Resensi Bekerja Sebagai Psikolog : Referensi Bimbingan Karir - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Selasa, 13 Desember 2016

Resensi Bekerja Sebagai Psikolog : Referensi Bimbingan Karir

download (1)Buku ini memberikan wawasan tentang profesi psikolog, mulai dari dunia psikologi yang memberikan penjelasan detail mengenai psikologi, ruang lingkup /bidang psikologi seperti psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi pendidikan, psikologi kepribadian dan tipologi, psikopatologi, psikologi kriminal, psikologi perusahaan,lalu pendidikan yang harus ditempuh untuk menjadi psikolog yaitu menempuh jalur pendidikan formal perguruan tinggi seperti di fakultas Psikologi Univesitas Indonesia (Bagian Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Psikologi umum dan Eksperimental, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi klinis, dan Psikologi Sosial) , Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran (Program sarjana psikologi, magister sains, magister profesi psikologi, program doktor psikologi), Fakultas Psikologi Universitas Atmajaya, Fakultas Psikologi UGM, dan fakultas psikologi lainnya,kemudian dijelaskan pula organisasi profesi psikologi (HIMPSI- merupakan wadah berhimpunnya profesional psikologi) dan kode etik profesi psikolog.
Dalam buku ini juga menjelaskan perbedaan antara psikolog dan psikiater yang dianggap sama oleh kebanyakan masyarakat awam. Psikolog merupakan ahli dalam psikologi, ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Psikolog dapat membantu untuk memberikan gambaran masalah secara menyeluruh, membimbing penyelesaian masalah dan memberikan saran perilaku. Sedangkan psikiater memberikan terapi obat-obatan (farmakoterapi), dalam kesehatan mental terganggu tidak hanya psikosial penderita tapi juga biologisnya sehingga memerlukan penanganan obat-obatan.Beberapa tokoh-tokoh psikologi yang menjadi pendiri atau yang mempelopori berbagai teori psikologi seperti Wilhelm wundt, ivan pavlov, emil kraepelin, sigmund freud, alfred binet, alfred adler, carl gutov jung, john watson, max wertheimer, henry a. Murray.selain itu beberapa psikolog populer di Indonesia seperti slamet iman santoso, Sarlito wirawan sarwono, fuad hassan, saparinah sadli.
Disebutkan juga kiat sukses sebagai psikolog, salah satunya adalah kiat sukses psikolog versi rose mini. Rose mini, seorang psikolog bisa bekerja di sebuah lembaga organisai untuk menjadi konsultan, HRD, Event organizer, staf pengajar, bisa membuka sekolah. “ psikolog hanya untuk orang lain” , rose mini mengungapkan bahwasanya dia bisa menjadi psikolog bagi orang lain tapi tidak untuk dirinya. psikolog dapat memberikan saran, nasihat, atau pencerahan kepada orang lain akan tetapi terkadang tidak untuk dirinya sendiri. Untuk menjadi seorang psikolog dibutuhkan setidaknya memiliki IQ cukup tinggi dan kemampuan bahasa inggris yang baik, tidak harus banyak ngomong karena menjadi psikolog tak harus banyak omong karena ada juga psikolog yang membuat data, proggram dan sebagainya.
Buku ini memberikan faedah dan manfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang psikologi mulai dari ruang lingkup, pendidikan, peluang karir seorang psikolog dan juga kiat sukses psikolog yang dikemas dalam bahasa yang sederhan sehingga mudah dipahami.
“ Selama dunia itu berhubungan dengan manusia, maka selama itu pula seorang psikolog bekerja, Rose Mini”.

Buku ini tersedia di : Perpustakaan Universitas Brawijaya
Judul : Bekerja Sebagai Psikolog : Referensi Bimbingan Karir
Pengarang : Dennis, Fitryan G.
Tahun Terbit : 2011
Penerbit : Esensi
Resensi oleh : Gani Nur Pramudyo

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done