Belajar Mendeley #5: Rangkuman

Belajar Mendeley #5: Rangkuman

Rangkuman belajar Mendeley - Langkah mudah mempraktikan Mendeley untuk keperluan pembuatan kutipan dan daftar pustaka otomatis di jurnal. Mulai dari daftar akun, unduh dan instal, mengutip dan membuat daftar pustaka. 

Artikel ini secara khusus memberikan panduan mengelola kutipan dan daftar pustaka otomatis di Word secara terbatas. 

Membuat akun dan mengunduh Mendeley

Buka web browser  Anda, dan akses tautan situs Mendeley

Klik “create free account” untuk membuat akun Mendeley-ikuti tahapannya dan Klik Download untuk mengunduh mendeley Desktop (Windows, Mac dan Linux)

Laman web Mendeley

Menginstal Mendeley

Klik dua kali file Mendeley-Desktop-1.19.4-win32 yang telah diunduh. Akan muncul kotak dialog setup wizard, Klik next untuk memulai Setup Wizard, lalu Next hingga finish. Buka mendeley, masukkan email dan pasword yang sudah didaftarkan tadi klik login. 

Pada tampilan awal terdapat pilihan klik “Install Now” pada citation plugin for Microsoft Word.

Menginstal Mendeley

Entri Metadata di Mendeley

Buka mendeley desktop, anda dapat melakukan entri cepat dengan 3 pilihan sebagai berikut :

Entri Manual-Klik icon panah Add file pada menu bar pilih add entry manual untuk menambahkan (input) data secara manual. Anda dapat menambah entri konten secara manual berdasarkan jenis (buku, jurnal, web, dst), pengarang, tahun, tempat dan penerbit,dst. 

entri manual mendeleytambah metadata dan dokumen mendeley

Add file -Klik Add file untuk menambahkan dokumen (PDF, RTF, Doc, RefMan) ke dalam Mendeley. Pilih file yang akan di upload, klik open. Lakukan proses review di ruas pengarang, tahun, dst. 

upload dokumen mendeleyruas metadata mendeley

Impor RefMan di Google Scholar - Buka Google Scholar ubah pengaturan. Klik menu setting, pada bagian Pengelola bibliografi  pilih tampilkan link untuk mengimpor pernyataan ke RefMan. 

Impor RefMan di Google Scholar

Selanjutnya mencari dan mengimpor Sitasi-Ketik judul/pengarang/daftar pustaka di google scholar, lalu cari. Pilih hasil yang sesuai, klik Impor ke Refman, beri nama lalu simpan di folder khusus. 

Selanjutnya upload dengan cara drag and drop atau dengan klik add file, tambahkan file RefMan yang sudah dikumpulkan. Jangan lupa mereview RefMan yang telah ditambahkan.

Impor RefMan di Google Scholar 2

Membuat Sitiran & Daftar Pustaka di Mendeley

Buka dokumen Word anda, Klik Toolbar menu “References”, pada Kolom Mendeley Cite-O-Matic, klik Insert citation. 

Lalu ketik “Pengarang/judul/tahun” tekan OK atau anda bisa menggunakan Shortcut (Alt + M). Lalu ketik “Pengarang/judul/tahun” tekan OK. 

Insert sitasi  di mendeley

Pengarang lebih dari satu, hapus (search for additional reference) ketik “Pengarang/judul lain” dst, lalu klik OK.

  • Nomor halaman pada kutipan, hapus (;search for additonal reference), pilih Suffix, ketik nomor halaman.

Anda dapat mengubah kutipan sesuai yang anda keperluan dengan cara hapus manual dengan klik backspace/delete pada keyboard - muncul kotak dialog, pilih keep manual edit.

Membuat Daftar Pustaka Mendeley

Untuk membuat daftar pustaka secara otomatis, Klik Insert Bibliography pada toolbar REFERENCE kolom Mendeley Cite-O-Matic. Mendeley secara otomatis akan membuat daftar pustaka dari seluruh referensi yang disitir di dalam dokumen. 

Bayang-bayang hitam pada kutipan/daftar pustaka menunjukkan bahwa kutipan disitasi menggunakan mendeley.

daftar pustaka di Mendeley

Series Belajar Mendeley lainnya oleh Mas Gani

Series Belajar Mendeley lainnya oleh Mas Gani, silakan buka tautan Belajar Mendeley. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.