Apa yang dianggap sebagai ilmu dan disiplin dalam ilmu perpustakaan dan informasi?

Apa yang dianggap sebagai ilmu dan disiplin dalam ilmu perpustakaan dan informasi?

Konsep ilmu perpustakaan dan informasi (IP&I) menjadi dominan pada pertengahan abad kedua puluh sebagai langkah untuk mengubah nama sekolah perpustakaan menjadi sekolah-sekolah IP&I dan untuk mencerminkan perubahan kurikulum, kebutuhan profesi, perubahan teknologi berkelanjutan, kebutuhan instruktur dan metode dan bahan pengajaran.

Ilmu Informasi

  • berkaitan dengan isi informasi buku dan dokumen
  • berkaitan dengan pengetahuan praktis tentang nilai untuk solusi masalah-masalah spesifik
  • berkaitan dengan penerapan komputer dan sistem otomatis lainnya

Ilmu Perpustakaan

  • berkaitan dengan buku dan dokumen sebagai catatan fisik
  • berkaitan dengan berbagai pengetahuan
  • berkaitan dengan proses intelektual yang ditangani oleh orang-orang

Buckland (2012) menyebut bahwa “jika ilmu informasi berkaitan dengan apa yang orang ketahui [...] itu adalah bentuk keterlibatan budaya, dan paling banyak, ilmu buatan 

Informasi

Informasi adalah pada pesan, berita, data, pengetahuan, dokumen, literatur, kecerdasan, simbol, tanda, petunjuk, kiat atau isyarat. Informasi adalah di dalam dan di luar masyarakat manusia berisi sejumlah kategori filosofis, seperti ruang, waktu, gerak, dan energi

Yuexiao (1988) menyebut :

  • Informasi bukanlah konsep tunggal
  • Informasi adalah jangkauan filosofis.
  • Informasi adalah definisi filosofis yang luas dan yang lebih sempit
  • Informasi adalah definisi biologis 
  • Penunjukan manusia atas beberapa informasi

Claude Shannon (1940) menyebut informasi berupa piramida data-informasi-pengetahuan-kebijaksanaan

Meadow dan Yuan (1997), informasi bisa menjadi perwujudan fisik yang merupakan informasi, isi bahan fisik atau makna yang muncul ketika pembaca memasukkan konten ke dalam struktur pengetahuan mereka sendiri.

Informasi & Kepustakawan

Ilmu perpustakaan adalah pengetahuan dan keterampilan profesional dimana informasi yang direkam dipilih, diperoleh, diorganisir dan digunakan dalam memenuhi permintaan informasi dan kebutuhan komunitas pengguna (ALA)

Ilmu informasi adalah ilmu interdisipliner yang menyelidiki sifat dan perilaku informasi; kekuatan yang mengatur aliran dan penggunaan informasi; dan teknik, baik manual maupun mekanis, untuk memproses informasi untuk penyimpanan, pengambilan, dan penyebaran yang optimal (Floridi, 2002).

Ilmu informasi adalah tentang produksi pengetahuan di masyarakat dan bagaimana pengetahuan ini diwujudkan dalam dokumen, diorganisir, diberi label dan dikelola, untuk melayani berbagai kelompok dan individu (Bawden dan Robinson, 2012). 

IP&I sebagai "bidang yang berkaitan dengan penciptaan, koleksi, organisasi, interpretasi, penyimpanan, pengambilan, penyebaran, transformasi dan penggunaan informasi, dengan penekanan khusus pada aplikasi teknologi modern di area ini" (Capurro dan Hjørland, 2003) 

Holland (2006) mengamati bahwa IP&I sering disebut sebagai bidang penelitian dan praktik interdisipliner dan multidisiplin

Ilmu Informasi

Bawden dan Robinson (2012, p. 2), ilmu informasi adalah ilmu dan praktik yang berhubungan dengan pengumpulan, penyimpanan, pengambilan, dan penggunaan yang efektif dari informasi. 

Informasi dan pengetahuan yang dapat direkam dan teknologi serta layanan terkait yang memfasilitasi manajemen dan penggunaannya.

Dokumentasi dan IP&I

Ilmu dokumentasi lebih disukai daripada ilmu informasi (Aspray, 1999; Rayward, 1994). Istilah "dokumentasi" adalah neologisme yang diciptakan oleh Paul Otlet (1868-1944) untuk menunjuk apa yang sekarang disebut Penyimpanan Informasi dan Pencarian (Hjørland, 2000).

Davis dan Shaw (2011) mencatat bahwa kata dokumen berasal dari kata Latin 'docere', yang berarti mengajar atau memberi informasi

IP&I sebagai Ilmu dan Disiplin

Frazier (1972), ilmu adalah proses yang dinamis dan pencarian jawaban

Darity (2008) ilmu adalah "pengetahuan [...] dari gagasan yang telah terbukti ketat, dengan mengesampingkan hipotesis atau spekulasi". 

Kuhn (Horwich, 1993) ilmu bertumpu pada penilaian yang lebih bersifat pribadi 

Kuhn (1962) tentang dinamika ilmu adalah konsep "paradigma". 

Paradigma adalah pencapaian ilmiah yang diakui yang untuk sementara waktu menyediakan model masalah dan solusi untuk komunitas praktis

  • kerangka kerja penjelasan 
  • harus diterima oleh masyarakat sebagai norma penuntunnya

Disiplin adalah percakapan komunitas dengan tradisi argumentasi yang berpartisipasi bersama dengan disiplin lain dalam komunitas percakapan yang lebih luas - percakapan disiplin - dengan tradisi argumentasi sendiri (Craig, 2008). 

Secara historis, konsep epistemologis informasi telah mengarah pada transformasi kepustakawanan dan perubahan nama dari dokumentasi, ke ilmu perpustakaan, ke kajian informasi/ ilmu informasi, ke IP&I, ke studi dokumen dan perpustakaan, dan sekarang sekolah informasi (iSchools).

Tren yang serupa mengikuti perubahan nama sekolah perpustakaan menjadi sekolah IP&I pada akhir abad kedua puluh, dan akhir 1990-an dan awal 2000-an melihat gerakan untuk memperluas dan mengorientasikan kembali pendidikan ilmu informasi, di mana beberapa sekolah IP&I diubah namanya menjadi Sekolah Informasi atau iSchools (Saracevic, 2010). 

Referensi

Lugya, F. K. (2014). What counts as a science and discipline in library and information science? Library Review, 63(1–2), 138–155. https://doi.org/10.1108/LR-08-2013-0103

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.