e-Resources Perpusnas - Akses jurnal dan ebook gratis

e-Resources menyediakan database jurnal dan ebook yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas). Terdapat beragam database yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

Artikel ini terbagi menjadi dua bahasan yaitu : 1) Database jurnal, ebook dan sumber elektronik lainnya yang dilanggan perpusnas, dan 2) tutorial akses dan penelusuran database. 

Database yang dilanggan Perpusnas

Beberapa database yang dilanggan termasuk lingkup lokal dan internasional, sebagai berikut:

Neliti - Repositori Studi Kebijakan Indonesia

Neliti mengindeks jurnal ilmiah, buku-buku, laporan penelitian, makalah kebijakan, makalah konferensi, dan data primer dari universitas, badan penelitian, lembaga pemerintahan, dan penerbit yang ada di Indonesia. Neliti dapat diakses melalui tautan https://www.neliti.com/id/

Balai Pustaka

Balai pustaka menyediakan buku-buku digital seperti cerita rakyat dan cerita pendek berbahasa Indonesia. Balai Pustaka dapat diakses melalui tautan https://opac-bp.perpusnas.go.id/.

Carano Pustaka (Universitas Andalas)

Carano Pustaka Universitas Andalas (CPUA) menyediakan buku akses terbuka yang ditulis, diedit dan diterbitkan oleh staf Universitas Andalas. Carano Pustaka dapat diakses melalui tautan http://carano.pustaka.unand.ac.id/index.php/car.

Indonesia Heritage (Digital Library)

Indonesia Heritage menyediakan koleksi warisan budaya indonesia dalam bentuk ebook, audio, video, jejaring museum. iherritage dapat diakses melalui tautan https://www.iheritage.id/public/

Blooms Bury

Bloomsbury menyediakan koleksi penelitian dan e-book di bidang humaniora dan ilmu sosial. Total hampir 11.000 judul, menampilkan konten dari publikasi penelitian terbaru Bloomsbury serta warisan 100+ tahun termasuk Continuum, T&T Clark, Bristol Classical Press, Berg, The Arden Shakespeare, dan Hart Publishing.

Lexis Nexis

LexisNexis menyediakan akses ke dokumen dan rekod termasuk sumber hukum, berita, dan bisnis. LexisNexis mencakup merek penerbitan hukum otoritatif yang berasal dari abad ke-19 termasuk; Butterworths® di Inggris Raya, Kanada, kawasan Asia-Pasifik, Les Editions du Juris Classeur di Prancis, dan Martindale-Hubbell® dan Matthew Bender® di seluruh dunia.

Proquest

Proquest menyediakan 6 database berisi jurnal ilmiah, buku, video & audio, disertasi & tesis, surat kabar dan banyak lagi. ABI/INFORM Dateline‎  (1985 - current) berisi jurnal lokal dan bisnis, Database penelitian Covid, Ebook Central‎ berisi informasi multidisiplin, Database Disertasi & Tesis ProQuest Global berisi Koleksi Humaniora dan Ilmu Sosial‎ (1637 - saat ini), database pendidikan profesional dan database pendukung lainnya. 

Taylor & Francis eBooks 

Taylor & Francis eBooks menyediakan eBook termasuk bidang sains, teknologi, teknik, medis, humaniora, dan ilmu sosial.

Taylor dan Francis Grup

Taylor menyediakan peer-reviewed journals dan articles di berbagai multidisiplin ilmu.

World Scientific

World Scientific menyediakan jurnal multidisiplin ilmu. World Scientific telah menerbitkan lebih dari 12.000 judul. Banyak dari buku-bukunya adalah teks yang direkomendasikan yang diadopsi oleh institusi terkenal seperti Harvard University, California Institute of Technology, Stanford University dan Princeton University.

Wiley Online Library

Wiley Online merupakan database multidisiplin ilmu. Wiley menyediakan buku, bab buku handbook, kamus, dan buku lainnya. Selain itu, Wiley menyediakan arikel riset dan jurnal.

Springer Nature

Springer link berisi database multidisiplin ilmu. Springer  menyediakan buku, prosiding konferensi dan karya ilmiah 

Cabi

CAB eBooks menyediakan database ebook ilmu terapan termasuk agriculture, animal & Veterinary, Environmental Science, Human Health & Nutrition, Leisure & Tourism, dan Plant Sciences. 

Alexander Street Video

Alexander berisi 4 koleksi utama termasuk video arsitektur dan seni, film asia, video pendidikan dan march of time. Selain itu, Alexander utamanya berfokus pada bidang konseling, antropologi, sejarah, studi keragaman, teater, film, musik, tari, berita, urusan terkini, dan ilmu sosial.

