Review : As We May Think (Vannevar Bush)

Dr. Vannevar Bush merupakan Direktur Kantor ilmiah penelitian dan pengembangan Amerika. Dikutip dari Dennis (2010) Bush lahir 11 Maret 1890, Everett, Mass., US-meninggal 28 Juni 1974, Belmont, Mass. Bush adalah Insinyur listrik Amerika dan administrator yang mengembangkan Differential Analyzer dan mengawasi mobilisasi pemerintah penelitian ilmiah selama Perang Dunia II. Dalam artikel signifikan bush ini ia memegang insentif bagi para ilmuwan ketika pertempuran telah berhenti. Dia mendesak bahwa ilmuwan harus beralih ke tugas besar membuat akses mudah untuk pengetahuan.

Bush meneliti penemuan dari masa lalu, mencatat bahwa kita sudah mampu hal pernah dianggap mustahil. Pada paruh pertama abad kedua puluh, ilmuwan telah menghasilkan "perangkat murah kompleks dngan keandalan yang besar" , sehubungan dengan kemajuan dalam fotografi dan mikrofilm. Namun, ini hanya awal, ia memprediksi. Mesin-mesin belum datang akan menjadi jauh lebih fleksibel. Bush menggambarkan di mana ia merasa kemajuan lebih lanjut dapat dibuat. Dengan perkembangan di mikrofilm, ia percaya "Encyclopedia Britannica dapat dikurangi dengan volume kotak korek api" . Namun, kompresi, meskipun ekonomis, tidak berguna jika informasi tersebut tidak berkonsultasi. Bush menekankan pentingnya spesialisasi dan konsolidasi, sebagai "keuntungan manusia oleh warisan dari pengetahuan yang diperoleh" . Hasil penelitian harus tersedia untuk distribusi, produksi massal dan reproduksi bahan bakar informasi lebih lanjut pengembangan di bidang ilmiah. Dengan menggunakan fotografi, orang dapat mengatur untuk proyek dalam bentuk diperbesar dan jarak jauh dengan menggunakan proses umum di peralatan televisi. Untuk dapat memasukkan satu lembar juta sebelum operator kedua, dengan kemungkinan kemudian menambahkan catatan adalah sugestif dalam banyak cara. Bahkan mungkin penggunaan di Perpustakaan, tapi itu cerita lain. Pada setiap tingkat, sekarang ada beberapa kombinasi yang tersedia menarik. Salah satu mungkin, misalnya, berbicara dengan mikrofon, dijelaskan dalam kaitannya dengan mesin tik dan dengan demikian membuat pilihan. Itu pasti akan mengalahkan petugas file biasa.

As We May Think (Vannevar Bush)

Inti utama adalah masalah seleksi, lebih dalam daripada yang tertinggal dalam adopsi mekanisme oleh Perpustakaan, atau kurangnya pengembangan perangkat untuk penggunaan mereka. Tindakan bodoh Kami dalam mendapatkan catatan ini sebagian besar disebabkan oleh kepalsuan dari sistem pengindeksan. Ketika data apapun yang ditempatkan dalam penyimpanan, mereka disusun berdasarkan abjad atau numerik, dan informasi ditemukan (ketika itu) dengan menelusuri turun dari subklas ke subklas lebih spesifik. Hal ini dapat di satu tempat, kecuali digunakan duplikat; orang harus memiliki aturan untuk jalan yang akan menemukannya, dan aturan-aturan rumit. Setelah menemukan satu item, kita harus kembali dari sistem dan masuk kembali jalan baru. Pikiran manusia tidak bekerja seperti itu. Maskapai mengoperasikan dengan Asosiasi. Dengan satu item dalam pemahaman yang terkunci langsung ke berikutnya.Disarankan oleh Asosiasi pikiran, sesuai dengan beberapa web yang rumit dari jalur yang dibawa oleh sel-sel otak. Memiliki karakteristik lain, jalur yang tidak sering diikuti rentan memudar, item tidak sepenuhnya permanen, memori tidaknyata. Namun kecepatan gerak, kerumitan jalur, detail gambar mental, menakjubkan melampaui semua yang lain dalam alam. Ide pertama yang diambil dari analogi masalah pilihan. Seleksi oleh Asosiasi, pengindeksan mungkin belum mekanik.

