Direktori Organisasi Profesi dan Keilmuan Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia

Pembuatan direktori mengadopsi metode yang diusulkan oleh Candra & Marlini (2019). Direktori merupakan sebuah buku petunjuk yang berisikan bagaimana cara mudah untuk menemukan alamat, lembaga, nomor telepon, dan lain sebagainya. Pembuatan direktori ini dibuat lebih sederhana berisi daftar nama, bidang, kontak, nomor registrasi, bidang, dan sejarah singkat termasuk tujuan organisasi. 

Pengumpulan data dilakukan melihat daftar organisasi yang ditulis oleh Elnumeri (https://www.slideshare.net/ElnumeriFarli/paparan-perkembangan-perpustakaan-dan-kepustakawanan-indonesia). Melengkapi daftar nama, penelusuran sumber internet dilakukan untuk melengkapi informasi yang diperlukan. Data yang telah terhimpun disusun, kemudian dikelompokan berdasarkan urutan alfabetis. Penerbitan direktori dilakukan secara online di blog ini. 

Hal yang paling bermanfaat dari direktori ini, yaitu memberikan informasi menganai daftar Organisasi Profesi dan Keilmuan Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia. 

Pembaruan direktori akan diterbitkan secara berkala di blog ini, tentu penulis menerima saran dan masukan untuk melengkapi direktori ini. 

Berikut ini daftar Organisasi Profesi dan Keilmuan Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia:

Direktori Organisasi Profesi dan Keilmuan Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia

AAI - Asosiasi Arsiparis Indonesia

Bidang : Kearsipan

Alamat : -

Kontak:

  • Website : https://www.facebook.com/groups/202142013131203

Mitra: Institutional Member Southeast Asia-Pacific Audiovisual Archive Association (SEAPAVAA)

No. Registrasi: AHU-0011484.AH.01.07.TAHUN 2019 tanggal 20 November 2019

AAI adalah Organisasi Profesi Arsiparis di Indonesia yang di Deklarasikan pada tanggal 14 Agustus 1998 di Jakarta, mewadahi komunitas professional kearsipan di Indonesia. Wadah silaturrahmi, pengembangan gagasan, ide, dan profesionalisme SDM Kearsipan, Pejabat Arsiparis, dan bagi komunitas kearsipan di Indonesia berdasarkan UU Nomor 43 Tahun 2009 dan UU Nomor 8 Tahun 1997 serta berdarkan AD dan ART AAI Hasil Kongres AAI ke-1 tanggal 18 Mei 2005 di Jakarta, Kongres AAI Ke-2 tanggal 18 Agustus 2010 di Jakarta, dan Kongres AAI ke-3 tanggal 30 November 2015 di Jakarta (https://www.facebook.com/groups/202142013131203).

APISI - Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia

Bidang : Kepustakawanan

Alamat : Jl. Dahlia No. 355A Rt 007/15 Serua, Ciputat 15414

Kontak:

  • Telepon : 021- 94326925
  • Email: kotaksurat@apisi.org
  • Website : http://apisi.org/

Mitra: 

No. Registrasi: C-96.HT.01.03.TH.2007 NPWP: 02704.644.0-411.000

APISI adalah lembaga pengembangan kepustakawan sekolah yang berfokus pada pengembangan kompetensi, penyebarluasan informasi, dan partisipasi berbagai pihak dalam peningkatan kualitas perpustakaan sekolah di Indonesia. APISI mempromosikan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar serta memaksimalkan peran pekerja informasi di sekolah (http://apisi.org/about/sejarah/)

APTIPI – Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia

Bidang : Pendidikan Formal

Alamat : Kampus Fikom Unpad, Jl. Raya Bandung Sumedang Km.21, Jatinangor, Sumedang, 45363

Kontak

  • Telepon : 022 7796954
  • Email: sekretariaat@aptipi.or.id
  • Website : http://aptipi.or.id/

Mitra: -

No. Registrasi: -

APTIPI mengembangkan dan mendorong lembaga pengelola pendidikan tinggi ilmu informasi. APTIPI memiliki 4 (empat) bidang kegiatan dalam organisasi yaitu, Bidang Kurikulum dan Pembelajaran (terdiri dari Konsorsium Program Studi Vokasi, Sarjana, Pascasarjana, dan konsorsium Mata kuliah Inti), Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Bidang Penelitian dan Pengembangan, dan Bidang Humas dan Kerjasama (https://aptipi.or.id/index.php/read/sejarah-organisasi).

APPTIS - Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam

Bidang : Perpustakaan Perguruan Tinggi 

Alamat : Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl. Marsda Adisucipto, Karangbayam, Bantul, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Kontak

  • Telepon : (0274) 548635
  • Email: apptis.or.id@gmail.com
  • Website : http://apptis.or.id/ atau http://apptisjatim.org/ 

Mitra: -

No. Registrasi: -

ATPUSI - Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia

Bidang : Perpustakaan Sekolah

Alamat : Kampus Fikom Unpad, Jl. Raya Bandung Sumedang Km.21, Jatinangor, Sumedang, 45363

Kontak

  • Email: pp@atpusi.or.id
  • Website :  http://atpusi.or.id/ 

Mitra: -

No. Registrasi: -

ATPUSI adalah organisasi profesi tenaga perpustakaan sekolah berkedudukan didirikan di Jakarta pada tanggal 28 Mei 2009. ATPUSI merupakan organisasi profesi yang bersifat nasional dan mandiri. ATPUSI bertujuan untuk (1), meningkatkan profesionalisme tenaga perpustakaan sekolah; (2) mengembangkan ilmu perpustakaan, dokumentasi, dan informasi; (3) mengabdikan dan mengamalkan tenaga dan keahlian tenaga perpustakaan sekolah untuk bangsa dan Negara Republik Indonesia (http://atpusi.or.id/sejarah-singkat/).

APTIK - Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik

Bidang : Perguruan Tinggi 

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 51, DKI Jakarta 12930 Indonesia

Kontak

  • Instagram :  aptikindonesia
  • Website: https://web.aptik.or.id/

Mitra: -

No. Registrasi: -

APTIK adalah sebuah lembaga kerja sama antara pengelola perguruan tinggi Katolik yang didirikan oleh Unika Atma Jaya, Unika Parahyangan, Universitas Sanata dan Universitas Katolik Widya Mandala pada tanggal 24 Februari 1984 sebagai pengganti Yayasan Kerjasama Perguruan Tinggi Katolik (YKPTK) dan Majelis Pendidikan Tinggi Katolik (MPTK).

FPKI - Forum Perpustakaan Khusus Indonesia

Bidang : Perpustakaan Khusus

Alamat : -

Kontak

  • Website : https://fpki.or.id/
  • Instagram : fpki.id

Mitra: -

No. Registrasi: -

FPKI merupakan sebuah forum yang mewadahi profesional dan kelembagaan di bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi yang anggotanya berasal dari perpustakaan khusus, baik instansi pemerintah maupun swasta di Indonesia. FPKI secara resmi berdiri pada tahun 2000 dan berkontribusi dalam bidang keilmuan maupun kelembagaan terkait perkembangan perpustakaan khusus di Indonesia.(https://fpki.or.id/tentang/).

FPPTI - Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia

Bidang : Perpustakaan Perguruan Tinggi

Alamat : Perpustakaan Universitas Indonesia, Kampus UI – Depok 16424

Kontak

  • Telepon : (021) 7270751
  • Email: fppti.pusat@gmail.com 
  • Website : http://fppti.or.id/

Mitra: -

No. Registrasi: -

FPPTI diusulkan pada Seminar Forum Komunikasi Pembinaan Perpustakaan Perguruan Tinggi se-Jawa, yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI, pada tanggal 29 − 30 September 1999 dan Musyawarah Nasional tanggal 10 – 12 Oktober 2000 di Ciawi, Bogor. Peserta terdiri dari para Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang sepakat membentuk organisasi sebagai wadah dimana dapat menjalin kerjasama untuk meningkatkan perannya dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi (http://fppti.or.id/v1/sekapur-sirih/).