CNKI 

CNKI jurnal dan ebook berisi database multidisiplin ilmu termasuk Jurnal, Disertasi Doktoral, Tesis Master, Prosiding Konferensi, Buku Tahunan, Karya Referensi, Buku, Daftar Istilah Bilingual.

Science Direct

Science Direct berisi artikel jurnal peer-review dan bab buku dibidang Ilmu Fisika dan Teknik, Ilmu Hayati, Ilmu Kesehatan, Ilmu Sosial dan Humaniora.

McGraw-Hill Education eBook Library

McGraw-Hill menyediakan koleksi e-boo di berbagai bidang subjek, termasuk: Persiapan Tes Medis & USMLE®, Bisnis, Sertifikasi Komputasi & TAB,  Bahasa, dan Alat Bantu Studi Siswa. 

Britannica Library

Britannica library menyediakan beragam sumber seperti artikel, gambar dan video, dan biografi bagi Anak-anak dan Dewasa. Britannica mencakup beragam kategori seperti Animals, Arts and Literature, Earth and Geography, History, Life Processes, Living Things (Other), Philosophy and Religion, Plants, Science and Mathematics, Society, Sports and Recreation, dan Technology

Britannica E-Books

Britannica E-Books menyediakan beragam ebook untuk anak-anak dan dewasa beragam subjek. 

Emerald Insight

Emerald menyediakan database jurnal, ebook dan studi kasus berbagai multidisplin ilmu.

ClinicalKey for Nursing- Elsevier

ClinicalKey menyediakan konten terkait kondisi, perawatan, obat-obatan, buku, jurnal, dan lainnya.

Clinical Pharmacology- Elsevier

IGI Global

IGI berisi koleksi e-Book dan e-Journal berbagai multidisiplin, termasuk subjek Business & Management, Computer Science & IT, Education, Environment & Agriculture, Government & Law, Library & Information Science, Media & Communications, Medicine & Healthcare, Science & Engineering, Security & Forensics, Social Sciences & Humanities.

Cengage Learning  

Gale berisi sejumlah ebook dan literatur online multidisiplin ilmu. Contohnya Seni, Biografi, Bisnis,  Pendidikan, Sejarah, Literatur, Sains, Ilmu Sosial, Teknologi dsb. 

Thomson Reuters Westlaw

Westlaw adalah perpustakaan penelitian hukum global yang dibangun di atas beberapa informasi hukum, berita, dan bisnis di dunia.

IG Library

IG Library berisi e-book dalam koleksi Business Expert Press (BEP). iG Publishing mengelola IG Library untuk meng-host judul-judul yang diterbitkannya di bawah BEP.

Ebsco Host 

Ebsco meliputi multidisplin ilmu dan Business Source Complete yang memuat jurnal dan terbitan berkala lainnya di bidang bisnis dan ekonomi.

Brill Online

Brill menyediakan database jurnal dan ebook bidang Humaniora dan Ilmu Sosial, Hukum Internasional dan bidang-bidang tertentu dalam Ilmu Pengetahuan. Publikasi Brill juga menyertakan imprint Brill | Nijhoff, Brill | Rodopi, Brill | Hes & De Graaf dan Penerbitan Hotei.

e-Resources Perpusnas - Akses jurnal dan ebook gratis

Akses dan penelusuran e-Resources Perpusnas

Pengguna dapat membuka tautan https://e-resources.perpusnas.go.id/ dan login terlebih dahulu. Apabila belum memiliki akun silakan mengikuti prosedur pendaftaran menggunakan email. 

Akses dan penelusuran e-resources perpusnas

Apabila berhasil login, maka akan tersedia tautan dan database yang dilanggan perpusnas baik lokal dan internasional. 

kumpulan terbitan e-Resources Perpusnas

Mengakses jurnal atau ebook, pengguna dapat menulis kata kunci pada kotak pencarian yang tersedia (Summon Perpusnas). Summon berfungsi sebagai portal satu pintu untuk mengakses seluruh jurnal, ebook atau sumber elektronik lainnya di database yang dilanggan perpusnas. 

akses e-Resources Perpusnas

Pengguna dapat memilih salah satu database yang diperlukan, dengan membuka tautan pada tiap database. Metode ini digunakan untuk pencarian spesifik bidang atau kategori tertentu, sehingga menghasilkan pencarian spesifik. 

daftar database e-Resources Perpusnas
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "e-Resources Perpusnas - Akses jurnal dan ebook gratis"