Pertimbangkan sebuah perangkat masa depan untuk perorangan merupakan semacam mekanik file pribadi dan perpustakaan. Dibutuhkan sebuah nama, dan, untuk satu koin secara acak, " sebuah memex " akan dilakukan. Sebuah Memex adalah perangkat di mana penyimpanan individu semuanya buku, catatan, dan komunikasi, dan yang mekanik sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas. Ini adalah suplemen intim diperbesar untuk penyimpannnya. Terdiri dari sebuah meja, dan sementara mungkin dioperasikan dari jarak jauh, itu adalah sepotong mebel di mana dia bekerja. Di atas adalah miring layar transparan, di mana bahan dapat diproyeksikan untuk membaca secara nyaman. Ada keyboard, dan set tombol dan tuas. Pada salah satu ujung adalah bahan disimpan. Soal bagian terbesar diurus oleh peningkatan mikrofilm. Hanya sebagian kecil dari interior memex ini dikhususkan untuk penyimpanan, sisanya untuk mekanisme. Namun jika pengguna memasukkan 5000 halaman bahan sehari itu akan membawanya ratusan tahun untuk mengisi repositori, sehingga boros jika masukkan bahan bebas. Sebagian besar isi memex dibeli dalam mikrofilm siap untuk dimasukkan. Buku segala macam, gambar, majalah saat ini, surat kabar, dengan demikian diperoleh dan jatuh ke tempat. Bisnis korespondensi mengambil jalan yang sama. Dan ada ketentuan untuk langsung masuk. 

Di atas memex adalah rol mesin tulis transparan. Pada rol mesin tulis transparan ini ditempatkan catatan tulisan tangan, foto, memorandum dan segala macam hal. Depresi dari tuas menyebabkannya untuk difoto ke ruang kosong berikutnya di bagian film memex, fotografi yang digunakan. Tentu saja, ada ketentuan untuk konsultasi catatan oleh skema pengindeksan. Jika pengguna ingin berkonsultasi dengan buku tertentu, dia mengetik kodenya pada keyboard, dan halaman judul buku segera muncul dihadapannya, diproyeksikan pada salah satu posisi melihat. Selain itu, ia memiliki tuas tambahan, saat membelokkan salah satu tuas tersebut ke kanan ia berjalan melalui buku depannya, setiap halaman pada gilirannya sedang diproyeksikan pada kecepatan sekilas. Jika dia mengalihkan lebih lanjut ke kanan, ia melangkah melalui buku 10 halaman sekaligus; lebih jauh pada 100 halaman pada satu waktu. Defleksi ke kiri memberinya kontrol mundur yang sama. Tombol khusus transfer langsung ke halaman pertama indeks dan setiap buku perpustakaan, dapat dipanggil dan berkonsultasi dengan fasilitas yang jauh lebih besar dibandingka jika itu diambil dari rak. Karena ia memiliki beberapa posisi proyeksi, dia dapat meninggalkan satu item dalam posisi sementara ia panggilan atas lain. Ia dapat menambahkan catatan pinggir dan komentar, mengambil keuntungan dari salah satu yang mungkin jenis fotografi, dan bahkan dapat diatur sehingga ia dapat melakukan ini dengan skema stylus, seperti sekarang digunakan dalam telautograph yang terlihat di ruang tunggu kereta api, hanya seolah-olah ia halaman fisik sebelum teleautograph. Semua ini konvensional, kecuali untuk mekanisme proyeksi maju sekarang dan Gadge dan itu menghasilkan langkah cepat, namun, untuk mengindeks asosiatif, ide dasarnya adalah ketentuan dimana setiap item dapat memilih segera dan otomatis. Ini adalah fitur yang penting dari sebuah memex. Proses mengikat dua item bersama-sama adalah hal yang penting.

Ketika pengguna sedang membangun sebuah jalan setapak, memasukkan nama dalam kode bukunya, dan ketukan keluar pada keyboard. Sebelum itu, dua item akan bergabung dan diproyeksikan ke posisi melihat berdekatan. Di bagian bawah, ada sejumlah ruang kode kosong, dan sebuah pointer diatur untuk menunjukkan salah satu dari ini pada setiap item. Pengguna mengetuk satu tombol, dan item secara permanen bergabung. Dalam masing-masing kode ruang muncul karakter kode. Keluar dari pandangan, tetapi juga di ruang kode, dimasukkan seperangkat titik-titik untuk fotosel; dan pada setiap item titik-titik ini oleh posisi mereka menetapkan nomor indeks dari item yang lain. Setelah itu, setiap saat, ketika salah satu item ini adalah dalam pandangan, yang lain dapat langsung memanggil ulang hanya dengan menekan sebuah tombol di bawah ruang kode yang sesuai. Selain itu, ketika banyak item telah jadi bergabung bersama untuk membentuk jejak, mereka dapat ditinjau pada gilirannya, cepat atau lambat, dengan membelokkan tuas seperti itu digunakan untuk mengubah halaman buku. Ini persis seolah-olah hal fisik telah berkumpul bersama-sama dari sumber-sumber yang terpisah jauh dan terikat bersama untuk membentuk sebuah buku baru , setiap item dapat bergabung ke dalam berbagai kegiatan.