FKP2TN - Forum Kerja sama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri

Bidang : Perpustakaan Perguruan Tinggi

Alamat : -

Kontak

  • Website : http://www.fkp2tn.org/

Mitra: -

No. Registrasi: -

FKP2TN adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk mewadahi dan membina kerjasama antara Perpustakaan-Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. FKP2TN berdiri pada tanggal 26 September 1992 dan terdaftar dengan Akta Notaris Nomor 1 tahun 2014. Sesuai dengan amanah AD/ART, FKP2TN akan melakukan Musyawarah Nasional Virtual (http://www.fkp2tn.org/).

IPI - Ikatan Pustakawan Indonesia 

Bidang : Kepustakawanan

Alamat : Jl. Salemba Raya, RT.8/RW.8, Kramat, Senen, Kota Jakarta Pusat,DKI Jakarta 10430

Kontak

  • Telepon : (021) 3900944 atau 0857 7736 3684 (WA) 
  • Email: sekretariaat@aptipi.or.id
  • Website : https://portal.ipi.web.id/

Mitra: -

No. Registrasi: -

IPI merupakan wadah berkumpulnya para pustakawan dan pemerhati perpustakaan dalam mengembangkan perpustakaan di Indonesia. IPI didirikan di Ciawi, Bogor, pada tanggal 7 Juli 1973.Dalam perjalanannya, peran pustakawan makin dibutuhkan dalam pengelolaan informasi, pengembangan pengetahuan, dan keterlibatannya dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa (https://portal.ipi.web.id/tentang-kami/).

ISIPII - Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia

Bidang : Keilmuan

Alamat : PDDI LIPI, JL. Gatot Subroto No. 10 Jakarta

Kontak

  • Telepon : (021) 51422150
  • Email: info.ispii@gmail.com
  • Website : http://isipii.org/
  • Instagram: isipii_indonesia

Mitra: -

No. Registrasi: -

ISIPII didirikan pada tanggal 23 Maret 2006. ISIPII bertujuan 1)mengembangkan dan memajukan Ilmu (bidang) Informasi dan Perpustakaan sebagai ilmu pengetahuan maupun profesi, 2) memberikan perlindungan kepada anggotanya dan masyarakat pengguna jasa perpustakaan dan informasi, 3) meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan anggota 4) meningkatkan kesejahteraan informasi bagi umat manusia khususnya Indonesia (https://www.isipii.org/profil/tentang-isipii)

Komunitas Jelajah - Jejak Langkah Sejarah

Bidang : Museum

Alamat : Puri Sriwedari Cibubur A-19, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

Kontak

  • Telepon : 021-84598128; 08161845072
  • Email: komunitasjelajah@gmail.com
  • Website : komunitasjelajah.wordpress.com
  • Instagram: komunitas.jelajah

Mitra: -

No. Registrasi: -

Bertujuan menumbuhkan rasa cinta terhadap sejarah, budaya, bahasa, kemasyarakatan, teknologi dan sains, termasuk peristiwa, tokoh, tempat dan peninggalannya. Dalam perjalanannya, berawal dari keprihatinan terhadap proses belajar, komunitas membangun jaringan untuk memasyarakatkan learning expeditions yang dikemas dengan nama Jelajah (Jejak Langkah Sejarah) (https://komunitasjelajah.wordpress.com/tentang-kami/).

P3RI - Perkumpulan Profesi Pengelola Rekod Indonesia 

Bidang : Kearsipan

Alamat : Jl. Mangga M-12 RT 004 RW 02. Komplek Kodim Cililitan Besar. Kramat Jati Jakarta Timur

Kontak

  • Telepon : +6221-22373694
  • Email: sekretariat@p3ri.or.id
  • Website : www.p3ri.or.id
  • Instagram : id_p3ri

Mitra: -

No. Registrasi: AHU-0014361.AH.01.07 TAHUN 2017

P3RI terbentuk bermula saat pertemuan yang dihadiri oleh beberapa praktisi dan akademisi bidang pengelolaan rekod pada 19 Juli 2017 di Jakarta. Para peserta yang hadir memaparkan tantangan yang dihadapi oleh profesi pengelola rekod di Indonesia. Keinginan membentuk wadah organisasi rekod disambut baik oleh peserta dan difasilitasi oleh Kantor Arsip Universitas Indonesia (UI) 9 https://www.p3ri.or.id/?page_id=27)

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Direktori Organisasi Profesi dan Keilmuan Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia"