Belajar Mendeley #4: Mengelola referensi dan mengoptimalkan fitur

Belajar Mendeley #4: Mengelola referensi dan mengoptimalkan fitur

Mengelola referensi dan mengoptimalkan fitur Mendeley - Pernahkah kamu merasa kesulitan mengelola referensi di Mendeley? atau apakah kamu sudah memanfaatkan fitur e-reader, kolaborasi, pencarian jurnal, input otomatis?

Jawaban pertanyaan di atas akan saya berikan penjelasan singkat dan contohnya di artikel ini, sebagai berikut:

Mengelola referensi

Langkah awal mengelola referensi yaitu memiliki referensi yang telah di entri dan input di Mendeley. Input data dilakukan dengan entri manual, upload file pdf, hingga download sitasi di google scholar. 

Berikut langkah-langkah mengelola dan membangun library mendeley pada tahap entri metadata dan upload dokumen yang baik dan benar. 

Menambahkan Entri manual di Mendeley

Entri Manual Mendeley

Klik icon panah Add file pada menu bar pilih add entry manual untuk menambahkan (input) data secara manual. Anda dapat menambah entri konten secara manual berdasarkan :

  • Jenis: Rancangan undang-undang, buku, bab buku, kasus, program komputer, prosiding konferensi, artikel ensiklopedia, film, karya umum, karya audio, artikel majalah, paten, laporan, undang-undang, broadcast televisi, tesis, halaman website dan lembar kerja); 
  • Pengarang; 
  • tahun; 
  • tempat terbit; 
  • penerbit 
  • ruas lainnya sesuai keperluan anda. 
Lalu Klik simpan


Menambahkan entri manual buku di mendeley

Add file Mendeley

Klik icon Add file pada menu bar untuk menambahkan dokumen (PDF, RTF, Doc, RefMan)ke dalam Mendeley. Pilih file yang akan di upload, klik open. 

Add files di mendeley

Unduh sitasi di Google Scholar

Pengaturan-Buka laman Google Scholar. Klik menu yang terletak di pojok kiri atas halaman web Google Scholar. Pilih setting, pada bagian Pengelola bibliografi  pilih tampilkan link untuk mengimpor pernyataan ke RefMan. 

Pengaturan Impor Refman di Google Scholar

Mencari dan Mengimpor Sitasi Mendeley, ketik judul/pengarang/tahun/penerbit artikel atau daftar pustaka di Google Scholar, lalu cari. Pilih hasil yang sesuai, klik Impor ke Refman, beri nama lalu simpan di folder khusus. 

Mencari dan Mengimpor Sitasi Mendeley di Google Scholar

Setelah menyimpan file .refman, lalu upload dengan cara drag and drop atau dengan klik add file di Mendeley. Jangan lupa mereview metadata RefMan yang telah ditambahkan. 

Mengelola referensi PDF

Metadata terpanen secara otomatis ketik Jurnal/ebook (PDF) yang dimasukan ke Mendeley. Memanfaatkan fitur rename document files, kita dapat ganti nama file secara otomatis tanpa mengubah alamat dokumen asalnya contohnya dokumen dengan nama "unduh (1)" berubah menjadi "Pengarang, Tahun, Judul" sesuai jurnal. 

Langkahnya, pilih dokumen pdf > klik kanan > Rename document files. Maka Nama default dokumen PDF akan berubah secara otomatis (lihat gambar di bawah). 

Mengelola referensi PDF

Mengoptimalkan fitur Mendeley

E-Reader

Dokumen PDF yang di input di Mendeley dapat dibaca secara langsung. Mendeley juga menyediakan fitur highlight dan comment pada E-reader PDFnya. 

Hal yang paling bermanfaat dari E-Reader Mendeley yaitu Mengkonversi PDF tidak bisa di Copy Paste  ke bisa di Copy Paste. Contohnya, apabila kamu menemukan PDF tidak bisa dicopy, kamu hanya perlu masukan PDF nya ke Mendeley selanjutnya kamu bisa copy paste ke Word. 

E-Reader Mendeley

Literature Search

Pencarian jurnal dan bab buku (PDF) melalui literature search. Silakan ketikan kata kunci di literature search, pilih dan buka View Research Catalog

literature search mendeley

Kamu juga bisa kunjungi Pencarian Jurnal Mendeley, login terlebih dahulu dengan menggunakan akun mendeley kamu. 

Pencarian Jurnal Mendeley

Kolaborasi riset

Kamu bisa kolaborasi riset dengan temanmu menggunakan Aplikasi Mendeley secara bersama. Hal dapat dilakukan apabila kamu telah Share Word sehingga dapat dikerjakan bersama-sama termasuk editing kutipan dan daftar pustaka.

Ini juga dapat digunakan untuk berbagi referensi PDF. 

kolaborasi riset mendeley

Langkah selanjutnya, silakan buka tautan: Belajar Mendeley #5: Rangkuman Mendeley

Series Belajar Mendeley lainnya oleh Mas Gani

Series Belajar Mendeley lainnya oleh Mas Gani, silakan buka tautan Belajar Mendeley. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.