id/about/ub-brand/)

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Contoh desain Sayembara Maskot"