Apa kelebihan template LinkMagz ?

Linkmagz merupakan template blogger buatan indonesia karya Mas Sugeng. Mas Sugeng merupakan salah satu blogger yang menjual 5 template blog dan sudah memiliki ribuan customer. Beberapa template karya mas sugeng seperti LinkMagz, EvoMagz, VioToko, VioMagz, dan yang terbaru KuToko. Diantara template tersebut, linkmagz merupakan salah satu template populer yang banyak digunakan oleh blogger pemula.

Lalu apa kelebihan template LinkMagz, simak ulasan lengkapnya sebagai berikut:  

  1. Alasan memilih Linkmagz
  2. Izin pemakaian Linkmagz
  3. Dukungan teknis Linkmagz
  4. Fitur template Linkmagz
  5. Penilaian template Linkmagz
  6. Kesimpulan dan rekomendasi
template blogger linkmagz

1. Alasan memilih template blog Linkmagz

Bagi saya, memilih template blog harus sesuai kebutuhan. Apakah blog digunakan untuk keperluan menulis, berjualan, atau menulis dan berjualan. Linkmagz mendukung kebutuhan menulis dan dapat digunakan untuk menjual produk dan jasa. Hal ini serupa dengan template wordpress dengan CMS e-commerse (toko). 

Linkmagz menawarkan TOC (daftar isi) yang dapat ditambahkan pada tiap artikel. Daftar isi ini memudahkan pembaca mengetahui garis besar pembahasan artikel. 

Hal yang paling berguna pada linkmagz yaitu tataletak template yang rapih, disertai keterangan dan margin yang pas sesuai bawaan Blogger (lihat di bawah). Hal ini menambah nilai plus karena kebanyakan struktur tata letak template blog kurang diperhatikan. 

tataletak linkmagz

Selain itu, kamu dapat dengan mudah mengubah dimensi, baground dan warna secara langsung (Live). Kamu bisa mengganti variasi theme dengan beragam pilihan sesuai kebutuhan (lihat gambar di bawah):

fitur sesuaikan di linkmagz

2. Izin pemakaian (lisensi template)

Lisensi template linkmagz yaitu lisensi berbayar (premium), kamu dapat menggunakan template dengan membeli secara resmi. Pemakaian template linkmagz untuk penggunaan personal dan tidak dapat diperjualbelikan lagi. Kamu tidak boleh menghapus kontributor (identitas template) seperti nama pembuat, nama tema, dan versi template.

Kamu bisa membeli template ini seharga Rp. 216.750,- dengan memasukan kode SPESIAL15. Harga asli template Linkmagz yaitu Rp. 255.000.

3. Dukungan teknis dan update 

Dukungan teknis sangat penting dalam pembelian dan penggunaan template blog. Karena tidak semua dari pembaca paham bagaimana menginstal dan mengatur template saat awal penggunaan. 

Template linkmagz menyediakan panduan khusus, mulai dari instalasi, setting awal, cara posting artikel/produk, menambahkan navigasi menu, widget, TOC, dll. (Lihat panduan linkmagz dibawah).

Selain memiliki panduan teknis, kamu akan menerima dukungan prioritas langsung dari mas sugeng melalui email. Kamu dapat bertanya, terkait kendala dan solusi template selama 6 bulan. Kamu juga akan diikutkan dalam member telegram mas sugeng untuk mendapatkan update dan informasi terbaru seputar template mas sugeng. 

Update template linkmagz disediakan pada laman member area di web mas sugeng. Kamu hanya perlu login dan download template yang telah kamu beli. Pada packaging template, kamu akan menerima riwayat pembaruan template, lihat di bawah:

Linkmagz v.3.1.0 (10 Oktober 2021)

- Perbaikan thumbnail related post blur
- Perbaikan tombol hapus komentar muncul selain admin
- Perbaikan tampilan widget sticky
- Pembaruan gambar thumbnail related post menggunakan format webp
- Penambahan tombol share telegram

Linkmagz v.3.2.0 (28 Januari 2022)

- Perbaikan Missing URL Author Artikel pada Schema Markup
- Perbaikan fitur TOC

4. Fitur template

Template linkmagz memiliki banyak fitur yang dapat kamu manfaatkan, sebagai berikut: 

