9 Sumber informasi digital gratis untuk anak

Artikel ini memberikan rekomendasi sumber yang mendukung pembelajaran di sekolah, rumah, dan belajar mandiri. Anak, orang tua, guru dan pustakawan sekolah wajib memahami, memanfaatkan dan membagikannya. 

Berikut sumber-sumber informasi digital yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak termasuk juga orangtua, guru dan pustakawan sekolah :

StoryPlace

StoryPlace dikembangkan Charlotte Mecklenburg Library sejak tahun 2000. StoryPlace menyajikan cerita dan aktivitas favorit untuk anak-anak, serta informasi literasi awal untuk orang tua dan guru. StoryPlace kompatibel dengan perangkat desktop dan mobile.

Pengguna dapat mengakses StoryPlace melalui tautan storyplace.org 

StoryPlace - bacaan untuk anak

The International Children's Digital Library (ICDL)

ICDL dikembangkan oleh Universitas Maryland. ICDL merupakan lembaga non profit, memiliki misi untuk mendukung anak-anak di dunia menjadi anggota efektif dari komunitas global. ICDL menyediakan literatur anak-anak yang dapat diakses secara daring dan gratis.

Pengguna dapat mengakses ICDL melalui tautan childrenslibrary.org

Global Digital Library (GDL)

Global Book Alliance mengembangkan GDL untuk meningkatkan ketersediaan sumber bacaan untuk anak-anak di seluruh dunia. Sumber bacaan seperti buku ajar, buku cerita, dan game literasi. GDL berisi 6000 lebih buku dalam 76 bahasa.

Pengguna dapat mengakses GDL melalui tautan digitallibrary.io.

Room to Read

Room to read pada berfokus pada literasi dan kesetaraan gender dalam pendidikan. Room to read berupaya mengembangkan keterampilan literasi dan kebiasaan membaca di antara anak-anak sekolah dasar, dan mendukung anak perempuan untuk menyelesaikan sekolah menengah dengan keterampilan hidup yang relevan untuk berhasil di sekolah dan seterusnya. Room to read menyediakan beragam bacaan untuk anak, disesuaikan dengan tingkatan yang dapat diakses secara gratis. 

Pengguna dapat mengakses Room to Read melalui tautan literacycloud.org

OER Commons

Open Educational Resources (OER) Commons adalah perpustakaan umum digital yang menyediakan sumber daya pendidikan terbuka. OER menyediakan materi kuliah, pelajaran mini dan simulasi interaktif, Buku Teks, kegiatan, lembar kerja, Rencana Pelajaran K-12.  Sumber informasi dipanen dari berbagai perpustakaan di dunia, berisi juga direktori, dan dikelompokan sesuai subjek keilmuan, tingkatan pendidikan atau peran profesional. Sumber informasi dapat dibagi pakaikan secara gratis.

Pengguna dapat mengakses OER Commons melalui tautan oercommons.org

Resources for School Librarians

Resources for School Librarians berisi sumber daya bagi pustakawan sekolah khususnya midle school termasuk untuk siswa, guru, dan orang tua. Berbagai sumber daya tersedia termasuk direktori perpustakaan, kalender virtual, lab komputer, search engine, dan sumber bagi pustakawan

Pengguna dapat mengakses Resources for School Librarians melalui tautan sldirectory.com.

epic!

epic! menyediakan 40.000 lebih koleksi buku populer dari 250 lebih penerbit. epic! mendorong rasa ingin tahu dan kepercayaan diri membaca untuk anak-anak berusia 12 tahun ke bawah. epic! tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh anak-anak, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh pengajar (educator) dan orangtua (famlies) . 

Pengguna dapat mengakses epic! melalui tautan getepic.com.

epic - sumber informasi untuk anak

OxfordOWL

Oxford Owl menyediakan dua layanan gratis untuk sekolah dan anak - anak. Oxford Owl for School sebagai sumber daya pengajaran dan Oxford Owl for Home sebagai sumber daya gratis untuk mendukung pembelajaran di rumah termasuk menyediakan ebook gratis untuk anak berusia 3 hingga 11 tahun.

Pengguna dapat mengakses Oxford Owl for Home melalui tautan oxford owl. Akses ebook dan sumber informasi, pengguna dapat mendaftar secara gratis. 

Magic Blox!

Magic Blox! dikembangkan sejak tahun 2009, menyediakan koleksi ebook untuk anak-anak berusia 1 hingga 13 tahun. Orang tua, Guru & Anak dapat memanfaatkan Magic Blox! untuk referensi membaca, dan mengatur jadwal bacaan tiap bulan 5 buku misalnya. Membaca di Magic Blox!, pengguna akan diberikan kesempatan 14 hari uji coba dengan mendaftar. Mengakses penuh Magic Blox!, pengguna harus melanggan sekitar 99.0$ atau 1.426.976,10 Rupiah per tahun, khusus sekolah. 

Pengguna dapat mengakses Magic Blox melalui tautan magicblox.com.

magic blox - bacaan untuk anak
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.