Scanner word - Aplikasi konversi gambar (hasil scan) ke teks

Konversi PDF - JPEG ke Word dengan Aplikasi OCR

Pernahkah kamu merasa kesulitan mengubah dan mengonversikan dokumen PDF/JPEG ke teks? Jika ya, maka artikel ini memberikan wawasan tentang bagaimana cara mengubah gambar menjadi teks (word) yang dapat diedit dengan teknologi Optical Character Recognition (OCR). 

OCR merupakan aplikasi pengubah (konversi) gambar ke format teks yang bisa editable di Word. Gambar termasuk hasil scan teks, foto tulisan tangan, foto buku teks, PDF, dan JPEG. Penangkap gambar seperti alat scanner, kamera smartphone dan kamera DSLR yang setidaknya dapat dibaca oleh manusia. Gambar yang tidak jelas akan menghasilkan hasil scanner word yang tidak jelas pula. 

Menggunakan OCR, kamu tidak perlu mengetik ulang dan editing manual. Setiap karakter, kata, kalimat, tabel, dan gambar akan mudah dikenali dibaca oleh aplikasi scanner word (OCR). Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur pengecekan karakter dan typo yang secara otomatis mengenali karakter yang kurang terbaca dengan berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia di aplikasi scanner word. 

Aplikasi scanner word

Contoh aplikasi scanner word (OCR) berbasis desktop yaitu ABBYY FineReader PDF. ABBYY FineReader PDF adalah aplikasi OCR yang difungsikan untuk scanner word, mengubah hasil scan atau gambar ke dalam teks yang mudah diedit. 

Gambar dan PDF dapat di konversi ke word dengan hasil optimal dengan aplikasi scanner word ABBY.

Halaman utama aplikasi scanner word

Fitur scanner word ABBY

Beberapa fitur ABBYY FineReader PDF untuk scanner word yaitu: 

  1. Buat, edit, dan atur PDF
  2. Buat formulir PDF yang dapat diisi
  3. Berkolaborasi dan setujui PDF
  4. Bandingkan dokumen dalam format yang berbeda
  5. Lindungi dan tandatangani PDF
  6. Mendigitalkan dokumen kertas dan memindai dengan OCR
  7. Mengotomatiskan rutinitas digitalisasi dan konversi
  8. Lisensi fleksibel: per kursi, bersamaan, jarak jauh (https://pdf.abbyy.com/)

OCR scanning di ABBY

OCR Scanning merupakan fitur utama dan yang paling banyak dipakai di aplikasi scanner word ABBY. Ia mengubah dan mengonversikan teks fisik ke format digital. Teks fisik dapat berupa ketikan, tulisan tangan, atau bentuk penulisan jelas akan secara mudah dikenali aplikasi scanner word ABBY (https://jagad.id/download/abbyy/). 

Keunggulan scanner word lainnya yaitu mampu membedakan gambar, teks, tabel, header dan footer, bullet and numbering, margin kertas, jenis font, dan warna font. Sehingga hasil scanner word dari gambar akan lebih mudah diedit dan tidak kacau, karena algoritma yang dirancang memang demikian. 

Contoh hasil scanner word

Gambar hasil kamera (scan) dimasukan ke aplikasi scanner word yang secara otomatis dibaca dan di konversi ke teks. Tidak hanya gambar, file PDF yang di konversi scanner word akan menghasilkan teks yang bagus.

Scanner word mengonversikan gambar ke teks (highlight hijau) dan tabel (highlight biru). 

Contoh ilustrasi scanner word

Ilustrasi scanner word di atas, sebelah kiri layar (hasil scan) dan sebelah kanan layar (hasil scan word/teks). 

Kelebihan dan kekurangan scanner word

Kelebihan scanner word

Aplikasi scanner word ABBY mendukung beragam sistem operasi termasuk Windows, MAC, dan Linux.

Ia banyak dipakai lembaga besar, terutama untuk mendukung pemindaian (scan) dokumen fisik ke digital dengan hasil yang akurat. 

Kekurangan scanner word

Aplikasi scanner word ABBY untuk lisensi seumur hidup (One time payment) cukup mahal. Harga aplikasi scanner word ini sebesar $ 199 atau sekitar Rp. 2.840.227. 

Melihat fitur dan fasilitas yang diberikan, dan kegunaan aplikasi ini, saya kira sesuai dan dapat digunakan oleh lembaga utamanya adalah hal alih media dokumen fisik ke digital. 

PDF OCR

PDF OCR serupa dengan Scanner word. Aplikasi PDF OCR mengonversikan dokumen PDF ke teks yang dapat diedit di word. PDF dapat berupa PDF dengan teks yang dapat di copy, PDF berisi hasil scan teks (gambar), PDF dengan low resolution. 

Aplikasi PDF OCR dapat berupa fitur yang disematkan eReader seperti Adobe Acrobat Reader, Nitro Pro, dan ABBYY FineReader PDF. Ketiganya memiliki fasilitas OCR Scanning.

Contoh dokumen PDF yang belum di konversi menggunakan PDF OCR 

Gambar di bawah menunjukan dokumen PDF dengan Low Resolution. Meskipun dokumen PDF editable, namun teks yang di copy paste tidak sempurna. Lihat highlight biru, teks yang dapat di copy hanya separuh teks. Jika memaksa untuk di copy paste hasilnya tidak sempurna. 

dokumen PDF yang belum di konversi menggunakan PDF OCR

Contoh dokumen PDF setelah di konversi dengan PDF OCR

Bandingan dengan hasil konversi dari aplikasi PDF OCR, di bawah ini. Sebelah kiri layar hasil pdf non editable, dan sebelah kanan hasil dari konversi PDF OCR sehingga editable. 

dokumen PDF setelah dikonversi dengan PDF OCR

OCR Online

Aplikasi scanner word dan OCR Online yaitu Google Translate (Google Terjemah). Menginstal Google translate dari Google Playstore/Appstore memungkinkan pengguna memanfaatkan fitur OCR. Fitur OCR Google terjemah memungkinkan mengubah (mengonversikan) foto (tangkapan kamera) ke teks yang dapat diedit

Cara kerja OCR di Google Translate yaitu pengguna memilih kamera dan mengambil gambar teks dari buku atau dokumen, lalu pilih semua. Maka secara otomatis hasil tangkapan kamera berubah menjadi teks. 

Meskipun scanner word di Google translate digunakan untuk keperluan terjemah, ia bisa dimanfaatkan untuk scanner word, mengubah gambar ke teks yang dapat diedit di word. 

Pengguna Scanner word

Penerapan OCR biasanya dipakai oleh kurator dan preservator naskah. Mereka menggunakan OCR untuk memperbaiki kualitas teks, mengubah hasil scan, PDF ke word dengan hasil akurat, berkualitas dan editable.

Pembaca dapat memanfaatkan scanner word untuk tugas notulensi, pengetikan naskah secara otomatis tanpa mengetik dengan memanfaatkan scanner word.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.