Apa kelebihan template EvoMagz?

"Belum genap satu tahun rasanya saya menggunakan Template Evomagz karya Sugeng.id. Memilih template ini bukan suatu kewajiban, namun karena keingintahuan."

Memiliki banyak konten yang telah dioptimasi akan mendapatkan banyak traffic. Pemilihan template blog yang tepat dan fast loading akan membuat user blog betah berlama-lama membaca konten. Dua kata kunci ini seringkali terlupakan oleh blogger pemula yang telah terjun dunia blog. 

Dahulu saya berpikiran untuk menggunakan template yang menarik, sering gonta-ganti, banyak memasang Javascript, dan menggunakan ukuran gambar besar. Kebiasan ini ternyata berdampak buruk kinerja blog dan membuatnya menjadi lamban. Selain itu, banyaknya menu navigasi dan kategori justru kurang baik di mata Google.

Contoh beberapa blogger pengalaman seperti Mas Timon dan Blog Orang IT. Mereka menggunakan template yang simple dan fast loading karya sugeng.id. Mastimon.om telah lama menggunakan Template Viomagz, selain fast loading, minimalis dan cocok untuk kebutuhan google adsense. Serupa hal tersebut, Blog Orang IT juga telah lama menggunakan Template Linkmagz yang lagi lagi merupakan karya mas sugeng. 

Jauh sebelum template Viomagz dan Linkmagz dikembangkan, Evomagz telah lebih dahulu mengudara. Evomagz nampaknya menjadi cikal bakal inspirasi Mas Sugeng dalam mengembangkan template yang masih dikembangkan hingga saat ini. Evomagz memiliki kekhasannya sendiri, seperti tampilan minimalis, fast loading dan memiliki kesan dan desain klasik di era 2014 yang masih dipertahankan. 

Jika kita kulik lebih jauh, Evomagz belum memiliki menu navigasi sticky & widget sticky seperti apa yang dimiliki penerusnya. Ini juga menjadi kelebihan, selain menghemat resources juga menjadi ciri khas yang berbeda dibanding template-template blogger sekarang ini. 

Evomagz lebih cocok untuk blogger informasi karena memiliki homepage nya dapat diatur sesuai kategori, memiliki tiga footer di bawah, dan sebuah sidebar samping. Tidak terbatas pada blogger informasi, blogger personal seperti saya dapat memanfaatkannya. Lihat tautan demo dan pembelian Template Evomagz di bawah: 


Lalu apa kelebihan template evomagz dan mengapa saya memilihnya? seperti artikel yang telah ulas sebelumnya, teknik pemilihan template bagi blogger pemula dan review template linkmagz: apa kelebihannya. Maka artikel ini setidaknya memiliki struktur yang sama, sebagai berikut:

  1. Alasan memilih Evomagz 
  2. Izin pemakaian Evomagz 
  3. Dukungan teknis Evomagz 
  4. Fitur template Evomagz 
  5. Penilaian template Evomagz 
  6. Kesimpulan dan rekomendasi
Template blogger EvoMagz

Kenapa saya memilih template Evomagz dalam menulis artikel blog?

1. Alasan memilih template blog Evomagz 

Memakai template blog harus sesuai kebutuhan, kemampuan dan budget. Apakah blog digunakan untuk keperluan menulis, berjualan, atau menulis dan berjualan. Evomagz mendukung kebutuhan menulis, dan berita informasi. Blog berita informasi karena memiliki fitur serupa dengan blog berita, pemisahan kategori, dua menu navigasi atas, dan 3 footer. 

Evomagz menawarkan 6 kategori yang dapat dipisahkan di homepage. Kategori ini memudahkan pembaca melihat informasi yang diperlukan. 

Hal yang paling bermanfaat pada Evomagz, seperti beberapa pendahulunya yaitu tataletak template yang rapih, disertai keterangan dan margin yang pas sesuai bawaan Blogger (lihat di bawah). 

Struktur rapi di template evomagz

2. Izin pemakaian (Lisensi)

Evomagz menggunakan lisensi premium yang bisa kamu dapatkan setelah membeli produk "Resmi". Pemakaian template Evomagz untuk penggunaan personal blogger. Kamu dapat menghargai credit template dengan tidak menghapus identitas template seperti nama pembuat, nama tema, dan versi template. Selain menghargai, ini juga merupakan syarat kamu mendapatkan dukungan support dari mas sugeng.

Kamu bisa memiliki template evomagz dengan mengeluarkan budget Rp. 220.000,-. Gunakan kode referal "SPESIAL15" untuk mendapatkan potongan diskon 15%, sehingga pembelian menjadi  Rp. 187.000.

3. Dukungan teknis dan update 

Dukungan teknis sangat penting konfigurasi dan keberlanjutan template blogger. Tidak semua pemula blog paham mengenai instalasi, proses setup dan optimasi template blog. 

Template EvoMagz menyediakan panduan khusus template: instalasi, setting awal, cara posting di homepage berdasarkan kategori, menambahkan navigasi menu, widget, dll. (Lihat panduan di bawah).

Selain panduan, kamu dapat dukungan prioritas melalui email selam 6 bulan pertama. Kamu dapat bertanya, keluh kesah mengenai kendala pemasangan template. Kamu secara otomatis akan masuk pada komunitas telegram mas sugeng untuk mendapatkan update dan informasi terbaru seputar template. 

