Momen Foto Keluarga Besar Pengayaan Bahasa (PB) LPDP UNS 2019.
Kali ini Igan akan bagikan beberapa pertanyaan sekaligus jawaban yang sering teman-teman tanyakan di Blog Igan secara personal. Terdapat banyak sekali pertanyaan, agar tidak mengulang pertanyaan dan jawaban teman -teman bisa tulis dikomentar ya. Jangan malu untuk bertanya secara langsung dan dilihat oleh pengunjung Blog Igan karena siapa tau akan bermanfaat bagi yang lain. Langsung saja, berikut pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman blog Igan melalui instagram dan whatsapp. 
Pertanyaan UMUM dan Personal
  1. Bantuan Riview Esai Proposal Studi dan Rencana Studi - ini adalah pertanyaan dan permintaan tolong bagi kebanyakan pembaca blog igan. Apakah bisa minta tolong riview esai, tentu bisa ya teman-teman, dengan senang hati saya akan coba baca dan berikan sediakan ulasan dan kritik yang membangun untuk esai teman-teman. Teman-teman cukup kirim esai riview ke gani_nurp@yahoo.com. Adapun ketentuannya yaitu wajib sharing 1 postingan dari blog igan yang disukai ke grup-grup (min. 3 grup) (Whatsapp) dan berikan sedikit pengantar tentang apa yang kalian sharing agar dapat bermanfaat bagi teman-teman lain ya. 
  2. Kak Igan Ambil Jalur Apa ? > Jalur Magister Afirmasi - Bidikmisi
  3. Beneran ya ka, kalo jalur reguler susah lulusnya dan afirmasi yang menjadi fokus LPDP ka ? > Tentu ada kriteria, prioritas dan kuota. Kalau kemarin tahun 2018 prioritas memang dibanyakin untuk afirmasi, dan tiap tahun beda-beda. Jadi reguler tetap ada kuota dan kriteria yang dapat lolos sesuai panduan. Selama kita sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan, pasti bisa lolos. 
  4. Kriteria maksudnya seperti apa ka? > Untuk tahap pertama fokus pada persyaratan administrasi, kalo beres dan komplit sesuai panduan ya lolos. 
  5. Yang memiliki pengaruh besar dalam kelolosan LPDP apa ka? > di tahap akhir ada wawancara
  6. Kak awal kuliah kita langsung dibayarin atau pakai uang sendiri dulu kak? > langsung dibayarin LPDP.
  7. Mas, di sini posisinya saya masih skripsi, kemungkinan kalau tak sempat bulan ini rencana akan ikut seleksi tahap 2 afirmasi keluarga prasejahtera. Namun, saya masih mempertimbangkan soal biaya mas, kebetulan saya tinggal di Balikpapan, dan Univ terdekat ada di ibukota Samarinda, namun khawatirnya jurusan yg saya inginkan tak terdaftar di sana, krn tahun lalu tdk ada. Dan untuk mendaftar di Jawa masih dilema, kalau boleh tahu, apakah seluruh biaya jika diterima beasiswa akan ditanggung mas? > Diselesaikan dulu skripsinya, biar dpat minimal skl. Trus toefl itp itu 500. Iya ditanggung semua, biaya spp, biaya pendaftaran trus kita sebulan dpt 4 juta di daerah jakarta, bandung, surabaya makasar. Slain itu 3,6. Beasiswa itu cukup banget buat kuliah, jadi tidak dianjurkan kerja sampingan
  8. Toefl itp itu harus ikut di lembaga khusus yha mas atau gimana? Soalnya kemarin saya sudah ikut, tapi yg menyelenggarakan pihak universitas..Untuk S2 itu mas, menyelesaikan pendidikan full setiap senin-sabtu atau jumlah pertemuannya cenderung lebih sedikit? > Ada panduan kamu bisa lihat, jumlahnya. Wajib Kelas reguler. Boleh dri univ, masa berlakunya 2 tahun
  9. Kalau boleh tau rata-rata rekening listrik kaka dulu berapa ya kak ? > kalau punyaku rata-rata Rp. 50.000
  10. Oiya ka untuk rekomendasi ada minimal berapa ka ? aku dulu rekomendasi dari Kaprodi dan dosen pembimbing. Bisa yang lain. 
  11. Oya untuk rencana studi itu secara umum ya? >Secara spesifik sesuai minat penelitian sama univ. Nanti ini ditanyakan ketika wawancara
  12. Essai kontribusi yg telah dan yg akan dituliskan lagi kah? Soalnya disyarat 2019 tidak disebutkan. Dan satu lagi jika tidak slip gaji/penghasilan caranya gmn apa bisa digantikan dgn surat pernyataan?> Esainya sesuai panduan yg terbaru. Kalau mba blum bekerja, pakai slip gaji ortu.  
  13. Kalo ortu tidak punya slip gaji juga? Bagaimana? Karena pekerjaan beliau bertani. Minta Surat keterangan gaji ke kelurahan.
