Modul Gerakan Literasi Sekolah - Akses sumber literasi bagi masyarakat

Modul GLN

Gerakan Literasi Nasional (GLN) diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak  tahun 2016 sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

GLN terdiri dari bebagai gerakan seperti Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Keluarga (GLK), Gerakan Literasi Masyarakat (GLM), dan Literasi Dasar.

GLS sebagai salah GLN berfungsi untuk meningkatkan daya baca siswa. Melalui kolaborasi dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, mereka menerbitkan buku-buku pendukung bagi siswa yang berbasis pada kearifan lokal. 

Buku bacaan atau modul literasi dapat diakses oleh siswa, guru, orang tua dan masyarakat. Beberapa contoh buku atau modul di GLS seperti :

  1. Modo Ingin Pulang
  2. Mio Tak Sendiri
  3. Mimi dan Si Loreng
  4. Meong Meong
  5. Mengunjungi Rumah Adat Sumba
  6. Menjaga Laut Raja Ampat
  7. Mato si Pohon Matoa
  8. Makan Yuk
  9. Mainan Dari Alam
  10. Loli dan Madu Istimewa, dll.

Memanfaatkan sumber bacaan yang terdapat dalam GLS, pengguna dapat mengakses Modul GLS melalui tautan Kunjungi GLS. 

modul gls

Klik cover atau judul buku yang hendak di unduh, lalu klik judul untuk unduh.  File unduhan berbentuk format PDF. 

Selain modul gerakan literasi sekolah, GLN menyediakan juga modul atau bahan bacaan untuk GLK, GLM dan literasi dasar yang dapat diakses secara gratis oleh siapapun. 

modul glm
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.