Update template EvoMagz disediakan pada laman member area di web mas sugeng. Kamu hanya perlu login dan download template yang telah kamu beli. Pada packaging template, kamu akan menerima riwayat pembaruan template, lihat di bawah:

EvoMagz v.6.2.0 pembaruan tanggal 09 Oktober 2021

  • Perbaikan thumbnail related post blur
  • Perbaikan recent posts per label error jika https tidak diaktifkan
  • Perbaikan tombol back to top konflik dengan font awesome
  • Perbaikan Iklan infeed keluar batas postingan
  • Perbaikan widget profil error jika admin lebih dari satu
  • Perbaikan space kosong di bawah postingan
  • Perbaikan tombol hapus komentar muncul selain admin
  • Pembaruan gambar thumbnail related post menggunakan format webp
  • Penambahan tombol share telegram
  • dan beberapa perbaikan-perbaikan lainnya

EvoMagz v.6.3.0 pembaruan tanggal 28 Januari 2022

  • Perbaikan missing URL author artikel pada schema markup
  • dan beberapa perbaikan minor lainnya

4. Fitur template

Adapun fitur-fitur unggulan Template EvoMagz sebagai berikut: 

  1. Auto readmore: memotong teks paragraf otomatis ketika tampil di laman homepage.
  2. Search form: mencari konten di blog.
  3. Navigasi halaman (numeric): berguna menampilkan postingan laman selanjutnya 
  4. Layout versi 3 (bisa show/hide widget melalui tata letak): berguna menyembunyikan widget otomatis di tataletak
  5. Related Posts di bawah artikel: menampilkan postingan terkait sesuai kategori yang telah kita buat
  6. Breadcrumbs: menampilkan navigasi label (kategori) dan judul blog di artikel
  7. Tombol Share media sosial: mempermudah membagikan postingan melalui WA, pinterest, Twitter, Telegram, dan Facebook.
  8. Widget iklan otomatis: Terletak beranda, feed, artikel atas, tengah, bawah, sidebar, dan related post yang dapat diaktifkan secara manual/otomatis
  9. Back to Top: berguna untuk scrool otomatis langsung ke atas
  10. Sidebar : berguna menampilkan widget
  11. Baca juga di tengah artikel
  12. Menggunakan Font Awesome untuk menampilkan icon ringan dan lebih cepat

5. Penilaian template Evomagz

Penilaian template EvoMagz dalam pembahasan ini akan dinilai berdasarkan 4 aspek template SEO yaitu: 1) Lighouse (performance, aksebilitas, best practice, SEO); 2) Mobile friendly; 3) Pagespeed insight; dan 4) Skema markup. 

Sebagai contoh, saya akan menilai blog saya yang menggunakan template Evomagz yaitu Ganipramudyo.web.id  Berikut hasil lengkap assesmen template EvoMagz yang berjalan pada blog personal Ganipramudyo.web.id:

Aspek Lighthouse

Penilaian template EvoMagz berdasarkan Lighthouse diperolah hasil sebagai berikut: 

Hasil uji lighthouse google di ganipramudyo.web.id

Hasil di atas tentu akan berbeda dengan situs lainnya yang menggunakan template EvoMagz. Karena saat pengujian dilakukan blog ini yang telah menggunakan script adsense. Script adsense menyebabkan penurunan score performance di atas. 

Aspek Mobile friendly

Penilaian berdasarkan aspek mobile friendly dihasilkan sebagai berikut: 

hasil uji mobile friendly ganipramudyo.web.id

Uji mobile friendly di atas menentukan seberapa mudah pengunjung dapat menggunakan blog ini ketika diakses di perangkat seluler (mobile).

Aspek pagespeed

Penilaian berdasarkan aspek performance (pagespeed insight), menghasilkan data berikut:

Hasil uji lighthouse google di ganipramudyo.web.id

Hasil uji desktop didapat performance dengan nilai 98, sedangkan untuk mobile mendapatkan skor 54. Hasil ini menujukan seberapa baik situs dan template ketika diakses dalam laman desktop/seluler. Semakin tinggi nilai performance, semakin baik.

Indikator Skema markup

Penilaian berdasarkan aspek cek struktur data, sebagai berikut:

hasil uji struktur ganipramudyo.web.id

Hasil uji struktur data tidak mengalami kesalahan, memiliki atribut terstruktur. 7 item valid terdeteksi di laman homepage yang berisi 7 postingan artikel. 

6. Kesimpulan dan rekomendasi

Memilih template EvoMagz untuk blogger pemula adalah pilihan yang tepat, karena dari segi kebutuhan, lisensi, dukungan teknis, dan fitur template blog sudah mumpuni. Selain itu, template ini juga banyak dipakai oleh para blogger yang fokus pada adsense. 

Hasil penilaian 4 aspek, menunjukan masalah performance yang perlu di atasi oleh para blogger. Utamnya ketika menyandingkan template EvoMagz dengan script Google Adsense. Solusi script yang mengurangi nilai performance dapat di atasi menggunakan Script lazyload

Bagi para blogger pemula yang tidak ingin ribet memilih template, dan memodifikasi secara berlibahan tentu disarankan menggunakan template EvoMagz. Beli sekarang, klik gambar di bawah ini:

Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Post a Comment for "Apa kelebihan template EvoMagz?"