Domain web.id untuk blogger: Manfaat dan penggunaannya

Pernahkah kamu menemukan situs web dengan ekstensi web.id? Jika ya, maka situs tersebut dapat dikategorikan sebagai situs personal.

Membuat situs web tidaklah terlalu sulit, apalagi dengan segala kemudahan yang ditawarkan. Contohnya platform menulis blog gratis yaitu blogspot (blogger). Pengguna yang memiliki akun gmail dapat dengan mudah membuat blog gratis karena termasuk satu layanan Google. 

Memanfaatkan blogger, pengguna akan mendapatkan alamat domain default yaitu namadomainkamu.blogspot.com. Penggunaan alamat domain default ini dirasa terlalu panjang, sehingga pengguna dapat memanfaatkan top level domain (TLD) untuk mempersingkat.

Oleh karena itu, artikel ini mengeksplorasi manfaat dan cara penggunan domain TLD (contohnya web.id) bagi pengguna blogger.

custom domain web.id

Manfaat domain web.id

1. Profesional 

Meningkatkan kepercayaan pengunjung dan pembaca. Beberapa domain membutuhkan identitas KTP wajib di upload. Contohnya seperti web.id, dan my.id. Domain web.id blog ini dapat dijadikan rujukan dan bacaan karena dikelola secara personal dan memiliki niche sesuai deskripsi.

Bayangkan ketika kamu mengutip ide konten dari pakar bidang tertentu, mereka menggunakan blog gratisan seperti wordpress.com atau blogspot.com. Tentu ini menjadi bahan pertimbangan ketika mencatumkannya dalam jurnal yang kita buat nanti. Biasanya penerbit jurnal menyarankan untuk menghindari sumber dari blogspot tersebut. 

2. Branding

Meningkatkan citra dan reputasi blog. Menggunakan domain web.id, kita wajib bayar sekitar Rp. 65.000,- per tahun. Beberapa domain lain seperti .ID dengan biaya + 200.000 per tahun,  co.id dengan biaya 150.000 per tahun.

Semakin pendek domain TLD, semakin besar biaya yang dikeluarkan. Kelebihan domain ber eksistensi id lebih cepat terutama untuk negara Indonesia. Apabila blog bule (bahasa inggris) dan atau kepentingan komersil gunakan TLD seperti .COM, .ORG, .NET, dll.

Menggunakan domain web.id maka kita bisa menghargai produk dalam negeri, bukti kecintaan kita terhadap produk lokal (Dhimas, 2021).

3. Mudah diingat

Pengunjung lebih mudah mengingat domain pendek daripada menggunakan domain default namadomain.blogspot.com. Tersedia banyak pilihan nama domain TLD yang belum dipakai, khususnya untuk domain web.id. Pengguna dapat memilih sesuai kebutuhan, pastikan mudah diingat. 

Contoh domain web.id yang mudah diingat seperti mahes.web.id, dan telusuri.web.id

4. Seo friendly

Domain .web.id lebih visible dan didahulukan oleh search engine Google. Ketika melakukan pencarian dengan keyword tertentu, hasil pencarian biasanya akan menyajikan beberapa web yang menggunakan domain TLD.  Domain TLD seolah menjadi prioritas di urutan pencarian dan alogaritma Google. 

Akses blog dengan domain web.id lebih cepat karena server berada dalam negeri, dibanding menggunakan domain luar negeri. 

5. Manajemen domain

Meskipun harga domain web.id tergolong murah, dari segi fitur tidak ada perbedaan dengan domain TLD lain. Pengelolan domain .web.id serupa dengan domain TLD lain, tidak ada perbedaan. Custom domain, pengaturan name server, manajemen DNS serupa dengan domain lainya. 

DomaiNesia

Cara custom blogspot ke web.id

Melakukan custom (redirect) blogger ke domain TLD berbayar membutuhkan beberapa tahapan agar berhasil dan penting untuk dilakukan

Contoh redirect ketika kita melakukan proses mengganti atau menyingkat domain seperti namadomain.blogspot.com ke namadomain.web.id atau namadomain.com, dsb

Membeli domain

Langkah awal custom atau redirect domain TLD adalah memilih dan membeli domain. 

Memilih domain yang tersedia, pengguna dapat melakukan pencarian, menentukan ekstensi dan membuat akun di Rumahweb

Lengkapi proses pembayaran dan konfirmasi.Domain yang sudah diregistrasi dapat digunakan untuk kebutuhan redirect.

Redirect domain

Tahapan pengaturan redirect domain web.id di Rumahweb sesuai instruksi di panduan instruksi .

Proses custom domain paling cepat memakan waktu 15-20 menit, apabila mengikut langkah di atas. 

Aktifkan SSL di blogger dan disisi domain rumah web. 

Rekomendasi

Saya menyarankan pengguna blogspot sebisanya dapat melakukan redirect blog dengan domain TLD. Hal ini diperlukan karena mengingat banyaknya kelebihan yang diperoleh. 

Pengguna dapat menyewa domain .web.id dengan harga sekitar Rp. 65.000,- setahun atau bahkan menggunakan my.id seharga Rp. 12.000,- per tahun.

Terdapat beragam penyedia jasa domain di Indonesia. Saya merekomendasikan penyedia yang teregistrasi Pandi. Pandi merupakan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia. Pandi memberikan rekomendasi penyedia yang telah daftar. 

Contoh penyedia domain yang saya gunakan yaitu Rumahweb. Melalui Rumahweb, saya telah berlangganan sekitar 5 tahun untuk blog ini. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.