Mau masuk jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi ? Ini dia prospek kerjanya - Bagian I - Gani Nur Pramudyo

Always Supporting Your Knowledge

Kamis, 11 Juli 2019

Mau masuk jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi ? Ini dia prospek kerjanya - Bagian I

[Solo] Jurusan Ilmu perpustakaan dan informasi ? memang ada di kampus ? masih baru toh iku ? itu kerjanya nata buku aja ya? Oh, yang jaga buku di perpus ? kuliah 4 tahun, mau jadi apa?
Kalau smart people mau masuk jurusan Ilmu perpustakaan dan informasi atau sudah terjerumus ke dalam bidang ini. Lantas nanti pas kuliah atau prospek kerja ke depan gimana? Kali ini Igan akan kupas tuntas pada bagian I supaya smart people bisa tersesat di jalan yang benar.
FYI, Igan merupakan alumni program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2014. Saat ini igan akan menempuh studi magister Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, intake September 2019 menggunakan Beasiswa LPDP 2018.
Pas awal sampai lulus kuliah jurusan Ilmu perpustakaan dan informasi smart people akan tahu bahwa banyak lowongan kerja di prodi ini. Mulai dari kerja jadi pustakawan (baca: profesional informasi), arsiparis (baca:rekod manajer), penulis, PNS, , peneliti, atau non linear semua bisa atau smart people mau bikin usaha sendiri jadi entreprenuer atau buat startup baru. Smart people bisa kerja di instansi manapun baik di lembaga dokumenter (perpustakaan, museum, arsip, galeri, situs) di berbagai instansi seperti Dinas Perpustakaan dan Arsip, Perpustakaan sekolah, perguruan tinggi, BUMN, lembaga pertelevisian,   atau instansi swasta yang membutuhkan tenaga ahli bidang tata kelola informasi atau document controller. Smart people bisa kerja disana, dengan gaji sesuai kesepakatan dan kontrak kerja masing-masing instansi tentunya.
Berikut Igan bagikan beberapa peluang dan prospek kerja yang nantinya akan temen-temen temui ketika kuliah – lulus jurusan ilmu perpustakaan dan informasi:
1.   PNS (Pegawai Negeri Sipil)
Jadi PNS sampai saat ini masih menjadi pilihan bagi lulusan ilmu perpustakaan, berdasarkan hasil pengamatan Igan, terdapat setidaknya 150 formasi pada tahun 2018 di Perpustakaan Nasional untuk lulusan ilmu perpustakaan untuk posisi, pustakawan ahli pertama dan arsiparis. “Lulusan S-1 Perpustakaan adalah paling banyak dicari, untuk mengisi 150 jabatan pustakawan ahli pertama. Rinciannya 23 cumlaude, 7 pendaftar disabilitas dan 120 pendaftar umum” (Tirto.id, 2018). Selain itu, beberapa perpustakaan umum daerah dan kementrian juga membuka formasi untuk pustakawan ahli pertama.
2.   Pustakawan Ahli di Perguruan Tinggi, Sekolah atau Yayasan Swasta
Beberapa rekan Igan memilih untuk memilih bekerja di Universitas ataupun sekolah yang bonafit, yang mampu membayar lulusan S1 Ilmu Perpustakaan sesuai kapasitas dan kompetensi. Selain itu, di instansi ini juga banyak terdapat tunjangan yang cukup.
3.   TNI AD/AU/AL atau Anggota Kepolisian
Terdapat kakak tingkat Igan yang masuk akademi angkatan udara sebagai Perwira Prajurit Karier TNI dengan Pangkat Letnan Dua. Saat ini rekan igan tersebut menjadi Kepala Urusan Koleksi dan Pemrosesan Perpustakaan AAU.
4.   BUMN
Bekerja di BUMN masih menjadi idaman bagi siapa saja termasuk lulusan S1 Ilmu Perpustakaan. Bekerja di BUMN merupakan prospek yang cerah, sebagai pustakawan smart people bisa mencoba untuk melamar biasanya dibuka untuk posisi arsiparis, dokumen controller dan pustakawan.
5.   PDII-LIPI
Instansi ini paling dikenal di S1 Ilmu perpustakaan, benar Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI ini merupakan prospek yang bagus bagi lulusan ini. Bekerja di disini, smart people dapat diposisikan sebagai pustakawan, arsiparis sampai dengan menjadi peneliti.

Sekian dari peluang dan prospek kerja lulusan S1 Ilmu perpustakaan, yang dapat Igan jelaskan. Jangan lupa tinggal comment dan share bila bermanfaat. Salam literasi...


Comments


EmoticonEmoticon