Bernostalgia bersama Internet Archive

Review Internet Archive

Brewster Lurton Kahle merupakan seorang Pustakawan Digital Amerika (American digital librarian). Ia merupakan pendiri dari Internet Archive, sebuah perpustakaan digital nirlaba yang berdomisili di Amerika serikat. Memenangkan beberapa penghargaan seperti Penghargaan LITA/Library Hi Tech 2013 untuk Komunikasi Luar Biasa di Perpustakaan dan Teknologi Informasi [1]. 

Internet Archive memiliki misi Universal Acces to all knowledge yang berarti “akses universal untuk semua pengetahuan”. Misi ini Kahle wujudkan dengan mengarsipkan internet itu sendiri. Mereka mengarsipkan metadata (data tentang data) dan konten (isi) yang dipublikasikan di web bersifat sementara, melalui wayback machine - https://archive.org/web/ dan mengidentifikasi web penting untuk diarsipkan melalui archive-it - https://archive-it.org/ [2].

Konten Internet Archive

Mereka saat ini telah mengarsipkan beragam konten, seperti 596 miliar halaman web, 32 juta buku dan teks, 13 juta rekaman audio (termasuk 229 konser musik yang sedang berlangsung), 2.2 juta rekaman TV Berita Amerika, 7.1 juta video (termasuk 2 juta program Berita Televisi), 3.9 juta gambar, 734 ribu program perangkat lunak, 1.1 juta koleksi umum [3]

Kelebihan Internet Archive

Internet Archive merupakan perpustakaan, mereka melestarikan buku melalui digitalisasi dan menghimpun buku-buku versi digital melalui katalog https://openlibrary.org/. Mereka menyediakan akun gratis yang memungkinkan end user “tidak terbatas secara individual, melainkan organisasi” untuk mengunggah konten agar dapat diakses sepanjang waktu. Mereka merupakan anggota dari asosiasi perpustakaan internasional seperti ALA, IFLA, dan organisasi internasional lainnya [2].

Pengunggah konten tetap mematuhi hak cipta, hak kekayaan intelektual. Mereka harus meminta izin pada pemilik hak cipta bahwa konten akan dibagikan secara luas. Internet Archive memegang teguh prinsip kebebasan arus informasi, serupa dengan institusi digital lain [4].

Manfaat Internet Archive

Memanfaatkan Web Internet Archive, saya dapat bernostalgia dengan tema-tema blog yang pernah saya pakai waktu lalu. Konten blog yang saya hapus karena tidak sesuai cakupan masih tersimpan dan bisa diakses di web. Akses hanya teks, sebagian tataletak web masih utuh, sedangkan beberapa gambar tidak muncul disebabkan karena konten utama dihapus dalam blog sekarang (lihat gambar di bawah).

Selain itu, sebagai penikmat game saya dapat kembali memainkan dan mengunduh game klasik. Contohnya Street Fighter II, sebuah game dengan tema pertarungan, yang dipublikasikan tahun 1993. Memainkan game ini secara mudah dapat dilakukan melalui Games Internet Archive tanpa bantuan emulator ataupun tanpa instalasi yang rumit.

main street fighter di internet archive

Pentingnya Internet Archive

Internet Archive memberi tahu kita tentang keragaman metadata dan konten dari berbagai medium di masa lalu yang dapat diakses sepanjang masa. Melalui alih media dan emulasi menjadi bentuk digital mereka dapat diakses dimanapun dan kapanpun.  

Tanpa sadar, mereka mengajarkan kita pentingnya melestarikan konten untuk generasi mendatang. Mereka mengajak dan mendorong siapapun termasuk lembaga warisan budaya (Perpustakaan, arsip, galeri, museum, situs, cagar budaya) untuk dapat melestarikan konten yang dimiliki melalui Internet Archive ataupun dapat mencontoh proyek mereka untuk pengembangan pelestarian konten digital. 

Mengutip Hasan, "Tanpa arsip, peradaban di masa depan tak memiliki memori (ingatan) untuk belajar dari di masa lalu". 

Referensi

  1. Wikipedia: Brewster Kahle, https://en.wikipedia.org/wiki/Brewster_Kahle, last accessed 2021/08/08.
  2. Archive.org: About the Internet Archive, https://archive.org/about/, last accessed 2021/08/08.
  3. Archive.org: Beranda Archive.org, https://archive.org/, last accessed 2021/08/08.
  4. Hasan, A.M.: Para Pejuang Arsip Digital, https://tirto.id/para-pejuang-arsip-digital-b7mo, last accessed 2021/08/08.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.