Biaya hidup mahasiswa #1: Kuliah di Universitas Brawijaya

Melihat biaya hidup mahasiswa di malang

Biaya hidup mahasiswa - Jika kamu akan tinggal Kota Malang untuk menempuh pendidikan, maka artikel ini layak kamu baca karena membahas biaya hidup mahasiswa tips berhemat ketika tinggal di Kota Malang.

Malang merupakan kota pendidikan, banyak perguruan tinggi yang ada disana. Selain memiliki beberapa perguruan tinggi Top di Indonesia, Malang memilik banyak tempat wisata termasuk pantai, Jatimpark, museum angkut dsb. 

Awal perkuliahan di Malang, kamu akan disambut dinginnya Kota Malang, biasanya dengan suhu 16 derajat celcius (Cukup dingin). Salah satu alasan tersebut nampaknya masuk akal bagi calon mahasiswa menetapkan pilihannya berkuliah di Malang. 

Biaya hidup di Malang yang saya jabarkan ketika saya menjadi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Universitas Brawijaya. Sehingga biaya SPP tidak diikutsertakan. 

Adapun biaya hidup di Kota Malang secara umum, sebagai berikut:

Tempat tinggal

Tentukan tempat tinggal mu terlebih dahulu, apakah mau tinggal di kosan, kontrakan bersama teman dan seatap dengan kerabat atau saudara dekatmu. 

Kosan

Apabila memilih kos, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Mamikos, melakukan survei dan memastikan kenyamanan tinggal termasuk kebersihan, kualitas air, jangkauan ke kampus dan tempat makan. 

Semakin banyak fasilitas, dan jarak yang dekat akan semakin mahal. Pastikan apakah kamu memilih kamar mandi dalam atau luar (bersama). Perhatikankosanmu telah terisi, seperti tempat tidur, dan meja belajar karena terkadang ada yang kosongan sehingga harus membeli sendiri. 

Biaya kos di Malang bagi cowok sekitar 350-500ribuan yang paling murah. Biaya kos dibayar setiap setahun sekali, terkadang ada yang tiap bulan sekali, dengan catatan membayar penuh 2 bulan pertama di awal. 

Saran saya ketika memilih kosan yaitu pastikan kamu ramah dan perhatian dengan penjaga kos (Ibu/bapak kos) atau teman kos ya. Salah satu alasannya mereka adalah keluarga dekat kamu dari jauh. 

Kontrakan

Kamu dapat mengajak temanmu sedaerah untuk menyewa kontrakan, tentu ini jauh lebih murah. Lokasinya biasanya sedikit jauh dari kampus, harus memiliki kendaraan. 

Memilih kontrakan biasanya kamu harus mengisi sendiri, termasuk perlengkapan tidur dan kebutuhan lainnya yang diperlukan. Biaya sewanya biasanya pertahun. 

Memilih mengontrak, segala tanggungjawab seperti pembayaran listrik, air dan wifi ditanggung sendiri. 

Ikut saudara

Memilih tinggal disaudara adalah alternatif yang bisa kamu gunakan. Meskipun kadang kita berpikir merepotkan saudara, akan tetapi biasanya justru sebaliknya. Saudara kita justru merasa senang karena dibutuhkan. 

Ikut saudara tentunya menekan biaya tempat tinggal agar kita bisa lebih berhemat. Disisi lain, tempat nya yang tidak bisa kita tentukan terkadang membutuhkan upaya sehingga harus menggunakan kendaraan. 

Ketika saya kuliah di Universitas Brawija saya memilih tinggal di saudara saya selama 4 tahun. Tentunya saya juga ikut bantu-bantu disana, tidak hanya ikut tinggal. Saya menempuh waktu sekitar 30 menit dari Gadang ke kampus menggunakan motor. 

Pondok

Memilih tinggal di Pondok dan asrama, selain hemat biaya juga akan menambah wawasanmu. Kamu akan mengikuti jadwal dirancang meningkatkan kapasitasmu. 

Terdapat banyak Pondok pesantren di Malang, pilih sesuai kebutuhanmu ya. 

Asrama

Biasanya setiap kampus memiliki asrama mahasiswa yang berada ditengah-tengah kampus. Biayanya cukup terjangkau sesuai fasilitas yang disediakan.

Asrama biasanya diperuntukan untuk mahasiswa yang berasal dari pulau, dan diprioritaskan untuk kalangan tertentu. 

Memilih asrama, kamu harus gerak cepat (gercep), karena biasanya cepat penuh. 

