Perpustakaan kemdikbud - Akses jurnal dan ebook gratis

Perpustakaan Kemdikbud merupakan perpustakaan utama di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Kemendikbud) yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan Nasional pada 29 November 2004.

Perpustakaan Kemdikbud diharapkan menjadi referensi dalam bidang pendidikan dan kebudayaan dengan menyediakan akses informasi dan pengetahuan yang lengkap, baik dalam bentuk koleksi tercetak maupun digital.

Perpustakaan Kemdikbud dapat diakses secara daring melalui tautan Perpustakaan Kemdikbud . Perpustakaan Kemdikbud sebagai pusat sumber belajar menyediakan beragam fitur seperti Koleksi Digital, Gabung Komunitas, Informasi Terkini, dan Kegitan Lomba. 

perpustakaan Kemdikbud

Fasilitas Perpustakaan Kemdikbud 

  • Koleksi, memiliki lebih dari dari 200.000 koleksi dalam berbagai bentuk (buku, buku digital, audiovisual, majalah, koran, jurnal, jurnal elektronik). 
  • Pelayanan Perpustakaan,  sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan, Terakreditasi "A" oleh Perpustakaan Nasional RI 
  • Berita Terkini, Informasi terbaru terkait berbagai koleksi, pelayanan, kegiatan, dan komunitas di Perpustakaan Kemdikbud
  • SLiMS (Senayan Library Management System), sistem automasi perpustakaan sumber terbuka (open source) berbasis web yang pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakan Kemdikbud.

Perpustakaan Digital Kemdikbud 

Repositori institusi (perpustakaan digital) Kemdikbud dapat diakses melalui tautan Repositori Kemdikbud

Repositori menyediakan akses terbuka (open access) dan daring (online) kepada masyarakat terkait dengan berbagai informasi di bidang pendidikan dan kebudayaan yang dihasilkan oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbud dalam berbagai format (Teks (PDF); Gambar (JPEG, PNG); Video (MP4); Audio (MP3)).

Beranda repositori perpustakaan dikbud

Melakukan akses dan penelusuran di repositori, pengguna dapat menuliskan kata kunci pada kotak pencarian, lalu klik icon Cari, lalu pilih koleksi yang dibutuhkan. 

Hasil pencarian repositori perpustakaan dikbud

Pustaka Digital  (Ebook) Kemdikbud 

Ebook Kemdikbud menyediakan koleksi buku digital yang tersedia secara gratis bagi pengguna. Buku yang tersedia dapat diakses melalui tautan slims Kemdikbud.

Pustaka digital perpustakaan dikbud

Mengakses dan melakukan penelusuran Ebook Kemdikbud, pengguna dapat menuliskan kata kunci pada kotak pencarian ataupun menggunakan pencarian lanjutan. Lalu klik icon cari, pilih koleksi buku sesuai yang dibutuhkan pada baris File Attachment.

Hasil pencarian dan unduh di pustaka digital perpustakaan dikbud

Jurnal Kemdikbud dan Internasional

Perpustakaan Kemdikbud menyediakan beragam jurnal nasional dan melanggan beberapa jurnal elektronik internasional bidang pendidikan dan kebudayaan yang dapat diakses oleh pengguna. 

Mengakses jurnal nasional pengguna dapat mengakses melalui tautan jurnal kemdikbud. Tersedia beragam jurnal seperti:

Jurnal Dikbud

Mengakases jurnal internasional, pengguna dapat mengakses tautan jurnal internasional kemdikbud

Pengguna dapat mengirimkan permohonan ke perpustakaan@kemdikbud.go.id dengan subjek “Permohonan Artikel Jurnal Elektronik Internasional Perpustakaan Kemendikbud”, dan dengan format: Nama Lengkap, Email, Profesi, Nama Institusi/ Lembaga/ Universitas/ Sekolah, Judul Jurnal, Judul Artikel, dan No. DOI. 

Beberapa jurnal internasional yang dilanggan perpustakaan Kemdikbud sebagai berikut:

Jurnal internasional yang dilanggan perpustakaan dikbud
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Perpustakaan kemdikbud - Akses jurnal dan ebook gratis"