Semua langkah kami dalam menciptakan atau menyerap bahan catatan melanjutkan melalui salah satu Indra — taktil ketika kita menyentuh tombol, dengan lisan ketika kita berbicara atau mendengarkan, visual ketika kita membaca. Hal itu tidak mungkin bahwa suatu hari jalan dapat didirikan lebih langsung. Kita tahu bahwa ketika melihat mata, Semua informasi yang konsekuen ditularkan ke otak melalui getaran listrik di saluran saraf optik. Ini adalah analogi yang tepat dengan getaran listrik yang terjadi pada kabel televisi: mereka menyampaikan gambaran dari photocells yang melihatnya untuk pemancar radio yang disiarkan. Kita tahu lebih lanjut jika kita bisa mendekati kabel dengan instrumen yang tepat, kita tidak perlu menyentuh; kita dapat mengambil getaran tersebut oleh induksi listrik dan dengan demikian menemukan dan mereproduksi adegan yang sedang dikirim, seperti kabel telepon dapat disadap untuk pesannya.

Aplikasi ilmu pengetahuan telah membangun manusia sebuah rumah yang lengkap disediakan, dan mengajar dia hidup sehat di dalamnya. kejam. Mereka mungkin belum memungkinkan dia benar-benar untuk mencakup catatan besar dan tumbuh di kebijaksanaan pengalaman ras. Dia mungkin binasa dalam konflik sebelum ia belajar untuk memegang rekor itu dengan baik. Namun, dalam penerapan ilmu pengetahuan untuk kebutuhan dan hasrat manusia, itu tampaknya akan tahap tunggal di mana untuk mengakhiri proses, atau kehilangan harapan tentang hasil.

Artikel bush ini, ditulis pada bulan Juli 1945, Artikel bush mencerminkan manfaat pengembangan ilmu pengetahuan telah di kemanusiaan. Kemajuan ini sehubungan "dari belenggu perbudakan nyata" karena mereka telah meningkatkan kesehatan mental dan fisik dan memfasilitasi komunikasi antara massa. Namun, metode lama mengkonsolidasikan penelitian telah menjadi tidak memadai karena proliferasi pengetahuan. Bush menyajikan desain untuk Memex, yang menjadi cetak biru awal dari sebuah komputer. Ini adalah perangkat, ia menjelaskan, dimana seseorang dapat "menyimpan semua nya buku, catatan, dan komunikasi, dan yang mekanik sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas" . Ini akan jauh lebih dapat diandalkan dibandingkan "operator manusia dan seribu kali lebih cepat" . Selanjutnya, Memek akan mampu penalaran asosiatif, sesuatu bawaan untuk pikiran manusia. Sebagai ilmuwan telah beradaptasi proses logis di mana untuk memeriksa dunia, mesin ini juga akan dapat "memanipulasi tempat sesuai dengan logika formal" .

Dalam penjelasannya di artikel ini, Bush telah menuangkan ide-ide atau gagasannya dalam tulisan “As We May Think” dengan desain konsep yang diajukan yaitu Memex. Berkat tulisannya lebih jauh sekarang ini telah menjadi cetak biru awal dari sebuah komputer, menandakan penciptaan hypertext dan World Wide Web yang dikenal saat ini, dan juga menjadi tonggak sejarah Perpustakaan Digital.

Daftar Referensi

Bush, Vannevar.1945.”As We May Think” dalam https://www.theatlantic.com/amp/article/303881/ diakses pada 25 Maret 2017 pukul 05.00 WIB

Dennis, Michael Aaron.2000. “Vannevar Bush:American engineer” dalam https://www.britannica.com/biography/Vannevar-Bush diakses pada 25 Maret 2017 pukul 05.00 WIB

Heydt, Sam.2010. “A Review of Vannevar Bush’s “As We May Think” dalam https://samheydt.wordpress.com/2010/05/06/a-review-of-vannevar-bush%E2%80%99s-%E2%80%9Cas-we-may-think%E2%80%9D/ diakses pada 25 Maret 2017 pukul 05.00 WIB

_______.1945. “Summary: "As We May Think" by Vannevar Bush” dalam http://www.units.miamioh.edu/englishtech/eng49502/graydobt/Vannevar%20Bush%27s%20As%20We%20May.htm, diakses pada 25 Maret 2017 pukul 05.00 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Review : As We May Think (Vannevar Bush)"