Beasiswa LPDP #15: Kumpulan pertanyaan, keluh kesah, dan solusi

Q&A Beasiswa LPDP - Kali ini saya akan membagikan beberapa pertanyaan sekaligus jawaban yang sering teman-teman tanyakan di Blog saya, baik melalui dm maupun email seputar Beasiswa LPDP.

Agar tidak mengulang pertanyaan dan jawaban seputar Beasiswa LPDP, teman-teman bisa membaca artikel ini terlebih dahulu. 

Feel free to ask!, silakan bertanya seputar Beasiswa LPDP kepada saya dan saya akan berusaha menjawabnya. 

Berikut beberapa pertanyaan seputar Beasiswa LPDP yang diajukan oleh pembaca.

Pertanyaan umum seputar Beasiswa LPDP

Kak Igan Ambil Jalur Apa ? 
  • Beasiswa LPDP Jalur Magister Afirmasi - Alumni Bidikmisi berprestasi
Beneran ya ka, kalo jalur reguler susah lulusnya dan afirmasi yang menjadi fokus Beasiswa LPDP ka ? 
  • Tentu ada kriteria, prioritas dan kuota. Kalau kemarin tahun 2018 prioritas memang dibanyakin untuk afirmasi, dan tiap tahun beda-beda. Jadi reguler tetap ada kuota dan kriteria yang dapat lolos sesuai panduan. Selama kita sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan, pasti bisa lolos
  • Kriteria disini adalah untuk tahap pertama fokus pada persyaratan administrasi, kalo beres dan komplit sesuai panduan ya lolos. 
Yang memiliki pengaruh besar dalam kelolosan Beasiswa LPDP apa ka? 
  • di tahap akhir ada wawancara
Kak awal kuliah kita langsung dibayarin atau pakai uang sendiri dulu kak?
  • langsung dibayarin LPDP.
Kenapa pingin ikut Beasiswa LPDP? 
  • pingin kuliah lagi tapi ga ada biaya, pingin jadi dosen dan bermanfaat bagi orang lain
Mas saya mau tanya, kalau sekarang ini tidak aktif organisasi apa2 dan sedang bekerja Di BPS mas tapi jadi mitra. Jdi krjanya kalo pas ada pendataan aja. ngaruh dipenilaian ga mas? Jdi skrng tu sedang tidak ada kontribusinya utk negri dalam hal pengabdian gitu mas. Makasih mas 
  • Bkerja didalam negeri, termasuk kontribusi pada lembaga. Kasih tau aja sih kalau ditanya, jelasin. Dulu aku juga magang kerja d ruang baca, masih aktif. Nanti kalau ditanya gaji sebutin aja ya. Bagusan lagi kalau aktif di organisasi keilmuan atau profesi.

Kendala dan keraguan saat mendaftar Beasiswa LPDP

Ka, kan kaka punya website, pernah buat jurnal. Aku belum gmna ? 
  • Based on interviewer, aku memang di cek rekam jejak digital nya di google dengan cara mengetik kata kunci  Gani Nur Pramudyo, dan interviewer melihat websiteku dan jurnal yang terbit yg lain tidak ditanyakan, kan ada facebook,  linkedin, youtube dst, dipencarian teratas search engine google. Coba cek namamu sendiri, kira-kira seperti apa. 
Aku banyak ikut grup FB jual beli, berarti dihapus ya ka sebelum wawancara? 
  • Bisa dihapus atau tidak itu pilihan. Kalau mau hapus,  biasanya butuh waktu 3 bulan utk benar-benar sepenuhnya hapus data itu di google.
Mas, di sini posisinya saya masih skripsi, kemungkinan kalau tak sempat bulan ini rencana akan ikut seleksi tahap 2 afirmasi keluarga prasejahtera. Namun, saya masih mempertimbangkan soal biaya mas, kebetulan saya tinggal di Balikpapan, dan Univ terdekat ada di ibukota Samarinda, namun khawatirnya jurusan yg saya inginkan tak terdaftar di sana, krn tahun lalu tdk ada. Dan untuk mendaftar di Jawa masih dilema, kalau boleh tahu, apakah seluruh biaya jika diterima beasiswa akan ditanggung mas? 
  • Diselesaikan dulu skripsinya, biar dpat minimal skl. Trus toefl itp itu 500. Iya ditanggung semua, biaya spp, biaya pendaftaran trus kita sebulan dpt 4,7 juta di daerah jakarta, bandung, surabaya makasar. Selain itu dapat biaya hidup sebesar 4,3 juta/bulan. Beasiswa itu cukup banget buat kuliah, jadi tidak dianjurkan kerja sampingan
Saya lulusnya molor setengah tahun, kira-kira gak jadi kendala dapat lpdp ? 
  • tidak masalah, asalkan sudah sesuai kriterea yang ditentukan Beasiswa LPDP di buku pedoman. Ada persyaratan toefl, ipk, ijazah dst. Oh ya, ketika kamu lolos, ini biasanya ditanyakan LPDP yang hanya memberi waktu kamu 2 tahun untuk S2, sedang kamu S1 lulus molor, Gmna kamu mengatasinya?
Ka tidak mendaftar CPNS ? 
  • Tidak, fokus menyelesaikan S2 saja. Teman saya sudah menghubungi Lpdp, informasi dari CS jika awardee (yg saat ini sdah ttd kontrak lpdp) diterima cpns maka harus mundurdari lpdp dan mengembalikan dana yg sudah diterima (seluruhnya termasuk dadi PB. 

Pilih jalur masuk Beasiswa LPDP

Mas boleh minta tolong jelasin ga sih beasiswa yg umum sama afirmasi itu gmna? Soalnya aku kurang paham hehe ?
  • Reguler untuk umum, afirmasi khusus bagi kurang mampu, bidikmisi dll
Kalau anak bidikmisi wajib LPDP afirmasi ya ? 
  • Utk bidikmisi terhitung hanya boleh dua thun setelah kelulusan. Misal lulus 2018, maksimal daftar 2020. Tentu ada perbedaan dari segi skor toefl  ITP yaitu 400, namun IPKnya 3,5 beda dengan reguler toefl ITP 500 dan IPK 3,0
Kalo afirmasi itu di file panduan ada daftar daerahnya gitu mas. Nah daerahku itu ga masuk ke dalam daftar itu. Kaya gitu bisa ga ya?
  • Sesuai list kota dan kabupaten ya yang dilihat, bukan provinsinya
Gan nek beasiswa LPDP tujuan studi Luar Negeri syaratnya apa ae?
  • Terpenting TOEFL ITP 550, dan wajib daftar dulu LPDP

Cara mendaftar Beasiswa LPDP

Link daftar Beasiswa LPDP ada dimana kak ?  
Kalau saya lulus bulan Mei 2019 dan mau daftar untuk LPDP batch 2 ini, berarti status pekerjaan saya "Fresh Graduate" atau "Lainnya"? > 
  • bisa ditulis Fresh graduate
Daftar pedoman beasiswa LPDP dan syarat lengkap ada dimana ka ?

Syarat administratif Beasiswa LPDP

Memilih universitas tujuan Beasiswa LPDP

Maksudnya bukti peringkat perguruan tinggi/program studi unggulan terbaik di dunia dari lembaga independen kredibel? 
  • Kamu bisa pakai rujukan QS World Ranking sebagai acuan peringkat kampus di dunia, biasanya temen2 lpdp pakai ini untuk pengajuan pindah perguruan tinggi
Pilihan tujuan universitas 1,2, dan 3 UI semua ? 
  • Iya, kalau mau satu tujuan kampus isi semua dengan prodi dan kampus sama. 
Saya mau bertanya, saya ingin mendaftar magsister akuntansi di Unair. Di daftar perguruan tinggi di lampiran LPDPnya terlampir magister akuntansi Unair. Namun, saat saya ingin melakukan pilihannya, saya mengetik 'magister akuntansi' dan hanya keluar 2 pilihan kampus, yakni UGM dan UI. Sedangkan apabila saya mengetik 'akuntansi' saja, maka keluar pilihan Unair, UGM, Universitas Andalas, dan lain sebagainya. Pertanyaan saya, apakah pilihan 'akuntansi' dengan 'magister akuntansi' itu sama-sama berarti s2 akuntansi ? 
  • Pilih sesuai yg terlampir di list perguruan tinggi lpdp ya Apabila tidak sama, nanti belakangnya agak ribet karena mengurus perpindahan. Ada saranku, cek nama di akreditasi prodinya unair, namanya apa. Trus, kmu daftar lpdp itu kan magister ya, muncul pilihan s3 ga? Kalau ga, brarti bisa dipastikan itu sama Konfirmasi ke bantuan lpdp via tiket ya, tidak usah terburu ya

Ijazah/transkrips/SKL untuk syarat masuk Beasiswa LPDP

Katanya sekarang udah tidak bisa pakai SKL harus ijazah 
  • SKL tetap bisa dipakai, aku sendiri pakai surat keterangan telah mendaftar yudisium bisa lolos tahap administrasi, aku belum punya SKL waktu seleksi administrasi. Pas seleksi wawancara, pada saat pemberkasan, aku tunjukkan pula, surat keterang kemarin ku upload dan SKL ku yang sudah keluar. Bisa kok

TOEFL/Sertifikat bahasa untuk syarat masuk Beasiswa LPDP

Toefl itp itu harus ikut di lembaga khusus yha mas atau gimana? Soalnya kemarin saya sudah ikut, tapi yg menyelenggarakan pihak universitas..Untuk S2 itu mas, menyelesaikan pendidikan full setiap senin-sabtu atau jumlah pertemuannya cenderung lebih sedikit? > 
  • Ada panduan kamu bisa lihat, jumlahnya. Wajib Kelas reguler. Boleh dri univ, masa berlakunya 2 tahun
Bang utk tes toefl ada prsyaratan harus toefl dmna gak? Kalo kita mau coba s2 dlm negeri, trus ikut tes toefl yg diadakan sm salah 1 bimbel kira2 boleh gak ya bg? 
  • Toefl yang resmi ETS, biasanya di Pusat Bahasa Universitas mengadakan Toefl ITP resmi ETS.
Toeflnya ada banyak banget, Toefl IBT, ITP, TOEIC IELTS, itu semua harus diikutikah jadi syarat?
  • Pilih satu, saya sarankan Toefl ITP, masa berlaku 2 tahun.
Maaf mas saya mau tanya, utk mendaftar lpdp itu kan hrs ada sertifikat bahasa. Semester lalu kan saya sudah tes toefl tapi belum dapet sertifikatnya, hanya dapat surat keterangan saja. Tapi pada surat tersebut sudah mencantumkan score toefl saya mas. Itu bisa dipake ga ya? 
  • Kalau surat keterangan resmi bisa dipakai, ada stempel dari universitas dan penyelenggara toefl

SK Bebas Narkoba  untuk syarat masuk Beasiswa LPDP

Kamu buat surat keterangan bebas narkoba di kepolisian apa di rumah sakit ? berapa harganya? 
  • Buat suket bebas narkoba di Rumah Sakit Bhayangkara Kediri sebesar Rp. 165.000 (September 2022) langsung jadi dan membutuh waktu 3-6 jam karena menunggu hasil lab. 

Rekening listrik untuk syarat masuk Beasiswa LPDP

Kalau boleh tau rata-rata rekening listrik kaka dulu berapa ya kak ?
  • kalau punyaku rata-rata Rp. 50.000
Kak, Untuk format pernyataan rekening listrik untuk yang afirmasi ada ga kak dari LPDPnya? soalnya saya belum nemu formatnya
  • kalau kemarin saya langsung scan rekening listriknya aja langsung 3 bulan.

Surat Rekomendasi untuk syarat masuk Beasiswa LPDP

Surat rekomendasi buat apa ka? Sebaiknya minta ke siapa ? 
  • Persyaratan wajib untuk administrasi, selain itu yang memberi rekomendasi itu adalah orang yang tau kompetensimu. Bisa satu atau dua sesuai ketentuan pedoman LPDP. Bisa dari tokoh masyarakat ataupun dosen. Kalau aku dua, ketua program studi dan dosen pembimbing skripsi.
Surat rekomendasi kaka seperti apa ? 
  • format sesuai pedoman lpdp, isiannya sesuai yang beri rekom
Saya mau tanya ttg surat rekomendasi untuk datar lpdp. Dulu mas gani menyertakan surat rekomendasinya 1 atau 2 ya mas? Lalu mas gani meminta ke dosbing skripsi atau bagaimana mas? 
  • Dosen Pembimbing Skripsi dan Ketua Program Studi 
oh jadi minta di salah satu dosbing dan tokoh yg memiliki jabatan penting di prodi kita gitu ya mas? 
  • Bebas sih, utamanya yg menengenal baik dirimu ya. Entah itu tokoh masyarakat, atau dosen pembimbing, /atasan. Atau coba konsul ke pembimbing dulu ya
Bolehkah saya melihat surat rekomendasi mas gani kah? Sebagai referensi saya untuk membuat surat rekomendasi mas
  • Sebeneranya sudah ada formatnya dari lpdp sih. Coba cek dibuku panduan, disitu ada templatenya. Tinggal sesuaikan aja, formatku masih pakai yang lama. 

Esai dan rencana studi Beasiswa LPDP

Nulis Esai untuk Beasiswa LPDP itu susah gak sih? 
  • Tidak sulit, tulis sesuai apa yang dikerjakan. Nanti esai akan ditanyakan di wawancara. 
Oya untuk rencana studi Beasiswa LPDP itu secara umum ya? 
  • Secara spesifik sesuai minat penelitian sama universitasnya. Nanti ini ditanyakan ketika wawancara
Essai kontribusi Beasiswa LPDP  yg telah dan yg akan dituliskan lagi kah? Soalnya disyarat 2019 tidak disebutkan. Dan satu lagi jika tidak slip gaji/penghasilan caranya gmn apa bisa digantikan dgn surat pernyataan? 
  • Esainya sesuai panduan Beasiswa LPDP  yg terbaru. Kalau mba blum bekerja, pakai slip gaji ortu.  
Saya boleh baca rencana studi & proposal studi Beasiswa LPDP punya abg ? 
Ka aku bingung dengan jawaban yang mau disusun alasan kenapa ngambil S2?
  • Sesuai di esai, kontribusi penelitian dan topik tesis yang bermanfaat bagi masyarakat.

LoA untuk syarat masuk Beasiswa LPDP

Kak apa itu LOA Beasiswa LPDP 
  • Surat pernyataan kamu ketrima di universitas tujuan, tidak wajib, boleh dikosongi. 
Pas daftar LPDP pakai semacam LoA gak mas? 
  • tidak wajib, kalau ada mendukung nanti saat wawancara. 
Lulus Beasiswa LPDP belum tentu lulus kampusnya kan ? beda tesnya ya gan ? 
  • Iya beda, ketika kamu uda lolos tahap akhir LPDP. Selanjutnya kamu tes dikampus tujuanmu, kamu bisa ga lolos di tujuanmu ya gaes, temenku ada yang gagal pada tes gelombang pertama, tapi lolos d gelombang 2. 

Sertifikat prestasi dan keikutsertaan organisasi

Izin tanya mas, apakah sertifikat prestasi dan organisasi juga menjadi poin penting ? Menurut pengalaman mas sendiri atau dari rekan mas yang telah diterima di beasiswa lpdp, dan dulu mas nya kalo nyantumin sertifikat prestasi dan organisasi itu apa saja yg di masukan? Terimakasih

  • Sertifikat prestasi dan pengalaman organisasi ada diisian saat pendaftaran beasiswa lpdp. Seingat saya boleh tidak diisi, akan tetapi kalau ada lebih bagus dan menjadi nilai tambah. Saat wawancara pun, ini sempat dibahas karena aku jadikan bahan juga di esai. Prestasi aku masukin finalis Liblicious FIKOM UNPAD, Juara harapan 2 Desain Leaflet tingkat SMA, dan Juara Lomba Web Blog tingkat SMA. Kalau organisasi, saya masukan Volunteer dan Student Employee di Fadel Muhammad Resource Center, dan Relawan di TBM Terasbaca Kota Malang. 

