Call for Papers Konferensi Nasional Kepustakawanan Indonesia 2019 : Sebuah pengalaman - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Kamis, 18 Juli 2019

Call for Papers Konferensi Nasional Kepustakawanan Indonesia 2019 : Sebuah pengalaman

Trawas – Konferensi Nasional Kepustakawanan Indonesia (KNKI) 2019 diselenggarakan atas kerjasama Ubaya, ISIPII, Forum Perpustakaan khusus dan FPPTI Jawa Timur. Konferensi ini dilaksanakan pada tanggal 24-26 April 2019 bertempat di Aula Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dan Ubaya Training Center (UTC). Pada konferensi ini, Igan bersama rekan Mahasiswa dan Alumni Prodi IP FIA UB  Afib Rifan Nasrudin, Erlangga Sertya Budi, S.AP, Trimo Septiono,S.AP, dan Nurida Rahma Maulida turut berpartisipasi. Kami mengikuti serangkaian acara  konferensi mulai dari Seminar, Workshop, Munas ISIPII, Call for Papers (CFP) dan Literasi Budaya.
Igan saat presentasi CFP di KNKI 2019, via dokumentasi pribadi
Rangkaian konferensi pada hari pertama - 24 April 2019 diawali dengan pembukaan, dilanjutkan oleh konferensi dengan topik “Keterlibatan Perpustakaan dalam Penerapan Satu Data: Perspektif Undang-Undang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam” dan “Big Data: Kolaborasi dan Praktik Kebijakan Institusi dalam Meningkatkan Kualitas Kebijakan dan Riset”, dilanjutkan Munas ISIPII pada. Hari kedua acara konferensi-25 April 2019 dimulai dengan workshop dan munas FPK-I. Workshop terdiri dari Workshop 1: Soft Skill Training for Information Professionals, Workshop 2: Marketing for Libraries: Meningkatkan Nilai Jual Perpustakaan, Workshop 3: Librarian’s Ikigai, Workshop 4: Menyapa Revolusi Industri 4.0 dengan Inovasi Tepat Guna dan Workshop Kepimpinan Kepustakawanan dalam bentuk wide games. Selanjutnya dilanjutkan dengan Presentasi Call for Paper terdiri dari 4 kelas dengan masing-masing riviewer Kelas A Prof. Sulistyo Basuki; Kelas B Imam Yuadi, S.Sos., M.MT., Ph.D. ; Kelas C Dr.Ike Iswary Lawanda; Kelas D Eka Meifrina,S.IP., M.M; E Dr. Agus Rusmana.
Igan bersama rekan via dokumentasi pribadi
Lebih lanjut terkait CFP, Igan berkolaborasi dengan Muhammad Rosyihan Hendrawan, S.IP.,M.Hum, Trimo Septiono,S.AP (Pustakawan Universitas Krida Wacana), Nurida Rahma Maulida (Peneliti PDII-LIPI) turut ikut serta menyampaikan hasil makalahnya dalam KNKI. Adapun tema yang diangkat ketiganya mulai dari Penerapan Skema Metadata Repositori Institusi Perguruan Tinggi di Kota Malang; Layanan Referensi Perpustakaan Perguruan Tinggi: Pembentukan dan Praktik Pengetahuan; Peran Perpustakaan dalam Menghadapi Bencana:Sebuah Tinjauan Literatur, diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasan pengembangan keilmuan perpustakaan dan ilmu informasi.
Rekan Igan, Afib, dan Erlangga via dokumentasi pribadi
Beberapa rekan Igan terlibat kepanitian konferensi dan mengikuti Munas ISIPII seperti, Erlangga Setya Budi, S.AP, Afib Rifan Nasrudin dan saya sendiri. Ketiganya diberikan amanah untuk mendokumentasikan seluruh rangkaian kegiatan KNKI serta mengikuti Munas ISIPII. Menurut Afib Rifan Nasrudin, “Ini merupakan pertama kalinya saya mengikuti kepanitiaan dan terlibat langsung dalam konferensi nasional diluar Universitas Brawijaya, sehingga dapat menambah wawasaan, menjalin silaturahmi, berbagi pengalaman antar sesama peserta (mulai pustakawan, Dosen, Peneliti, Mahasiswa, akademisi dan praktisi). Saya berharap sivitas FIA UB terutama mahasiswa, alumni dan dosen IP FIA UB dapat aktif berkontrobusi mengikuti acara seperti ini dan saya berharap prodi IP FIA UB dapat menjadi tuan rumah KNKI selanjutnya.”

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done