Kompetensi Literasi Media

Kompetensi Literasi Media

Bab Buku: Kompetensi Literasi Media

Literasi secara sederhana diartikan sebagai kemampuan untuk membaca dan menulis. “The possess ‘literacy’ in traditional terms means being able to read and write..”. Literasi media (digital) berarti kemampuan membaca dan menulis teks digital, contohnya mampu 'membaca' situs web dengan menavigasi melalui hyperlink dan 'menulis' dengan mengunggah foto digital ke situs jejaring sosial (Hague & Williamson, 2009). 

Terdapat berbagai terminologi untuk konsep terkait literasi media: contohnya literasi media (media literacy), kompetensi media (media competence), literasi informasi (information literacy), literasi TIK (ICT literacy), literasi digital (digital literacy) atau kompetensi digital (digital competence). Banyak dari istilah-istilah ini telah tumbuh dalam diskusi sosiopolitik, pedagogis media budaya dan pendidikan media dan terkait dengan pemahaman yang berbeda dan konsep yang berbeda (Schmidt-Hertha & Rott, 2014 dalam Park, 2017). 

Kompetensi literasi media sub bab buku ini merujuk terminologi apa yang (Ciurel, 2016; Bachmair & Bazalgette, 2007) gunakan, “seven key competences for media literacy” atau tujuh kompetensi kunci untuk literasi media. Keduanya mengutip pula apa yang telah disepakati secara internasional terkait definisi literasi media dalam “European Charter of Media Literacy, 2006”. Lihat pula terbitan serupa “Commission of The European Communities, 2007”.

Deskripsi Buku

  • Judul Buku: Literasi Media, 
  • Penulis: Asari et al.
  • Penerbit : Literasi Nusantara Abadi, 
  • Tahun Terbit: 2023

Selengkapnya: Preview Buku

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Kompetensi Literasi Media"