Beasiswa LPDP #6: Persiapan Keberangkatan Beasiswa LPDP

Persiapan Keberangkatan LPDP

Saya bagikan pengalaman mengikuti Persiapan Keberangkatan LPDP yang merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh Awardee LPDP sebelum benar-benar menjalani masa kuliah. 

Kegiatan Persiapan Keberangkatan LPDP (PK LPDP) merupakan kegiatan  “MAIN BERSAMA AWARDEE LDPD, MAIN BERSAMA JAJARAN LPDP, MAINBERSAMA TOKOH NASIONAL” dalam arti kegiatan yang mempererat tali silaturahmi dan kedekatan antar awardee LPDP, Jajaran direksi LPDP, tokoh-tokoh nasional selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan pra-persiapan keberangkatan LPDP

Keseruan persiapan keberangkatan dimulai jauh sebelum persiapan keberangkatan atau PRA-persiapan keberangkatan. Kegiatan pra-persiapan keberangkatan dimulai ketika Kopdar masing-masing wilayah seperti Kopdar Jatim, Kopdar Jateng, dst.

Kegiatan pra-persiapan keberangkatan mulai dari pemilihan perwakilan angkatan (PA), dilanjutkan dengan kesiapan persiapan keberangkatan untuk bisa dilangsungkan persiapan keberangkatan. Persiapan acara, desain, latihan pembukaan, buku angkatan, dan persiapan lain dilakukan sebelum persiapan keberangkatan 

Selama pra-persiapan keberangkatan terdapat banyak drama yang berlangsung, namun akhirnya bisa persiapan keberangkatan juga.

Kegiatan Persiapan keberangkatan LPDP

Persiapan keberangkatan berlangsung selama lima hari bertempat di Wisma Hijau, Bogor. Kegiatan persiapan keberangkatan berlangsung mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB di Aula Wisma Hijau. 

Puspa Wikasita saat kegiatan dibagi menjadi 6 kelompok yaitu anggika, cataka, edelia, nektapua dan turuwara. Pembagian kelompok ini tidak lain untuk mendekatkan masing-masing kelompok. Saya sendiri tergabung dalam PK 137 (Puspa Wikasita) yang berjumlah 113 Awardee LPDP. 

Selama Persiapan keberangkatan berlangsung beberapa narasumber turut hadir yaitu Pak Emanuel, Pak Zaini, Prof. Ali Gufron,Andrea Hirata, Muhammad Nuh, Luhut B. Pandjaitan. 

Kegiatan Pasca Persiapan keberangkatan LPDP

Pasca-persiapan keberangkatan, hampir semua rekan-rekan mulai kembali ke aktifitas masing-masing. 

Saya sendiri kembali menjalani aktifitas saya yang mengikuti program pengayaan bahasa di UNS. 

Selain itu, saya dan tim diberikan amanah untuk menyelesaikan Buku Angkatan PK 137. Buku angkatan berisi profil LPDP, anggota PK 137, kegiatan yang berlangsung selama persiapan keberangkatan. 

Buku angkatan persiapan keberangkatan LPDP

Kesan pesan mengikuti Persiapan keberangkatan LPDP

Kegiatan persiapan keberangkatan bersama keluarga Puspa Wikasita merupakan momen yang berharga dan berkesan, 

Saya bertemu dengan banyak rekan-rekan dari seluruh Indonesia, dari tujuan studi dalam dan luar negeri, dari berbagai tujuan studi dan profesi dan tentunya dari latar belakang yang berbeda.

Salam kelopak, Mekar bersama – membangun Indonesia.

Rekaman kegiatan Persiapan keberangkatan LPDP (PK 137)

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.