Biaya hidup mahasiswa #3: Kuliah di Universitas Indonesia

Melihat biaya hidup mahasiswa di Depok

Biaya hidup mahasiswa - Ketika kamu akan menjalankan studi di Universitas Indonesia (UI), maka biaya hidup harus menjadi salah satu prioritas. Biaya hidup termasuk tempat tinggal, makan, transportasi dan akses bahan pembelajaran harus diatur sedemikian rupa. 

Artikel ini mencoba memberikan sedikit ulasan terkait kebutuhan yang mungkin nanti akan kamu perlukan. Ulasan masih terbatas berdasarkan pengamatan saya. Biaya pendidikan tidak masuk pembahasan karena setiap itemnya jelas atau ditanggung oleh peneyedia beasiswa. 

Biaya hidup bisa saja berbeda dengan situasi dan kondisi sekarang, karena pengamatan ini sejatinya dilakukan pada Bulan September 2019. Lokasinya berada di daerah Kukusan Teknik, Beji, Depok yang tidak jauh dari fakultas teknik, dan fakultas ilmu pengetahuan budaya UI. 

Biaya hidup wajib kamu perhatikan selama studi tinggal di Depok atau Jakarta, sebagai berikut: 

Tempat tinggal

Terdapat kos, asrama, dan pondok pesantren yang dapat kamu pilih sebagai alternatif kamu tempati. Biaya kos bervariasi sesuai fasilitas yang ditawarkan. 

Biaya kos perbulan seharga 450ribu hingga 1juta, bahkan ada yang lebih. Asrama UI menyediakan juga tempat tinggal, utamanya bagi mahasiswa S1 dan luar jawa. Akan tetapi, mahasiswa S2 juga boleh ikut asrama. Biaya asrama sekitar 350ribuan dengan fasilitas standar. 

Memilih kos harus memerhatikan kualitas air bersih, kebersihan lingkungan, jarak kos ke kampus dan tempat makan, serta tempat ibadah. Keamanan di kos juga wajib diperhatikan. 

Kamu juga bisa memilih fasilitas seperti apakah butuh kamar mandi dalam atau terpisah, lantai 1 (kadang ada sampai lantai 3), dan Wifi (kadang tidak ada).

Makan

Pilihan makanan yang biasanya ada di pagi hari yaitu nasi uduk dan nasi kuning. Kamu bisa temua di sekitar kos. Harganya 9ribuan dengan telur, dan gratis teh tawar. Kamu juga bisa beli makan di warung, standar 12ribuan bisa beli beragam pilihan. Nasi goreng, nasi padang, bakso, gado-gado harganya rata 12ribu. 

Kamu juga bisa masak nasi sendiri dan lauk, sehingga kamu bisa lebih berhemat dengan beli sayuran. Apabila masak sendiri, kamu bisa beli sayur dan lauk mentah di warung, dengan biaya lebih terjangkau. 

Terdapat juga warung yang buka 24 jam, siap menemanimu apabila kamu berpuasa sunnah. Selain itu juga, apabila kamu ingin makan sesuatu. Kamu juga manfaatkan ojek online untuk memesan makanan.

Kantin kampus (kantin sastra) kamu juga bisa makan disana. Kantin ini selalu ramai dan tersedia banyak pilihan menu makanan dan minuman. Kamu juga bisa pesan Soto Daging, dipisah kuahnya ya. Kalau di Kediri, Malang dan Solo, Sotonya jadi satu dengan nasi. 

Akses dan Transportasi

Akses ke kampus dapat ditempuh dengan jalan kaki, selain itu di kampus juga menyediakan Bis Kuning (Bikun) yang beroperasi sesuai jam kerja. Selain Bikun, kamu juga bisa pakai ojek pangkalan yang ada di dalam kampus ataupun ojek online. Ojek pangkalan, apabila di area kampus dikenakan tarif mulai dari 10ribu.

Apabila di hari minggu, biasanya Bikun tidak beroperasi, jadi apabila ke perpustakaan pusat kamu bisa jalan-jalan. Ada juga sepeda atau scoteer yang bisa kamu sewa dengan menggunakan kartu mahasiswa dan aplikasi. 

Kesehatan

Terdapat banyak fasilitas kesehatan yang bisa kamu pilih, terdekat ada klinik makara. Apabila sakit, kamu bisa kesini (gratis) hanya cukup mendaftar dan integrasi kartu KIS jika ada. 

Klinik buka pagi hingga sore, jadi sewaktu-waktu kondisinya kurang enak badan bisa langsung periksa. 

Wisata

Membutuhkan hiburan atau berkunjung ke tempat wisata menarik, kamu bisa pergi ke Jakarta. Ada banyak tempat warisan budaya dan tempat wisata lainnya. Kalau ke Jakarta, minimal kamu harus siapkan uang 50ribu. Kamu bisa naik krl dengan biaya 6ribu. Selama disana kamu bisa memakai ojek online. 

Tempat yang wajib kamu kunjungi seperti Monas, GOR Bung Karno, Perpusnas, Museum Nasional, TMII, dan banyak lagi. 

Kerja Partime di UI

Selain biaya hidup yang perlu dipertimbangkan, kamu juga bisa ikut kerja part time untuk menambah wawasan, ketrampilan, jaringan dan penghasilanmu.

Kamu berkesempatan untuk mengikuti program wiradha UI, ketika menjadi mahasiswa. Wiradha membuka program kerja part time sekitar 4 jam/hari. Wiradha dibuka pada tiap tingkat fakultas dan Universitas.

Contoh instansi UI yang membuka Wiradha seperti Perpustakaan UI. Perpustakaan UI biasanya membuka program Wiradha bagi mahasiswa semua jurusan mulai dari semester 1-6 dan diutaman semester 7,8 (jurusan ilmu perpustakaan). 

Adapun penempatan wiradha di Perpustakaan UI seperti:

  • Deseleksi Koleksi UI-ANA
  • Pengolah Jurnal Majalah
  • Pengelola Data Migrasi RDA
  • Pengolah Konten K-ATM
  • Pengunggah Hasil Digitalisasi
  • Pengolah Konten UDP
  • Inventarisasi Bahan Pustaka
  • Penata Arsip Perpustakaan (Data diambil dari Instagram ui_library, 2018)

Selain di perpustakaan UI, ada juga di fakultas lain seperti fakultas ilmu administrasi. 

Biaya hidup mahasiswa di tempat lain

Biaya hidup mahasiswa #1: Kuliah di Universitas Brawijaya

Biaya hidup mahasiswa #2: Penganyaan Bahasa di Universitas Sebelas Maret

Biaya hidup mahasiswa #3: Kuliah di Universitas Indonesia

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.