Pengalaman Ikut SIMAK Universitas Indonesia 2019 Gelombang 1 - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Jumat, 10 Mei 2019

Pengalaman Ikut SIMAK Universitas Indonesia 2019 Gelombang 1

Solo - Terdapat banyak universitas yang membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) mulai dari jenjang vokasi, sarjana, magister, spesialis dan doktoral. Salah satu universitas yang menyelenggarakan PMB yaitu Universitas Indonesia. PMB di Universitas Indonesia atau lebih dikenal SIMAK UI. SIMAK UI atau Seleksi Masuk Universitas Indonesia merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel,  Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda (Simak UI, 2019).

Gambar 1. Hasil Simak UI, (Dokumentasi penulis, 2019)
Simak UI, terutama jenjang magister tiap tahun diselenggaran UI. UI membuka Simak UI sebanyak 3 gelombang. Mulai dari gelombang I, gelombang II, dan genap. Adapun persyaratan yang harus disiapkan seperti foto, legalisir ijazah dan transkrip akademik, membayar biaya pendaftaran. Selain itu, pelamar juga harus memenuhi persyaratan masing-masing prodi atau fakultas yang dipilih seperti menulis karya tulis, persyaratan IPK dan Toefl. 
Igan sendiri mengikuti Simak UI gelombang 1 yang diselenggarakan tanggal 24 Maret 2019 di Kampus UI Depok. Ada dua pilihan jenis ujian menggunakan paper based dan non paper based. Sepanjang pengalaman Igan, non paper based kuotanya cepat habis, jadi harus segera mendaftar. Igan sendiri memilih paper based sesuai kuota ujian tersedia. Biaya Simak UI sebesar Rp. 1.000.000,- untuk mendapatkan kartu ujian. Igan memilih prodi Magister Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI dan ujian diselenggarakan di Fakultas Teknik sesuai pilihan dari penyelenggara SIMAK UI. 
Ujian Simak UI terdiri dari bagian yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris. Untuk Tes TPA skor salah -1, tidak menjawab 0 dan benar +4 sesuai dengan petunjuk pengerjaan soal. Soal bahasa inggris tidak ada pengurangan skor. Berikut rundown pelaksanaan Simak UI sesuai pengalaman Igan. 
Tabel 1. Rundown Simak UI, (Dokumen penulis, 2019)
Waktu
Materi
07.00-07.30
Pengisian data diri
07.30-09.30
TPA
09.30-10.15
Istirahat
10.15-10.30
Pengisian data diri
10.30-12.00
Bahasa Inggris
Tips mengikuti Simak UI yaitu tentu harus menyiapkan TPA dan Bahasa Inggris, pelajari modul TPA dan Bahasa Inggris. Soal TPA UI mirip seperti contoh-contoh soal TPA Bappenas terdiri dari 3 materi yaitu verbal, kuantitatif dan penalaran dengan kesulitan lebih tinggi, jadi rekan -rekan harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Soal bahasa Inggris mirip seperti toefl tanpa listening. Soal bahasa Inggris terdiri structure dan grammar yang memilih kata yang tidak tepat dan reading lebih ke bahasan ilmiah/jurnal penelitian pada teks bacaan jadi harus sering baca penelitian-penelitian. 
Tabel 2. Pendaftaran Simak UI Program Magister 2019


Kegiatan
SIMAK gel.1
Pendaftaran
4 Februari – 15 Maret 2019
Ujian
24 Maret 2019
Pengumuman
8 April 2019

Kegiatan
SIMAK gel.2
Pendaftaran
10 Juni – 10 Juli 2019
Ujian
21 Juli 2019
Pengumuman
5 Agustus 2019

Kegiatan
SIMAK Genap
Pendaftaran
1 Oktober- 1 November 2019
Ujian
10 November 2019
Pengumuman
10 Desember 2019

Jangan lupa berdoa, minta restu orang tua agar lancar ujian dan ketrima di UI. Datang tepat waktu, kemarin Igan mengikuti Simak berangkat jam 06.00 WIB loh, ya buat persiapan daripada telat, Pengawasnya profesional, jadi jangan harap bisa melakukan kecurangan, kemarin ada yang balik soal yang bukan waktunya kena tegur. 
Sampai berjumpa di geng jakun !!!
Referensi  
SIMAK UI.2019. "Tentang Simak" dalam https://simak.ui.ac.id/tentang-simak.html diakses pada 10 Mei 2019 pukul 04.08 WIB

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done