Jurusan S3 (Doktoral) Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia

Jurusan S3 atau Doktoral untuk bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia sepengamatan penulis hanya ada satu yaitu UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta dengan nama S3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam.

Jurusan S3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia

UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta

Adapun beberapa mata kuliahnya seperti : Matakuliah Dasar (Foundational Course): Studi al-Qur’an dan Hadist; Pendekatan Studi Islam; Filsafat Ilmu; Metodologi Riset. 

Matakuliah Wajib (Required Courses) : Filsafat Perpustakaan; Kajian Pelayanan dan Perilaku; Organisasi Informasi; Informasi dalam Konteks Sosial; Ujian Komprehensif; Seminar Proposal; Publikasi Artikel di Jurnal Internasional; Disertasi. 

Matakuliah Pilihan (Elective Courses): Literasi Informasi; Community Knowledge Practices; Manuskrip di Timur Tengah dan Dunia Islam; Pendidikan di Timur Tengah dan Dunia Islam; Kerja Sama Indonesia-Timur Tengah; Musim Semi Arab; Politik di Dunia Islam; Islam dan Demokrasi; Kajian Perempuan di Timur Tengah dan Dunia Islam; Kajian Pengelolaan Haji dan Umrah; Pekerja Indonesia di Timur Tengah; Islam, Pembangunan, Kebijakan Publik; Konflik dan Perdamaian di Timur Tengah; Islam, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi; Hukum Islam dan Pluralisme Legal; Islam dan Kesejahteraan Sosial; Islam dan Perdamaian; Kajian Keturunan Arab di Indonesia; Karya-Karya Sastra Masterpiece Timur Tengah.

Universitas Gadjah Mada

Program pendidikan Doktor (S-3) Program Studi Kajian Budaya dan Media Sekolah Pascasarjana UGM bisa menjadi alternatif. Jika dilihat, S2 Manajemen perpustakaan dan informasi berada di program studi Kajian Budaya dan Media UGM.  

Adapun mata kuliah (S-3) Program Studi Kajian Budaya dan Media yaitu 

Mata Kuliah Wajib Paradigma Kajian Budaya dan Media;  Metodologi Riset Kajian Budaya dan Media (3 SKS); Teori-teori Media (3 SKS); Disertasi (32 SKS); 

Mata Kuliah Pilihan Teori-teori Kritis dan Posmodernisme (3 SKS); Semiotika Media (3 SKS); Analisis Wacana Kritis (3 SKS); Etnografi Media (3 SKS); Ekonomi Politik Media (3 SKS); Kebudayaan Visual (3 SKS); Media, Gender, dan Seksualitas (3 SKS); Media dan Politik Representasi (3 SKS); Industri Budaya dan Media (3 SKS); Kajian Kritis Iklan (3 SKS); Cyberculture & Digitalisasi Masyarakat (3 SKS); Gaya Hidup dan Budaya Konsumen (3 SKS).

Referensi

UGM.2019.Program S3. Dalam http://kbm.pasca.ugm.ac.id/academic/program-s3/ diakses 16 Desember 2019 11:14 WIB

UIN-SUKA. 2019. S3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islamdalam http://pps.uin-suka.ac.id/id/2-berita-terkini/622-s3-ilmu-perpustakaan-dan-informasi-islam.html diakses 16 Desember 2019 11:15 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Jurusan S3 (Doktoral) Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia"