Mendesain kemasan Audiobook dengan Coreldraw

Mendesain kemasan Audiobook dengan Coreldraw

Perlu adanya upaya kemas ulang yang menarik yang disukai oleh masyarakat terhadap konten audiobook. Kemasan yang menarik dalam audiobook tidak hanya isi atau dalamnya yang menarik,akan tetapi luarnya pun harus menarik atau sampulnya harus menarik hati masyarakat agar dapat mengkonsumsinnya. 

Dalam pembuatan kemasan atau cover audiobook yang menarik dapat menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti coreldraw. Perangkat lunak coreldraw ini memiliki banyak keunggulan yang dapat mendukung proses pembuatan cover audiobook. 

Adapun keunggulan Corel Draw : 

  • Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
  • Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
  • Corel Draw sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar (Vicky, 2012) 

Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

Membuat cover audiobok

Membuat desain cover audiobok yang menarik, perlu diperhatikan pula konten atau isi dari audiobook tersebut, apakah audiobook tersebut untuk kalangan anak-anak, remaja, dewasa atau lansia. Sehingga dapat terjadinya sinergi antara desain cover, konten dan sasaran pemustakanya. Sebelum membahs tata cara pembuatan desain cover audiobook, perlu diperhatikan ukuran, format gambar. 

Persyaratan upload audiobook ACX 

  • Gambar harus mengandung judul dan nama penulis 
  • Resolusi gambar-gambar ini tidak lebih kecil dari 72 dpi.
  • Gambar dalam format RGB, tidak CMYK.
  • Gambar harus berbentuk persegi. Cover harus benar-benar berbentuk persegi dan tidak bisa berbentuk persegi panjang dengan perbatasan berwarna di samping. 
  • Resulusi gambar setidaknya 24-bit. Gambar tidak bisa merujuk ke CD fisik atau media selain audio disajikan.
  • Kota seperti permata, stiker promosi, dan plastik tidak diperbolehkan.
  • Gambar, tidak lebih kecil dari 2400 X 2400 piksel.
  • Gambar tidak harus ditarik agar sesuai dimensi yang dibutuhkan (Andy, 2014)

Langkah pembuatan

Berikut ini langkah – langkah pembuatan desain cover audiobook menggunakan CorelDraw : 

Membuka Aplikasi

Buka Coreldraw, klik starmenu all program pilih coreldraw.kemudian ubah ukuran kertas ga

lembar kerja coreldraw

Membuat Bidang Cetak

Buat kotak dengan rectangle tool(F6) dengan ukuran 7 x 10 cm, beri warna sesuai keinginan sebagai dasar cover audiobook 

Membuat desain di coreldraw

Membuat Cover Audiobook

Membuat Teks, buat teks judul dan nama penulis audiobook yang telah dibuat sebelumnya.  Pilih text tool (F8) lalu ketikkan judul dan nama penulis.

membuat desain coreldraw

Pembuatan background cover audiobook dapat menggunakan interactive fill tool - pilih fill tool lalu klik vector patern fill 

membuat desain coreldraw

Tambah beberapa gambar pendukung, Lalu simpan gambar dengan cara ekpor ke format .jpeg

Kesimpulan 

Pembuatan desain cover audiobook merupakan proses yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat . Sehingga diharapkan masyarakat memiliki kemauan untuk mendengar audiobook agar lebih menarik. 

Daftar Pustaka

Vicky.2012. “Pengertian dan kegunaan program Corel Draw” Dalam http://www.belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-kegunaan-program-corel-draw/ diaskes pada 14 Maret 2017 pukul 10.00 WIB

Mulberry, Andy. 2014. “Designing an Audiobook Cover for ACX” Dalam http://www.andymulberry.com/homepage/designing-audiobook-cover-acx/ diaskes pada 14 Maret 2017 pukul 07.00 WIB

Catatan

Artikel mendesain kemasan Audiobook dengan Coreldraw merupakan tugas dari mata kuliah Penerbitan grafis dan elektronik, yang dibuat pada tahun 2017.
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.

Post a Comment for "Mendesain kemasan Audiobook dengan Coreldraw"