Tak selamanya belajar Toefl ITP itu sulit. 4 Buku ini akan dongkrak skormu lebih dari 500

[Toefl, Riview Buku] Toefl ITP selalu identik dengan hal-hal yang susah, susah banget dan susah banget lah. Meskipun demikian, Toefl itu seperti "Inevitable" tak terhindarkan. 

Kenapa Toefl ITP tak terhindarkan? 

Jika smart people adalah mahasiswa atau calon mahasiswa, ataupun pelamar kerja maka Toefl adalah persyaratan wajib. 

Toefl biasa digunakan untuk prasyarat mendaftar sidang atau kompre, persyaratan masuk program pascasarjana atau magister, persyaratan ketika kamu mau daftar CPNS dan persyaratan yang wajib kamu miliki ketika melamar instansi di  Indonesia serta persyaratan wajib ketika daftar beasiswa. Maka yang perlu smart people lakukan adalah harus ikut tes Toefl ITP. 

Berapa skor Toefl ITP yang kamu harus peroleh? 

Tiap institusi pendidikan, universitas, lembaga, memiliki kriteria skor toefl tertentu. 

Untuk persyaratan sidang, dengan skor kelulusan minimal 460 misalnya, untuk masuk kerja ada yang minimal 450, jika smart people melanjutkan studi magister biasanya berkisar 450-500. 

Apabila kamu daftar beasiswa minimal harus peroleh skor 500-550. Belum lagi kalau kamu ingin lanjutkan sekolah diluar negeri, Toefl di beberapa negara merupakan kewajiban.

Apa bedanya toefl dan toeic?

Toefl ITP digunakan instansi pendidikan, melanjutkan pendidikan berisi topik bahasan ilmiah, sedangkan TOEIC untuk keperluan melamar pekerjaan, berisi topik bahasan dunia kerja. Ini yang sering terbalik di kebanyakan wilayah.

4 Buku ini akan dongkrak skormu lebih dari 500, sebagai berikut:

1. Ciffs Toefl-Preparation Guide

Buku Cliff Toefl karya Pyle dan Page (2002) ini masih banyak dipakai dan digunakan para pembelajar dan pemburu skor toefl. Buku ini, didalamnya terdapat bahasan listening, structure dan reading, semuanya pakai bahasa inggris baik soal dan penjelasannya ya. 

Kelebihan buku ini adalah detail yang jelas dan mudah dipahami bagian structure atau yang kita kenal grammar. Disini bagian grammar dijelaskan mulai dari hal-hal sederhana seperti subject, verb, complement sampai problem verb. Terdiri 29 riview grammar dan disertai contoh dan pembahasan. 

Buku cliff toefl, bisa kamu pakai untuk lebih mudah memahami grammar dan structure via:google images
Buku cliff toefl, bisa kamu pakai untuk lebih mudah memahami grammar dan structure via:google images

2. Longman Preparation Course for Toefl Test

Buku longman karya Phililips (2003) ini buku yang juga laris dipasaran. Buku ini, didalamnya terdapat bahasan listening, structure dan reading. 

Kelebihan buku ini adalah detail yang jelas dan mudah dipahami untuk semua bagian. Disini bagian listening, kamu akan diberikan penjelasan dan diagnosa listening mulai dari strategi part A, part B dan Part C. Selanjutnyam di bagian structure akan lebih kompleks, smart people harus menguasai skill 1 sentence with one clause hingga skill 60 distinguish other, another dan others. Terakhir reading yang memberikan skill mulai dari skill 1 hingga 13.

Kalau Igan sarankan, Longman paling lengkap. Tapi belajar Cliff dulu juga boleh karena structure lebih mudah dimengerti.
Buku Toefl Longman
Buku Toefl Longman, via : dokumen pribadi

3. Barron Practice Exercises For The Toefl 

Buku Barron Toefl karya sharpee (1980) sekarang sudah edisi ke 6 (2007). Buku ini salah satu buku toefl yang soal listeningnya lebih sulit dibanding 2 buku di atas juga merupakan kelebihan buku ini. 

Jika smart people ingin fokus belajar listening, buku ini boleh dicoba, semua berbahasa inggris ya. Untuk isinya mencakup pemabahasan listening structure dan reading. 

Buku barron cocok untuk meningkatkan skill listening
Buku barron toefl ITTP
Buku barron toefl via:google images

4. The Heinemann ELT-Toefl Preparation Course

Buku Heinemann karya mahnke dan Duffy (1993) ini buku yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar toefl. Mulai dari listening, structure dan reading. 

Bagian part dari buku ini yang paling susah adalah reading. Jadi apabila kamu belajar reading, buku ini sangat cocok dan disarankan.

Buku TOEFL Heinemann
Buku Heinemann cocok untuk kamu, via : dokumen pdf

Buku toefl apa yang digunakan smart people? 

4 buku toefl di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa dapatkan buku tersebut di toko online atau bisa mengunduhnya di internet. 

Sekian bahasan kali ini, jangan lupa komen dan share bila bermanfaat.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Tak selamanya belajar Toefl ITP itu sulit. 4 Buku ini akan dongkrak skormu lebih dari 500"