Perpustakaan Dikbud - Akses jurnal elektronik, buku digital dan lokal konten secara gratis

perpustakaan dikbud

Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud atau Dikbud) merupakan perpustakaan utama di lingkungan Kemendikbud yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan Nasional pada 29 November 2004. 

Perpustakaan diharapkan menjadi referensi dalam bidang pendidikan dan kebudayaan dengan menyediakan akses informasi dan pengetahuan yang lengkap, baik dalam bentuk koleksi tercetak maupun digital.

Perpustakaan Dikbud  dapat diakses secara daring melalui tautan perpustakaan dikbud. Perpustakaan Dikbud sebagai pusat sumber belajar menyediakan beragam fitur seperti Koleksi Digital, Gabung Komunitas, Informasi Terkini, dan Kegitan Lomba. 

Fasilitas Perpustakaan Dikbud

  • Koleksi, memiliki lebih dari dari 200.000 koleksi dalam berbagai bentuk (buku, buku digital, audiovisual, majalah, koran, jurnal, jurnal elektronik). 
  • Pelayanan Perpustakaan,  sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan, Terakreditasi "A" oleh Perpustakaan Nasional RI 
  • Berita Terkini, Informasi terbaru terkait berbagai koleksi, pelayanan, kegiatan, dan komunitas di Perpustakaan Dikbud
  • SLiMS (Senayan Library Management System), sistem automasi perpustakaan sumber terbuka (open source) berbasis web yang pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakan Dikbud.

Perpustakaan Digital Dikbud

Repositori institusi (perpustakaan digital) Dikbud dapat diakses melalui tautan repositori dikbud

Repositori menyediakan akses terbuka (open access) dan daring (online) kepada masyarakat terkait dengan berbagai informasi di bidang pendidikan dan kebudayaan yang dihasilkan oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbud dalam berbagai format (Teks (PDF); Gambar (JPEG, PNG); Video (MP4); Audio (MP3)).

Beranda repositori perpustakaan dikbud

Melakukan akses dan penelusuran di repositori, pengguna dapat menuliskan kata kunci pada kotak pencarian, lalu klik icon Cari, lalu pilih koleksi yang dibutuhkan. 

Hasil pencarian repositori perpustakaan dikbud

Pustaka Digital Dikbud

Pustaka digital dikbud menyediakan koleksi buku digital yang tersedia secara gratis bagi pengguna. Buku yang tersedia dapat diakses melalui tautan slims dikbud.

Pustaka digital perpustakaan dikbud

Mengakses dan melakukan penelusuran, pengguna dapat menuliskan kata kunci pada kotak pencarian ataupun menggunakan pencarian lanjutan. Lalu klik icon cari, pilih koleksi buku sesuai yang dibutuhkan pada baris File Attachment.

Hasil pencarian dan unduh di pustaka digital perpustakaan dikbud

Jurnal Dikbud dan Internasional

Perpustakaan Dikbud menyediakan beragam jurnal nasional dan melanggan beberapa jurnal elektronik internasional bidang pendidikan dan kebudayaan yang dapat diakses oleh pengguna. 

Mengakses jurnal nasional pengguna dapat mengakses melalui tautan jurnal dikbud. Tersedia beragam jurnal seperti:

Jurnal Dikbud

Mengakases jurnal internasional, pengguna dapat mengakses tautan jurnal internasional dikbud

Pengguna dapat mengirimkan permohonan ke perpustakaan@kemdikbud.go.id dengan subjek “Permohonan Artikel Jurnal Elektronik Internasional Perpustakaan Kemendikbud”, dan dengan format: Nama Lengkap, Email, Profesi, Nama Institusi/ Lembaga/ Universitas/ Sekolah, Judul Jurnal, Judul Artikel, dan No. DOI. 

Beberapa jurnal internasional yang dilanggan sebagai berikut:

Jurnal internasional yang dilanggan perpustakaan dikbud
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.