Jurusan ilmu perpustakaan dan prospek kerjanya

Lulusan S1 Ilmu Perpustakaan kerja apa?

Jurusan Ilmu perpustakaan? memang ada di kampus ? masih baru toh? kerjanya nata buku? Oh, yang jaga buku di perpustakaan ? kuliah 4 tahun, mau jadi apa?

Kamu mau masuk jurusan Ilmu perpustakaan? atau sudah terjerumus ke dalam bidang ini? Lantas nanti pas kuliah atau prospek kerja ke depan gimana? 

Kali ini saya akan membahas Jurusan ilmu perpustakaan dan prospek kerjanya upaya pembaca dan peminat jurusan ini sedikit memiliki gambaran.

Prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan

1. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Lulusan ilmu perpustakaan dapat menjadi PNS. Berdasarkan hasil pengamatan saya, terdapat setidaknya 50 formasi di Perpustakaan Nasional pada tahun 2021 untuk lulusan ilmu perpustakaan terutama untuk posisi pustakawan ahli pertama dan arsiparis. 

Selain itu, beberapa perpustakaan umum daerah dan kementrian juga membuka formasi untuk pustakawan ahli pertama.

Baca jugaLowongan CPNS Perpustakaan 2021

2. Pustakawan Perguruan Tinggi, Sekolah atau Yayasan Swasta

Lulusan ilmu perpustakaan dapat memilih untuk bekerja di Universitas ataupun Sekolah yang bonafit, yang mampu membayar lulusan S1 Ilmu Perpustakaan sesuai kapasitas dan kompetensi. 

Selain itu, di instansi ini juga banyak terdapat tunjangan yang cukup.

3. TNI AD/AU/AL atau Anggota Kepolisian

Terdapat kakak kelas dan teman seangkatan saya yang masuk akademi angkatan udara sebagai Perwira Prajurit Karier TNI dengan Pangkat Letnan Dua. 

Saat ini rekan saya tersebut menjadi Kepala Urusan Koleksi dan Pemrosesan Perpustakaan AAU yang sejatinya memiliki latar Lulusan ilmu perpustakaan.

4. BUMN

Lulusan ilmu perpustakaan dapat memilih bekerja di BUMN masih menjadi idaman bagi siapa saja termasuk lulusan S1 Ilmu Perpustakaan. 

Sebagai lulusan ilmu perpustakaan, bekerja di BUMN merupakan prospek yang cerah, sebagai pustakawan kamu bisa mencoba untuk melamar biasanya dibuka untuk posisi arsiparis, dokumen controller dan pustakawan.

5. PDII-LIPI

Lulusan ilmu perpustakaan dapat bekerja Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI sebagai pustakawan, arsiparis sampai dengan menjadi peneliti.

6. Media Televisi

Lulusan ilmu perpustakaan dapat bekerja di perpustakaan media sebagai pustakawan. Tiap media TV dapat memiliki perpustakaan, sehingga membutuhkan tenaga profesional untuk mengelola sumber informasi yang dimiliki. Contohnya Perpustakaan Metro TV, Perpustakaan CNN, dll.

Prospek kerja di jurusan Ilmu perpustakaan sangat banyak. Lulusan ilmu perpustakaan dapat bekerja sebagai pustakawan (baca: profesional informasi), arsiparis, rekod manajer, penulis buku, PNS, peneliti, entreprenuer atau buat startup baru, dsb.

7. Media Massa

Lulusan ilmu perpustakaan dapat bekerja di media massa seperti berita. Kemampuan utama yang dibutuhkan utamanya skill menulis, komunikasi, kerjasam dan kolaborasi. 

8. Document Controller

Lulusan ilmu perpustakaan dapat bekerja di sebagai document controller di perusahaan. Salah satu tugas document controller yaitu melaksanakan pengawasan dan pengorganisasian dokumen perusahaan. 

9. Konsultan perpustakaan

Lulusan ilmu perpustakaan dapat menyediakan jasa pengembangan otomasi perpustakaan, lembaga arsip dan museum. Kamu bisa membantu mengerjakan proyek otomasi di perpustakaan, instansi swasta dan masyarakat. 

10. Arsiparis

Lulusan ilmu perpustakaan dapat bekerja di sebagai arsiparis. Kamu bisa mendampingi instansi yang membutuhkan pengelolaan arsip.  

Baca jugaPeluang karir lulusan ilmu perpustakaan dan informasi 

Gaji lulusan ilmu perpustakaan

Gaji dihitung dan dibayarkan kepada lulusan ilmu perpustakaan tidak sedikit. Bahkan salah pustakawan menyebutkan gaji pustakawan lebih besar daripada yang tidak bekerja. 

Perhitungan gaji biasanya disesuaikan dengan latar pendidikang, seberapa pengalaman kerja yang kamu lakukan. Selain itu, tempat kerja yang kamu tuju juga menuntukan. 