  14. Sy boleh baca rencana studi & proposal studi punya abg ? > boleh ini ka ya Esai Kontribusi dan Rencana Studi 
  15. Bg utk tes toefl ada prsyaratan harus toefl dmna gak? Kalo kita mau coba s2 dlm negeri, trus ikut tes toefl yg diadakan sm salah 1 bimbel kira2 boleh gak ya bg? > Toefl yang resmi ETS, biasanya di Pusat Bahasa Universitas mengadakan Toefl ITP resmi ETS.
  16. Pas daftar LPDP pakai semacam LoA gak mas? tidak wajib, kalau ada mendukung nanti saat wawancara. 
  17. Saya lulusnya molor setengah tahun, kira-kira gak jadi kendala dapat lpdp ? > tidak masalah, asalkan sudah sesuai kriterea yang ditentukan lpdp di buku pedoman. Ada persyaratan toefl, ipk, ijazah dst. Oh ya, ketika kamu lolos, ini biasanya ditanyakan LPDP yang hanya memberi waktu kamu 2 tahun untuk S2, sedang kamu S1 lulus molor, Gmna kamu mengatasinya?
  18. Kalau anak bidikmisi wajib LPDP afirmasi ya ? Utk bidikmisi terhitung hanya boleh dua thun setelah kelulusan. Misal lulus 2018, maksimal daftar 2020. Tentu ada perbedaan dari segi skor toefl  ITP yaitu 400, namun IPKnya 3,5 beda dengan reguler toefl ITP 500 dan IPK 3,0.
  19. Toeflnya adan banyak banget, Toefl IBT, ITP, TOEIC IELTS, itu semua harus diikutikah jadi syarat ? pilih satu, saya sarankan Toefl ITP, masa berlaku 2 tahun.
  20. Nulis Esai itu susah gak sih? Tidak sulit, tulis sesuai apa yang dikerjakan. Nanti esai akan ditanyakan di wawancara. 
  21. Kalau saya lulus bulan Mei 2019 dan mau daftar untuk LPDP batch 2 ini, berarti status pekerjaan saya "Fresh Graduate" atau "Lainnya"? > bisa ditulis Fresh graduate
  22. Kak, Untuk format pernyataan rekening listrik untuk yang afirmasi ada ga kak dari LPDPnya? soalnya saya belum nemu formatnya...>kalau kemarin saya langsung scan rekening listriknya aja langsung 3 bulan.
  23. Oiah mas, untuk biaya tes wawancara itu pakai dana sendiri yha? > Tidak ada penarikan biaya d lpdp. Mungkin nanti pling transport dll ditanggung sendiri pas wawancara sesuai lokasi
  24. Tips wawancara LPDP itu apa ka? Lpdp nyari orang -orang yang berkomitmen untuk berkontribusi di indonesia walaupun kecil.
  25. Surat rekomendasi buat apa ka? Sebaiknya minta ke siapa ? > Persyaratan wajib untuk administrasi, selain itu yang memberi rekomendasi itu adalah orang yang tau kompetensimu. Bisa satu atau dua sesuai ketentuan pedoman LPDP. Bisa dari tokoh masyarakat ataupun dosen. Kalau aku dua, ketua program studi dan dosen pembimbing skripsi.
  26. Tes SBK itu sama seperti kalau tes CPNS mas? > SBK LPDP menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Ada Tes Potensi Akademik, Tes Soft Kompetensi, dan On The Spot Writing (OTSW), Nilai TPA nanti akan keluar. 
  27. Isu OTSW bisa beragam temanya? Iya sesuai berita trending di Indonesia tentang pemerintah waktu tes. Tema ditentukan oleh LPDP, kita ntar ngasih deksripsi dan solusi. 
  28. Tema OSTW mas dulu tentang apa ? > Pengelolaan dana desa terpusat atau desentralisasi. 
  29. Tema OSTW bisa lihat dimana? Kamu pantengin grup-grup calon awardee lpdp atau tes subtansi tiap daerah, biasanya ngelist tema-tema OSTW. 
  30. Katanya sekarang udah ga bisa pakai SKL harus ijazah ? SKL tetap bisa dipakai, aku sendiri pakai surat keterangan telah mendaftar yudisium bisa lolos tahap administrasi, aku belum punya SKL waktu seleksi administrasi. Pas seleksi wawancara, pada saat pemberkasan, aku tunjukkan pula, surat keterang kemarin ku upload dan SKL ku yang sudah keluar. Bisa kok
  31. Link daftar LPDP ada dimana kak ? > klik disini ka
  32. Daftar pedoman beasiswa LPDP dan syarat lengkap ada dimana ka ? > disini ka , tahun 2019
  33. Pilihan 123 UI semua ? > iya, kalau mau satu tujuan kampus isi semua dengan prodi dan kampus sama. 
  34. Surat rekomendasi kaka seperti apa ? > format sesuai pedoman lpdp, isiannya sesuai yang beri rekom
  35. LOA ? >Surat pernyataan kamu ketrima di universitas tujuan, tidak wajib, boleh dikosongi. 
  36. Tes di UI sulit tidak ? > Kalau menurutku ada yang sulit dan ada yang mudah, banyak sulitnya jadi harus banyak belajar. Di Magister JIP UI, yang daftar 10 ketrima 9, kuotanya 15 mahasiswa per gelombang. Jadi ada standar dan kriteria di masing-masing prodi. Pengalaman Simak Igan klik disini ya. 