Seleksi berbasis komputer untuk Beasiswa LPDP

Tes SBK Beasiswa LPDP itu sama seperti kalau tes CPNS mas? 
  • SBK Beasiswa LPDP menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Ada Tes Potensi Akademik, Tes Soft Kompetensi, dan On The Spot Writing (OTSW), Nilai TPA nanti akan keluar. 
Isu OTSW Beasiswa LPDP bisa beragam temanya? 
  • Iya sesuai berita trending di Indonesia tentang pemerintah waktu tes. Tema ditentukan oleh LPDP, kita ntar ngasih deksripsi dan solusi. 
Tema OSTW Beasiswa LPDP mas dulu tentang apa ? 
  • Pengelolaan dana desa terpusat atau desentralisasi. 
Tema OSTW Beasiswa LPDP bisa lihat dimana? 
  • Kamu pantengin grup-grup calon awardee lpdp atau tes subtansi tiap daerah, biasanya ngelist tema-tema OSTW
Minta kisi2 tes komputer itu seperti apa ? 
Btw nilai skor tes TPA Beasiswa LPDP berapa gan? ada yang bilang gini gan SUMMARY PASSING GRADE SBK: DALAM NEGERI, 1. Reguler: 180; 2. Targeted: 150; 3. Afirmasi 3T: 150 4. Afirmasi Bidik Misi: 150 LUAR NEGERI, 1. Reguler: 195, 2. Targeted: 150,3. Afirmasi: 155,
  • Terkait hal tersebut kamu bisa tanya melalui bantuan LPDP. Ada temenku yang ikut LPDP santri dalam negeri TPA nya 140 tidak lolos, memang disitu skornya minimal 150. Ada beberapa temenku lagi yang Bidikmisi skornya 200 dan 185 lolos ke tahap selanjutnya. 

Pengecekan berkas Beasiswa LPDP

Saat wawancara Beasiswa LPDP bawa SKL kan, tidak apa kan, alasanya apa? 
  • saya baru mendaftar Wisuda, jadi ijazah saya belum keluar, tidak dipermasalahkan oleh bagian cek berkas
Berkas-berkas sertifikat cetak itu ditanyakan saat wawancara Beasiswa LPDP, dibawa tidak ? 
  • dibawa saja, tidak dilihat oleh interviewer, karena sudah di upload d lpdp.

Persiapan sebelum wawancara Beasiswa LPDP

Ka ikut sharing dulu sebelum tes subtansi Beasiswa LPDP? I
  • ya ikut, dulu di Universitas Negeri Malang awardee nya ngadain, keren-keren kakanya dikasih tau seputar tips wawancara dan motivasi agar bisa lolos. Acara tidak dipungut biaya. 

Wawancara Beasiswa LPDP

Wawancara Beasiswa LPDP pakai bahasa inggris? 
  • Aku dulu engga pakai bahasa indonesia, mungkin karena tujuan studinya dalam negeri ya, dan toefl ku dibawah 450. Kalau luar negeri pakai bahasa inggris memang setauku ya. 
Oiah mas, untuk biaya tes wawancara Beasiswa LPDP itu pakai dana sendiri yha?  
  • Tidak ada penarikan biaya dari lpdp. Mungkin nanti pling transport dll ditanggung sendiri pas wawancara sesuai lokasi
Tips wawancara Beasiswa LPDP itu apa ka? 
  • Lpdp nyari orang -orang yang berkomitmen untuk berkontribusi di indonesia walaupun kecil.
Psikolognya emang gitu ta? Nanya, abis nanya aku jawab, terus udah bla,bla. Diem mandangin aku tajam gitu. Psikolognya emang gitu ta? Nanya pas di depanku lagi kan. Mandanginnya tajam sekali. >
  • Iya betul, seingetku dulu memang begitu. Bisa jadi psikolog lain tidak begitu.
Mas, kalau mas gani kan waktu dftr tu udh punya karya kan, Jdi ada poin plus gitu. Kalo belum pernah punya karya atau prestasi lomba gitu waktu wawancara kita kuatkan poin plusnya di apa ya?
  • Esaimu kamu tulis apa? Esaimu kamu tulis apa? Emm ada banyak sih, yg dibahas kan yg sedang, telah dan akan dilakukan. Nah itu dijelasin, misal saat ini belum ada paper, nah ini mau dijadikan paper masih proses review. Kuatin kontribusi
Kontribusinya cuma pengabdian, sama organisasi2 gitu. Terus di essay kemarin aku nyantumin data tapi dri website gitu. Salah satunya dari katadata.co.id. Ngaruh ga ya mas kalo misal (ni data kurang kredibel nih sumbernya) misal gitu. Sya suka overthinking sendiri sama pertanyaan2 nya.
  • Engga ngaruh, ada banyak yg dinilai. Paling besar pas show up di depan interviewer. Perkenalan dan jawab pertanyaan interviewer nya harus berani ya!
Kalo jawabnya a e a e ga cas cis cus gitu ngaruh berati ya?
  • Engga tau, aku dulu suka gitu. malah pas adzan magrib, sempet blank bentar. tapi sebisanya sering latihan sih. Emm, aku ga tau skrg online. Usahain device nya fungsi dengan baik ya. biar engga nurunin moral
Mas dulu berapa lama diwawancarainya? Dlu waktu masih offline
  • 30menitan
Mas berarti ini kita hrs udh siap jg ya thesisnya itu mau bahas apa dan gmna. Plan 5 thn kedepan detail jg ga ditanyannya?Loa tu ga ngaruh kan ya mas?
  • Ada di esaimu kan? Permasalahan yg ingin kamu selesaikan. LOA Engga wajib\
Oiya mas, kalau boleh tau mas gani mencari referensi utk tesis dmna ya mas? Atau mas gani melanjutkan penelitian ketika S1?
  • Nanti disesuaikan peta riset jurusan dan kepakaran dosen sih Sama minat kita. Temanya masih sama "metadata", kontennya udah beda perpustakaan, sekarang arsip
Biasanya digrup2 itu ada yg share kisi2 pertanyaan yg bakalan ditanyakan. Dari yg dishare temen2 gitu banyak yg sama kah mas pertanyaannya? Kan di youtube2 gitu jg ada tuh.
  • engga tau sih aku klo lihat ini (screenshot di bawah), ada yang sama sih. sebagian engga ditanyakan
Ka aku punya screenshot 
pertanyaan wawancara Beasiswa LPDP, list ini masuk atau tidak ? 
pertanyaan wawancara Beasiswa LPDP