Mata kuliah jurusan ilmu perpustakaan

Ada banyak mata kuliah jurusan ilmu perpustakaan yang dapat kamu pelajari. Tiap departemen di perguruan tinggi memiliki ciri khas masing-masing. 

Contoh mata kuliah jurusan ilmu perpustakaan, sebagai berikut:

Konsentrasi manajemen kearsipan

Contoh mata kuliah jurusan ilmu perpustakaan untuk konsentrasi kearsipan seperti manajemen dokumen, manajemen rekod, penilaian dan retensi rekod, administrasi arsip, dll.

Konsentrasi manajemen perpustakaan

Contoh mata kuliah jurusan ilmu perpustakaan untuk konsentrasi manajemen perpustakaan yaitu manajemen koleksi, analisis subkel dan klasifikasi, layanan referensi, pengembangan perpustakaan digital, bibliometrik,dll. 

Konsentrasi tata kelola informasi

Contoh mata kuliah jurusan ilmu perpustakaan untuk konsentrasi tatakelola informasi yaitu: filsafat kepustakawan, teori dokumentasi baru, pengantar ilmu perpustakaan, komunikasi publik, kewirausahaan, tata kelola informasi, dll. 

Universitas dengan jurusan ilmu perpustakaan 

Jurusan ilmu perpustakaan di perguruan tinggi di Indonesia memiliki ciri khas utamanya sesuai dengan fakultasnya. 

Misalnya program studi S1 Ilmu perpustakaan Fakultas Ilmu Sdministrasi Universitas Brawijaya,  Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, dll.

Baca jugaJurusan ilmu perpustakaan di perguruan tinggi di Indonesia

Berapa lama kuliah Ilmu Perpustakaan?

Kuliah jenjang sarjana (S1) ilmu perpustakaan secara umum ditempuh dengan 8 semester atau sekitar 4 tahun, dan paling cepat 3,5 tahun. Apabila kamu mendaftar jenjang diploma 3, setidaknya membutuhkan waktu 3 tahun untuk lulus.

Persiapkan segala alat dan bahan untuk menunjang tugas akhirmu, agar nanti kamu bisa lulus tepat waktu. Kamu juga bisa melanjutkan studi pascasarjan (S2) ilmu perpustakaan dengan beasiswa. Kuliah S2 membutuhkan waktu sekitar 2 tahun, paling cepat 1,5 tahun. Apabila melanjutkan kuliah doktoral ilmu perpustakaan, maka membutuhkan waktu sekitar 4 tahun. 

Pengalaman lulusan ilmu perpustakaan

Sebagai mahasiswa dan lulusan ilmu perpustakaan, kamu wajib mengembangkan wawasan dan softskill yang kamu miliki. Hal ini akan menunjang nanti ketika kamu terjun ke masyarakat, sehingga dapat bermanfaat bagi bangsa, instansi, dan diri sendiri. 

Pengalaman saya sebagai mahasiswa tidak sedikit, beberapa kegiatan aktif saya ikuti seperti lomba, kegiatan internal kampus berperan sebagai panitia, ikut konferensi, magang kerja, dan pengabdian masyarakat. 

Baca juga: Mahasiswa Ilmu Perpustakaan: Sebuah renungan dan perjalanan

Mengapa memilih jurusan ilmu perpustakaan?

Ketika saya memilih jurusan ilmu perpustakaan, awalnya karena jurusan ini sepi peminat (passing grade kecil) dan memiliki prospek cerah pada tahun 2014. Selain itu, jurusan ini bagi saya bukan pilihan utama (kedua).

Akan tetapi setelah menjalani studi ini, hingga saat ini menempuh studi pascasarjana saya semakin yakin jurusan ini memiliki prospek yang cerah. Apalagi sekarang persaingan masuk jurusan ilmu perpustakaan meningkat. 

Baca juga: Tanya jawab seputar jurusan ilmu perpustakaan

Beasiswa kuliah jurusan ilmu perpustakaan

Beasiswa yang dapat kamu peroleh di jurusan ilmu perpustakaan sama halnya dengan jurusan lainnya tidak berbeda. Pemerintah juga telah menyiapkan beragam skema untuk masyarakat yang ingin melanjutkan studinya, tapi terkendala dengan biaya. 

Contoh beasiswa yang kamu peroleh seperti Beasiswa KIP Kuliah untuk melanjutkan jenjang studi diploma hingga Sarjana bagi lulusan SMA ditahun berjalan dan 2 tahun sebelumnya. 

Baca juga: Resep saya diterima Beasiswa Bidikmisi di Universitas Brawijaya

Terdapat pula beasiswa untuk melanjutkan jenjang studi magister dan doktorol, yaitu beasiswa LPDP. Kamu bisa melanjutkan studi dalam negeri dan luar negeri sesuai skema yang ditetapkan lpdp. 

Baca juga: Beasiswa LPDP 2018: Sebuah Pengalaman

Selain itu, ada banyak lagi beasiswa yang kamu peroleh seperti beasiswa internal kampus, beasiswa dari Bank, atau perusahaan lainnya. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.