  37. Lulus LPDP belum tentu lulus kampusnya kan ? beda tesnya ya gan ? > Iya beda, ketika kamu uda lolos tahap akhir LPDP. Selanjutnya kamu tes dikampus tujuanmu, kamu bisa ga lolos di tujuanmu ya gaes, temenku ada yang gagal pada tes gelombang pertama, tapi lolos d gelombang 2. 
  38. Kamu buat surat keterangan bebas narkoba di kepolisian apa di rumah sakit ? berapa harganya? > di rumah sakit di kediri, biayanya 100.000 langsung jadi, butuh waktu setengah hari.
  39. Minta kisi2 tes komputer itu seperti apa ? > Baca disini ya ka
  40. Btw nilai skor tes TPA LPDP berapa gan? ada yang bilang gini gan SUMMARY PASSING GRADE SBK: DALAM NEGERI, 1. Reguler: 180; 2. Targeted: 150; 3. Afirmasi 3T: 150 4. Afirmasi Bidik Misi: 150 LUAR NEGERI, 1. Reguler: 195, 2. Targeted: 150,3. Afirmasi: 155, >Terkait hal tersebut kamu bisa tanya melalui CRM LPDP klik disini. Ada temenku yang ikut LPDP santri dalam negeri TPA nya 140 tidak lolos, memang disitu skornya minimal 150. Ada beberapa temenku lagi yang bidikmisi skornya 200 dan 185 lolos ke tahap selanjutnya. 
  41. Ka ikut sharing subtansi dulu sebelum tes subtansi ? > iya ikut, dulu di Universitas Negeri Malang awardee nya ngadain, keren-keren kakanya dikasih tau seputar tips wawancara dan motivasi agar bisa lolos. Acara tidak dipungut biaya. 
  42. Berkas-berkas sertifakat cetak itu ditanyakan saat wawancara, dibawa tidak ? dibawa saja, tidak dilihat oleh interviewer, karena sudah di upload d lpdp.
  43. Saat wawancara bawa SKL kan, tidak apa kan, alasanya apa? > saya baru mendaftar Wisuda, jadi ijazah saya belum keluar, tidak dipermasalahkan oleh bagian cek berkas. 
  44. Ka aku bingung dengan jawaban yang mau disusun alasan kenapa ngambil S2? >Sesuai d esai, kontribusi penelitian dan topik tesis yang bermanfaat bagi masyarakat.
  45. Ka tidak mendaftar CPNS ? >  Tidak, fokus menyelesaikan S2 saja. Teman saya sudah menghubungi Lpdp, informasi dari CS jika awardee (yg saat ini sdah ttd kontrak lpdp) diterima cpns maka harus mundurdari lpdp dan mengembalikan dana yg sudah diterima (seluruhnya termasuk dadi PB. 
  46. Kenapa pingin ikut LPDP? pingin kuliah lagi tapi ga ada biaya, pingin jadi dosen dan bermanfaat bagi orang lain
  47. Berapa biaya hidup di UI ? > Perbulan kita dapat 4juta, selengkap nya terkait pembiayaan bisa lihat di pedoman pencairan beasiswa. Ada banyak pembiayaan seperti uang buku, kedatangan, kesehatan, penelitian, konferensi internasional, dll klik disini
  48. Ka aku punya screenshot pertanyaan wawancara LPDP, list ini masuk atau tidak ? > beberapa memang ditanyakan, kalau versi pengalamanku bisa klik disini ya ka
  49. Ka, kan kaka punya website, pernah buat jurnal. Aku belum gmna ? Based on interviewer, aku memang di cek rekam jejak digital nya di google dengan cara mengetik kata kunci  Gani Nur Pramudyo, dan interviewer melihat websiteku dan jurnal yang terbit yg lain tidak ditanyakan, kan ada facebook,  linkedin, youtube dst, dipencarian teratas search engine google. Coba cek namamu sendiri, kira-kira seperti apa. 
  50.  Aku banyak ikut grup FB jual beli, berarti dihapus ya ka sebelum wawancara? Bisa dihapus atau tidak itu pilihan. Kalau mau hapus,  biasanya butuh waktu 3 bulan utk benar-benar sepenuhnya hapus data itu di google.
  51. Psikolognya emang gitu ta? Nanya, abis nanya aku jawab, terus udah bla,bla. Diem mandangin aku tajam gitu. Psikolognya emang gitu ta? Nanya pas di depanku lagi kan. Mandanginnya tajam sekali. > Iya betul, seingetku dulu memang begitu. Bisa jadi psikolog lain tidak begitu.
Apabila ada pertanyaan lain seputar Beasiswa LPDP, silakan tulis di kolom komentar dibawah ini. Saya akan berusaha menjawabnya.  Share bila bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Copyright 2020, Gani Nur Pramudyo. All rights Reserved.