Biaya makan

Agar kebutuhan makanmu mencukupi, maka kamu harus berhemat. Rata-rata biaya makan yaitu 7.000-9.000 untuk nasi, lauk tahu/tempe/telur dan sayur. 15.000 kamu bisa makan mewah. 

Terdapat beragam pilihan makanan di Universitas Brawijaya paling populer seperti kantin CL.

Agar lebih hemat, kamu bisa memasak nasi sendiri, membeli Magicom 1,2 liter. Apabila kamu tidak bisa memasak, kamu cukup beli sayur dan lauk pauk disekitar tempatmu tinggal tentu lebih hemat. Pastikan kamu membeli Air Galon yang terstandarisasi, saran saya jangan yang isi ulang ya.

Jangan lupa cukupi kebutuhan gizi kamu, dengan makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Karena tenaga dan pikiranmu akan banyak terkuras. Cukupi kebutuhan makananmu 3 kali sehari ya. 

Terkadang ketika menjadi mahasiswa lupa makan teratur sehingga menimbun beragam penyakit seperti mag, asam lambung, dsb. Sehingga kesehatan kamu perlu dijaga ya, karena mahal harganya. Saran saya juga, kalau memilih tempat makanan yang hiegienes, perhatikan kualitas dan jangan asal murah. Jangan menyesal saat sudah memakannya. 

Transportasi dan akomodasi

Menggunakaan kendaraan motor/sepeda tentu memudahkan kamu dalam mobilitas ke tempat tujuan/kampus. Karena saat kuliah hal apapun bisa terjadi, kamu bisa sewa atau menggunakan kendaraan pribadi.

Kamu juga dapat memanfaatkan angkutan umum (land), ataupun ojek online untuk menuju tempat tujuanmu. Ketika di Malang, kamu akan banyak menemui ragam angkutan umum dan ojek online. Tarif angkutan umum sekitar 4ribu sekali jalan, apabila kamu memakai ojek sekitar 10ribu.

Apabila memiliki teman yang memiliki kendaraan, termasuk berkah yang bisa kamu pinjam ya. 

Akomodasi, kamu dapat manfaatkan kereta api, bus antar kota, dan pesawat di bandara abdurahmman saleh. Sesuaikan dengan kebutuhanmu ya. 

Biaya kesehatan

Mengingat kesehatan mahal harganya, kamu juga wajib menyiapkan beberapa keperluan ini. Saat ini terdapat program BPJS (Kartu Indonesia Sehat). Kamu bisa daftar untuk program kelas tiga, dengan membayar biaya bulanan.

Apabila berobat banyak pilihan, ketika di Puskesmas cukup menjadi peserta kamu tidak akan dikenakan tarif, untuk keluhan dan penyakit ringan. Selain itu, apabila kamu mahasiswa Universitas Brawijaya, kamu juga tidak akan bayar biaya pengobatan di Klinik UB. 

Internet

Menghemat pengeluaran kuota internet, kamu bisa manfaatkan ruang publik yang menyediakan wifi gratis seperti perpustakaan, kampus dimana kamu kuliah, ataupun cafe. 

Di Gazebo perpustakaan UB adalah spot yang paling ramai, karena koneksinya stabil dan cepat. Kamu juga dapat manfaatkan akun SSO untuk akses sumber informasi yang dilanggan perpustakaan. 

Biaya buku

Kamu dapat manfaatkan sumber bacaan di perpustakaan. Kamu dapat pinjam banyak buku sebagai sumber rujukan dan menunjang pembelajaranmu.

Terdapat Toko buku wilis Malang, tempat yang legend yang menyediakan beragam kebutuhan bukumu.

Apabila membutuhkan buku, kamu dapat beli secara luring dan daring, tersedia beragam pilihan. 

Biaya lainnya

Biaya lainnya termasuk wisata untuk menghilangkan penatmu. Banyak tempat wisata yang dapat diakses secara terjangkau termasuk pantai-pantainya.

Kamu juga bisa jalan-jalan di Matos, alun-alun batu, nonton bioskop dan mengunjungi tempat warisan budaya lainnya dengan harga terjangkau. 

Biaya hidup mahasiswa di tempat lain

Biaya hidup mahasiswa #1: Kuliah di Universitas Brawijaya

Biaya hidup mahasiswa #2: Penganyaan Bahasa di Universitas Sebelas Maret

Biaya hidup mahasiswa #3: Kuliah di Universitas Indonesia

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.