Rumah belajar - Portal sumber belajar digital gratis bagi siswa dan guru

Rumah belajar diperkenalkan oleh Kementerian Pendikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada 15 Juli 2011. Rumah belajar merupakan portal yang menyediakan bahan dan sumber belajar untuk siswa dan guru PAUD, SD, SMP dan SMA.

Rumah belajar dapat diakses secara daring melalui internet atau aplikasi Android. Seluruh konten (is) rumah belajar tersedia secara gratis (free). 

Panduan akses dan penelusuran portal rumah belajar

Fitur rumah belajar

Rumah belajar memiliki beragam fitur, sebagai berikut:

1. Sumber belajar 

Rumah belajar menyediakan materi ajar dalam berbagai kemasan seperti teks, gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi dan permainan. Selengkapnya sumber belajar di Rumah belajar 

2. Kelas maya

Rumah belajar memanfaatkan Learning Management System (LMS) yang digunakan untuk proses pembelajaran jarak jauh antara guru dan siswa. 

3. Bank Soal

Rumah belajar menyediakan kumpulan soal latihan, kuis, ujian dan materi evaluasi siswa. Selengkapnya bank soal di Rumah belajar.

4. Laboratorium maya

Rumah belajar menyediakan simulasi praktikum laboratorium termasuk lembar kerja dan teori praktikum. Selengkapnya laboratorium maya di rumah belajar 

Keunggulan rumah belajar

Selain menyediakan sumber belajar interaktif, juga memberikan bahan bacaan, wahana menulis, permainan yang dapat dimanfaatkan sebagai berikut:

  • Peta budaya, menyediakan konten warisan budaya yang ada di Indonesia dalam bentuk artikel ringkas. Konten berupa tradisi, tarian, museum, rumah adat, situs, dan tokoh nasional.  
  • Buku sekolah elektronik, menyediakan kumpulan buku paket elektronik berbagai mata pelajaran untuk siswa dan guru. 
  • Wahana Jelajah Angkasa, menyediakan tampilan visual luar angkasa yang direkam oleh tangkapan teleskop.
  • Karya Bahasa dan Sastra, menyediakan kumpulan puisi, cerita pendek, dan prosa. 
  • Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, menyediakan program pelatihan TIK kepada guru-guru di Indonesia. 
  • Blog Pena, merupakan media penulisan (blog) bagi para guru dan siswa berisi artikel pembelajaran berdasarkan pengalaman dan kondisi di lapangan.
  • Edugame, berisi sejumlah game interaktif untuk mendukung konsep dasar, yang dapat dimainkan mandiri, dengan bimbingan guru ataupun orangtua.
  • Augmented Reality, media belajar yang memungkinkan pengguna melihat objek 2D atau 3D yang diproyeksikan ke dunia nyata. 

Rumah belajar dapat diakses secara daring melalui aplikasi di android maupun desktop. Menggunakan rumah belajar membantu memenuhi kebutuhan sumber informasi dan media belajar para guru dan siswa. 

Rumah belajar menyediakan konten yang beragam format dan jenis yang dapat dimanfaatkan secara gratis. Oleh karena itu, saya mendorong pemanfaatan rumah belajar bagi siapapun sebagai salah satu alternatif media belajar bagi para siswa dan guru. 

Cara akses dan penelusuran rumah belajar

Mengakses dan menggunakan rumah belajar, pengguna (tidak terbatas guru dan siswa) dapat mengakses https://belajar.kemdikbud.go.id/. 

Login dan membuat akun Rumah belajar

Klik login, pada pojok kanan atas (tampilan desktop) pilih buat akun bagi yang belum mendaftar dan login bagi yang belum mendaftar.     

pilih menu daftar di portal sumber belajar

Pengguna dapat memilih peran (umum, guru, siswa), dan isikan identitas yang sesuai. Lalu klik daftar

untuk keperluan registrasi dan pembuatan akun rumah belajar

Laman utama setelah mendaftar, secara otomatis menuju sumber belajar. 

tampilan awal berisi buku rekomendasi dari Rumah belajar

Akses dan Penelusuran Rumah belajar

Buka tautan Rumah belajar, login terlebih dahulu. Pilih fitur yang ingin digunakan, contohnya disini buku sekolah elektronik.

buku sekolah elektronik dari rumah belajar

Pilih sesuai jenjang atau buku yang dibutuhkan, sesuai subjek mata pelajaran atau gunakan fitur pencarian, seperti di bawah:

Filter pencarian dari rumah belajar

Klik buku yang dibutuhkan pada hasil pencarian

Hasil pencarian dari rumah belajar

Klik unduh, maka secara otomatis konten buku elektronik akan terunduh

unduh buku paket elektronik dari rumah belajar
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Rumah belajar - Portal sumber belajar digital gratis bagi siswa dan guru"