Rencana Studi Magister IPB - Gani Nur Pramudyo

Always Supporting Your Knowledge

Jumat, 21 September 2018

Rencana Studi Magister IPB

Saya ingin melanjutkan studi pada Magister Teknologi Informasi untuk Perpustakaan Institut Pertanian Bogor (IPB) karena relevan dan linier dengan studi sarjana yang telah saya pilih yaitu Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Brawijaya. Saya memilih melanjutkan studi pada IPB karena IPB merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia, menempati peringkat 4 pada pemeringkatan webometric universitas dalam cakupan Indonesia bulan januari 2018. Selain itu, IPB memiliki repositori institusi yaitu, “Bogor Agricultural University Scientific Repository” memuat karya ilmiah sivitas akademika, yang menempati urutan 1 pada pemeringkatan webometric repositori institusi cakupan Indonesia bulan januari 2017. Hal ini membuat saya semakin tertarik untuk melanjutkan studi magister di IPB.
Mata kuliah pada studi ini terdiri dari mata kuliah Sekolah Pascasarjana (4 SKS), mata kuliah mayor Magister Teknologi Informasi untuk Perpustakaan (25 SKS), dan mata kuliah Tugas Akhir (10 SKS). Mata kuliah tersebut yaitu manajemen perpustakaan, manajemen teknologi informasi, organisasi jasa dan informasi, perspektif sains informasi, informetrika, metode penelitian, perpustakaan digital, sistem perpustakaan terpadu, kolokium, proposal tesis, publikasi ilmiah, tesis, bahasa inggris (semua semester) dan seminar (tugas akhir). Pada studi ini, saya ingin menyelesaikannya tepat waktu atau selama dua tahun. Harapannya saya dapat untuk segera berperan untuk dapat memberikan kontribusi bagi tujuan pembangunan berkelanjutan Indonesia, serta memperdalam keilmuan bidang ilmu perpustakaan yang dapat diaplikasikan di seluruh lembaga dokumenter di Indonesia.
1
Ketertarikan saya pada studi ini karena berada bidang teknologi pada Departemen Ilmu Komputer menjadi ciri khas tersendiri bagi keilmuan, “Ilmu Perpustakaan” yang saya telah dapatkan. Saya pernah menjadi asisten praktikum mata kuliah Sistem Otomasi Perpustakaan, mata kuliah Basis Data di minat Perpustakaan dan Arsip Program Vokasi Universitas Brawijaya. Selain itu, saya pernah menjadi asisten peneliti pada penelitian komparasi skema metadata sistem otomasi perpustakaan dan komparasi skema metadata repositori institusi, dengan melakukan penelitian terkait repositori institusi, serta penelitian skripsi saya mengenai interoperabilitas skema metadata repositori institusi, menjadikan saya semakin yakin untuk memilih studi pada IPB.
Saya memiliki keinginan untuk meneliti dan mengkaji lebih mendalam terkait dengan interoperabilitas metadata sistem otomasi dan repositori institusi pada lembaga dokumenter. Interoperabilitas metadata yang dimaksud bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeksripsikan kemampuan sistem otomasi dan repositori institusi untuk dapat saling berbagi dan bertukar data, sehingga masing-masing metadata yang dimiliki oleh lembaga dokumenter dapat saling terintegrasi dalam katalog induk (union catalog). Union catalog akan mempermudah dalam proses temu kembali. Hal ini didasari bahwa lembaga dokumenter memiliki dan menggunakan perangkat lunak ataupun metadata yang beragam sesuai dengan koleksi yang dimiliki, sehingga perlunya upaya untuk interoperabilitas metadata.
Kegiatan yang akan dilakukan selama di luar perkuliahan, saya tertarik untuk menjadi volunteer di Perpustakaan Departemen Ilmu Komputer, sebagai langkah mengembangkan dan mengasah keilmuan saya selama perkuliahan. Saya juga ingin melakukan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan sekitar, untuk membantu mengembangkan perpustakaan. Tidak hanya itu, saya juga berusaha untuk membuat artikel ilmiah untuk dipublikasikan terkait keilmuan saya, agar bermanfaat bagi seluruh pihak.
Tujuan akhir dari karir saya yaitu bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat dengan menjadi pengajar dan pendidik, sesuai keinginan saya menjadi seorang dosen dan pengamat di bidang “Ilmu Perpustakaan”. Nantinya saya mampu mendidik dan mengajarkan banyak hal terkait keilmuan saya, melahirkan pribadi berkualitas dan mempraktikan apa yang sudah saya dapat bagi masyarakat.
Comments


EmoticonEmoticon