Pathfinder dengan topik "Preservasi dan Konservasi Informasi"

Terkadang pustakawan kesulitan menjawab pertanyaan dari pengguna terkait topik/subjek tertentu dalam pencarian informasi. Apabila menjawabnya membutuhkan waktu, tenaga dan bahkan ada beberapa yang mengulang jawaban.

Mengatasi persoalan tersebut, pathfinder dengan subjek/topik khusus dirancang oleh pustakawan. Dikutip dari Harbeson (1972) pathfinder merupakan alat atau petunjuk yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat strategi penelusuran informasi. Pathfinder dirancang untuk membantu pengguna perpustakaan pada tahap awal pencarian literatur untuk menemukan koleksi pada subjek yang sangat spesifik.

Ia menyebut pathfinder tidak berfungsi sebagai panduan lengkap dari literatur atau bibliografi. Sebaliknya, Pathfinder disusun untuk menghemat waktu pengguna karena koleksi telah dihimpun secara sistematis berdasarkan subjek.Dapat disimpulkan bahwa pathfinder selain memberikan kemudahan bagi pengguna, juga memudahkan pustakawan dalam menyampaikan informasi secara komprehensif.

Merancang pathfinder

Topik Pathfinder dipilih karena relevansinya dengan kurikulum dan/atau minat penelitian saat ini. Topik dipilih dari deskripsi subjek yang ditemukan di katalog universitas, dari judul tesis, dan dari judul paper. Keberhasilan dalam menggunakan Pathfinder sebagai perangkat pembelajaran sangat bergantung pada pemilihan topik yang akan dicari.

Pathfinder yang saya rancang terkait topik preservasi dan konservasi informasi untuk kebutuhan pustakawan atau pengguna. Konten pathfinder memuat informasi sebagai berikut:
  1. Ensklopedia tentang Preservasi dan Konservasi Informasi
  2. Kamus tentang Preservasi dan Konservasi Informasi
  3. Website tentang Preservasi dan Konservasi Informasi
  4. Majalah Preservasi dan Konservasi Informasi
  5. Buku Preservasi dan Konservasi Informasi
  6. Koran Preservasi dan Konservasi Informasi
  7. Ebook Preservasi dan Konservasi Informasi
  8. Video Preservasi dan Konservasi Informasi
  9. Website Preservasi dan Konservasi Informasi

Saya mengembangkan pathfinder preservasi dan konservasi informasi menggunakan tools Wordpress.com. Wordpress merupakan aplikasi untuk menulis konten blog secara gratis. Pembaca dapat mengakses  Pathfinder preservasi dan konservasi informasi disini.

Beranda pathfinder
Contoh pathfinder

Mengevaluasi Pathfinder

Harbeson mengembangkan kriteria berikut untuk mengevaluasi Pathfinders: 
  1. Pemahaman pengguna tentang topik dan persyaratannya; 
  2. Kesadaran pengguna terhadap sumber yang tersedia; 
  3. Selektivitas pengguna dalam memilih judul untuk dimasukkan; dan
  4. Keahlian pengguna dalam menggunakan perangkat bibliografi yang tersedia.
Atribut diatas dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk merancang pathfinder yang baik tentunya sesuai dengan kebutuhan pengguna. 
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.