Aplikasi cek typo word untuk jurnal ilmiah (Google Dokumen)

Cek typo word

Aplikasi cek typo word - Pernahkah kamu membaca dan mengoreksi jurnal ilmiahmu mengandung banyak kesalahan kata, kalimat, ejaan bahasa, dan typo? atau kamu pernah membaca kesalahan typo situs berita online? 

Jika Ya, maka artikel ini memberikan wawasan dan panduan praktis agar kamu dapat memperbaiki kesalahan kata dan typo secara otomatis. 

Apa itu typo di jurnal ilmiah?

Typo adalah kesalahan ketik atau tipografi (typo) dilakukan saat menulis atau mengetik. 

Kesalahan typo disebabkan karena kegagalan mekanis, ketidaktahuan penulis dalam menggunakan ejaan dan kata baku. 

Umumnya typo ini karena hal tidak disengaja. Typo dalam penulisan ilmiah sering terjadi, dan merupakan bahan bagi reviewer untuk mengomentari tulisan kita. Agar mengurangi pekerjaan reviewer maka kita dapat memanfaatkan aplikasi cek typo di word (Lihat pembahasan cara mengecek typo di word)

Contoh typo secara umum

Contoh typo seperti dibawah > di bawah, mengkonversi > mengonversikan, alogaritma > algoritma, dalah > adalah, dsb.

Ada beberapa typo yang mengubah arti kalimat seperti ketika > ketiak. Typo beda arti ini tidak akan dideteksi oleh aplikasi typo, sehingga tetap harus dilakukan pengecekan satu-satu (Bahasa Manusia).

Aplikasi mengecek typo word

Terdapat banyak aplikasi pengecekan typo atau kesalahan ejaan secara otomatis dan tersedia secara default dan praktis untuk word. 

Cek typo word di Microsoft Office Word

Secara default, Microsoft Office Word memiliki add ons atau tool spelling checker. Spelling checker di word memungkinkan pengguna untuk mengecek kesalahan kata di word, utamanya untuk kegunaan Bahasa Inggris. 

Mengecek typo bahasa Indonesia di word dimungkinkan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan kamus (daftar teks/kata) bahasa indonesia di word. Akan tetapi, ketika saya coba mempraktikannya, hal ini belum berhasil. 

Cari dengan kata kunci: "cara cek typo di word"

Cek typo word di Google Dokumen

Secara praktis, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Google Dokumen. Google Dokumen serupa dengan Office Word, aplikasi pengolahan kata dan penulisan. Google dokumen berbasis web, sehingga tidak perlu instal aplikasi. 

Memanfaatkan Google Dokumen, pengguna dapat memeriksa ejaan kata (typo) Bahasa Indonesia di seluruh kata .

Cek typo word di Grammarly

Sejauh ini, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Grammarly. Grammarly berfungsi tidak hanya mengcek kesalahan kata dalam bahasa inggris, tetapi juga struktur kalimat, paragraf, tanda baca, menyarankan kata yang lazim dipakai, serta beberapa opsi advanced. 

Grammarly biasanya dipakai Reviewer jurnal untuk mengecek kesalahan kata (typo). Menggunakan Grammarly, pengguna harus berlangganan (berbayar). 

Cara mengecek typo word di Google Dokumen

Cara cek typo di word dan kesalahan kata dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan Google Dokumen. 

Adapun cek typo di Google Dokumen sebagai berikut:

  • Buka https://docs.google.com/
  • Drag & drop dokumen ke lembar kerja Google Dokumen
  • Pilih Alat pada tab menu > Ejaan dan tata bahasa> klik pemeriksaan dan tata bahasa. 

cek typo word di Google Dokumen

  • Akan muncul dialog box "Ejaan dan tata bahasa", pilih terima agar kata typo secara otomatis berubah sesuai saran Googl Dokumen. Klik < > untuk mengabaikan atau tidak merubah typo. 

cara cek typo word di Google Dokumen

Cek typo word online

Selain menggunakan Google Dokumen, kamu dapat cek typo otomatis melalui situs typograp, memanfaatkan KBBI Kemdikbud untuk kata baku.

Typograp

Typograp adalah aplikasi berbasis web untuk mengecek EYD secara otomatis. Tidak hanya kata sesuai EYD, namun juga kalimat yang belum sesuai dengan PUBEI, SPOK dan kamus besar bahasa indonesia (KBBI). 

Penggunaan typograp sebagai berikut:

  • Akses checker typo online melalui Chek online typograp
  • Masukan artikel/teks (maksimal 500 kata) di kotak input
  • Klik proses
Chek online typograp

  • Hasil pengecekan (lihat gambar di bawah). Teks berwarna merah menunjukkan typo
hasil Chek online typograp

KBBI daring

KBBI dapat digunakan sebagai tools apakah kata yang kita gunakan baku atau sesuai pedoman EYD (PUEBI). Selain itu, kita juga dapat menggunakan KBBI untuk mengetahui makna kata dan konteksnya.

Penggunaan KBBI sebagai berikut:

  • Akses KBBI dapat melalui tautan KBBI Daring Kemdikbud.
  • Masukan kata yang ingin dicek baku/tidak baku
  • Hasil kata akan langsung keluar. 
KBBI daring untuk mengecek ejaan bahasa indonesia

Kekurangan cek typo word

Salah satu kekurangan cek typo word otomatis yaitu hanya memeriksa ejaan kata yang typo, dan tidak melihat konteks kalimat atau paragraf. Sehingga bisa saja, kata Ketiak tetap betul ketika, karena tidak mengandung typo, namun konteks yang benar adalah Ketika. 

Cek typo di word dirancang dengan algoritma mesin, sehingga sedikit berbeda dengan manusia. Konteks keseluruhan kata, kalimat dan paragraf apabila dicek secara alami (manusia) hasilnya tentu jauh lebih baik, menggunakan KABI (EYD) yang tepat. 

Jasa cek typo word

Apabila pembaca tidak memiliki banyak waktu lebih atau kesulitan menangani typo, agar baku, struktur kalimat, enak dibaca, dan sesuai kebutuhan maka pembaca dapat menggunakan "jasa edit redaksional" di Mediapustaka.ID. 

Mediapustaka.ID merupakan penyedia jasa layout dan editing profesional yang telah melayani 300 lebih pelanggan diseluruh Indonesia. 

Selengkapnya terkait jasa edit redaksional, silakan kunjungi jasa edit redaksional oleh Mediapustaka.ID 

  • Instagram: instagram.com/media.pustaka/ 
  • Website: mediapustaka.id/

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.