Begini rasanya Kuliah S2 di Universitas Indonesia

Apakah kamu memiliki keinginan untuk melanjutkan studi magister S2 di Universitas Indonesia? Seperti apa persiapannya? Jika Ya, artikel ini akan berusaha membahas mengenai persiapan yang saya lakukan sebelum kuliah S2 dan hal apa yang pelajari ketika berada pada minggu pertama kuliah di Universitas Indonesia. Simak ulasan lengkap berikut ini ya!

1. Persiapan sebelum kuliah S2 Universitas Indonesia

Sebelum kuliah S2, banyak pertanyaan harus baca-baca apa? apakah harus baca banyak jurnal riset? atau harus sudah mulai persiapan tesis? Tenang! Berikut ini dapat kamu lakukan sebelum terjun dan kuliah selama S2:

SIMAK UI

Kemarin ketika saya mau kuliah S2 di UI, hal yang saya persiapkan tentu ikut simak ui dan harus lolos. Saya banyak belajar soal terdahulu mengenai SIMAK, baik TPA dan bahasa inggris. 

TOEFL ITP

Saya juga mempersiapkan belajar bahasa (TOEFL) untuk menunjang kemampuan bahasa inggris saya. Saya menjalani pengayaan bahasa di UNS selama 6 bulan, agar skor toefl saya di atas 500 dan menunjang kemampuan bahasa inggris saya selama kuliah nanti. 

2. Minggu I Kuliah S2 di Universitas Indonesia

Minggu pertama masuk kuliah di program pascasarjana (S2) di Universitas Indonesia. Berikut beberapa hal yang perlu kamu tahu ketika menjalani aktivitas perkuliahan S2:

Mata kuliah cuman sedikit

Perkuliahan S2 sangat berbeda dengan kuliah S1. Hal ini dikarenakan pada program S2 mata kuliah yang diambil pada semester 1 ini hanya ada dua mata kuliah atau 6 SKS saja. Maksimal SKS yang bisa diambil S2 yaitu 18 SKS, berbeda dengan S1 yang masih full 24 SKS bisa diambil. 

Pada S2 ini, mata kuliah yang diambil sesuai mata kuliah internal (wajib) dan smart people bisa nambah mata kuliah lain (eksternal/tidak wajib).

Banyak waktu luang diluar kelas

Perkuliahan S2 biasanya dimulai siang, tergantung prodinya biasa pukul 14.00 - 17.00 sesuai yang mengajar, sehari bisa satu mata kuliah dan seminggu bisa hanya 2 mata kuliah tentu sangat berbeda dengan S1. 

Perkuliahan S2 ini juga memikirkan mereka yang masih bekerja, sehingga perkuliahan dimulai siang. Kamu bisa isi waktu luangmu dengan kerja part time biar tidak terlalu jenuh di kos bagi kamu yang fresh graduate, langsung kuliah.

Selalu ada tugas

Baru minggu pertama masuk, langsung dapat tugas kelompok untuk diskusi dan presentasi pertemuan berikutnya. Ini juga termasuk pemanasan ya smart people. Meskipun demikian sangat menarik sekali.

Demikian beberapa hal diminggu pertama kamu masuk kuliah yang dapat kamu pertik, ambil pelajaranya, share bila bermanfaat. 

Kuliah S2 di UI - Ospek hari pertama di universitas indonesia
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.