  1. Auto readmore: berguna untuk memotong teks paragraf otomatis ketika tampil di laman homepage.
  2. Pop-up Search Form: berguna menampilkan popup pencarian ketika menelusur di blog.
  3. Navigasi halaman (loadmore): berguna menampilkan postingan selanjutnya (tanpa refresh blog)
  4. Table of content: berguna menampilkan daftar isi berdasarkan heading artikel (heading 1 2 3)
  5. Mode gelap/terang: berguna menampilkan modus standar, dan tampilan gelap pada template saat membaca
  6. Layout versi 3 (bisa show/hide widget melalui tata letak): berguna menyembunyikan widget otomatis di tataletak
  7. Tombol order via WhatsApp: ditampilkan pada postingan produk dan jasa.
  8. Related Posts di bawah artikel: berguna menampilkan postingan relevan dengan blog kita
  9. Breadcrumbs: menampilkan navigasi label (kategori) dan judul blog di artikel
  10. Tombol Share media sosial: mempermudah memperluas dan menyebarkan artikel melalui WA, pinterest, Twitter, telegram, dan facebook.
  11. Widget iklan otomatis di tengah artikel: membantu menempatkan iklan sesuai kebutuhan kita (manual iklan). Terletak di beranda, feed, artikel atas, tengah, bawah, sidebar, dan relate pos
  12. Menu Navigasi Sticky: berguna mempertahankan menu saat kita scrool  atas bawah
  13. Tombol Back to Top: berguna untuk scrool otomatis ke atas
  14. Sidebar sticky: berguna mempertahankan tampilan widget saat kita scroll atas bawah
  15. Related posts di tengah artikel: berguna menampilkan baca juga di tengah postingan artikel
  16. Icon Menggunakan Font Awesome:untuk keperluan icon

5. Penilaian template linkmagz

Penilaian template linkmagz dalam pembahasan ini akan dinilai berdasarkan 4 indikator yaitu: 1) Lighouse (performance, aksebilitas, best practice, SEO); 2) Mobile friendly; 3) Pagespeed insight; dan 4) Skema markup. Sebagai contoh, saya akan menilai blog saya yang menggunakan template linkmagz yaitu mediapustaka.id. 

Berikut hasil penilaian template linkmagz di mediapustaka.id:

Indikator Lighthouse

Penilaian template linkmagz berdasarkan Lighthouse diperolah hasil sebagai berikut: 

Indikator Lighthouse

Hasil di atas tentu akan berbeda dengan situs lainnya yang menggunakan template linkmagz. Karena saat pengujian dilakukan website mediapustaka.id sedang dalam proses penijauan adsense. Script adsense menyebabkan penurunan score performance di atas. 

Indikator Mobile friendly

Penilaian berdasarkan aspek mobile friendly dihasilkan sebagai berikut: 

Indikator mobile friendly

Uji mobile friendly di atas menentukan seberapa mudah pengunjung dapat menggunakan halaman web mediapustaka.id ketika diakses di perangkat seluler (mobile).

Indikator pagespeed

Penilaian berdasarkan aspek performance (pagespeed insight), menghasilkan data berikut:

Indiakator pagespeed

Hasil uji desktop didapat performance dengan nilai 95, sedangkan untuk mobile mendapatkan skor 58. Hasil ini menujukan seberapa baik situs dan template ketika diakses dalam laman desktop/seluler. Semakin tinggi nilai performance, semakin baik.

Indikator Skema markup

Penilaian berdasarkan aspek cek struktur data , sebagai berikut:

Indiakator skema markup

Hasil uji struktur data tidak mengalami kesalahan, memiliki atribut terstruktur. 

6. Kesimpulan dan rekomendasi

Memilih template linkmagz untuk blogger pemula adalah pilihan yang tepat, karena dari segi kebutuhan, lisensi, dukungan teknis, dan fitur template blog sudah mumpuni. Selain itu, template ini juga banyak dipakai oleh para blogger yang fokus pada adsense. 

Hasil penilaian 4 indikator, menunjukan masalah performance yang perlu di atasi oleh para blogger. Utamnya ketika menyandingkan template linkmagz dengan script adsense. Solusi script yang mengurangi nilai performance dapat di atasi menggunakan script lazyload. 

Bagi para blogger pemula yang tidak ingin ribet memilih template, dan memodifikasi secara berlibahan tentu disarankan menggunakan template Linkmagz. Beli sekarang, klik gambar di bawah ini:

Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

2 comments for "Apa kelebihan template LinkMagz ?"

  1. Kita kebalik mas, dulu saya pake EvoMagz dan sekarang malah LinkMagz. Alasan tidak menggunakan EvoMagz sih karena ada beberapa widget yang belum fix, seandainya sudah fix 100% mungkin akan saya gunakan kembali. Terimakasih atas reviewnya, sukses selalu mas Gani :)

    ReplyDelete
  2. Linkmagz dari segi tampilan memang keren, ditambah ada versi mode dark nya yang mana kita bisa beralih ke tampilan gelap.

    ReplyDelete

Jika ada pertanyaan, saran, dan kritik membangun, silahkan tulis pada kolom komentar.
Jangan lupa kenalkan diri dulu, minimal nama dan asal daerah.

Salam Literasi