Kan di indonesia memang ada aturan bahwa dosen hrs linear. Sedangkan saya prodi tujuan tidak linear dengan S1. Dan saya menuliskan ingin menjadi dosen di essay saya. Kira2 adakah solusi dari mas gani terkait hal ini? 🙏🏻

  • Aku kurang tau masalah ini. Sejauh aku lihat, memang linear, coba cek formasi cpns dosen JIP, dosen tetap JIP di swasta, linear sih. Trs kaka kelas kita 2012 ambil S2 kebijakan publik. Bisa tuh dia ngajar di prodi adm publik di swasta/universitas di kediri. Di UI misalnya, S1 sastra, S2 Perpus, S3 sejarah, bisa tuh ngajar di JIP. Nah kamu pinginnya ngajar di prodi JIP atau dosen matkul umum? misal ngajar bahasa, bisa aja sih. Dosen tuh luas sebenernya, ngajar di vokasi bisa juga

Kuliah S2 di Universitas Indonesia

Berapa biaya hidup di UI ? 
  • Perbulan kita dapat 4,7 juta (Jakarta; Kota Bogor; Kabupaten Bogor; Depok; Tangerang Selatan; Surabaya). Kota lain dapatnya 4,3 juta
  • Ada banyak pembiayaan seperti uang buku, kedatangan, kesehatan, penelitian, konferensi internasional, dll.
Tes di UI sulit tidak ? 
  • Kalau menurutku ada yang sulit dan ada yang mudah, banyak sulitnya jadi harus banyak belajar. Di Magister JIP UI, yang daftar 10 ketrima 9, kuotanya 15 mahasiswa per gelombang. Jadi ada standar dan kriteria di masing-masing prodi. Baca: pengalaman Saya Mengikut Simak UI 

Menjadi Awardee LPDP

Mas aku mau tanya, kamu dapat beasiswa LPDP S2 tuh nah bisa sambil kerja juga atau hanya kuliah aja mas?

  • Fokus belajar dan kuliah. Kalau sebelumnya bekerja maka harus buat surat izin belajar. Magang saat kuliah diperbolehkan sepahamanku tentu dengan izin LPDP ya. 

Apakah bisa mengajukan dana bantuan penelitian (tesis)?

  • Bisa. tersedia Rp 15.000.000,00 untuk penelitian tesis yang tidak menggunakan laboratorium.dan  Sebesar Rp 25.000.000,00 untuk penelitian tesis yang menggunakan laboratorium.  

Pencarian beasiswa: Komponen yang didapatkan:

Apabila ada pertanyaan lain seputar Beasiswa LPDP, silakan kirim pesan di laman Kontak. Jawaban dikirim melalui email dan pembaca bisa melihat jawaban di artikel ini ya. 

Artikel ini diperbarui terakhir pada 02 September 2023 pukul 12.08 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Beasiswa LPDP #15: Kumpulan pertanyaan, keluh kesah, dan solusi"